Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

Cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa

INDBeasiswa – Dalam suatu persyaratan pendaftaran beasiswa, biasanya institusi atau pemerintah mensyaratkan adanya Surat Rekomendasi ( Letter of Recommendation ) yang diperlukan sebagai dokumen pendukung aplikasi beasiswa.

Secara umum, surat rekomendasi ini menggambarkan siapa dirimu, kualifikasi apa yang kamu miliki, dan seberapa besar penilaian si pemberi referensi terhadap potensi yang kamu miliki tersebut yang dideskripsikan secara objektif. Penggunaan dari masing-masing surat rekomendasi tergantung kepada tujuannya.

Cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa

tips-bagaimana-cara-mendapatkan-surat-referensi

Sebelum mengetahui cara mendapatkan surat rekomendasi beasiswa, sebaiknya ketahui terlebih dahulu jenis-jenis dari surat rekomendasi, yaitu :

1. Employment Recommendation

Surat rekomendasi jenis ini diberikan oleh atasan atau supervisor langsung yang melakukan penilaian atas kinerja kamu di perusahaan atau institusi yang bersangkutan. Jika dilihat dari namanya, surat rekomendasi ini diberikan bagi kamu yang sudah memiliki pengalaman pekerjaan.

2. Academic Recommendation

Surat rekomendasi ini biasanya diberikan oleh guru atau dosen yang menilai kemampuan akademis dan/atau non-akademis kamu selama mengikuti kegiatan perkuliahan atau pembelajaran di institusi pendidikan atau perguruan tinggi yang bersangkutan. Pada surat rekomendasi ini, tidak hanya kemampuan akademis saja yang direkomendasikan, namun bentuk kreativitas lain seperti keaktifan di organisasi, keaktifan mengikuti program kewirausahaan dan sebagainya juga dapat termasuk dalam pemberian point rekomendasi.

3. Character Reference

Untuk surat rekomendasi jenis ini biasanya diberikan oleh individu tertentu yang merupakan tokoh terkenal, kerabat, atau teman terdekat yang mempunyai hubungan personal terhadap kamu. Misalnya, kamu pernah menjadi aktivis seorang tokoh politik terkenal dan beliau sangat terkesan dengan hasil kerja sama atau hasil pekerjaan kamu. Nah, tidak ada salahnya hubungan baik tersebut kamu manfaatkan dengan cara meminta rekomendasi dari beliau. Surat rekomendasi adalah surat pribadi antara pemberi referensi dengan penyedia beasiswa. Sehingga, biasanya penyedia beasiswa menginginkan surat rekomendasi dikirimkan dalam amplop tertutup dan ditandatangani oleh pemberi referensi. Namun, ada juga penyedia beasiswa yang lebih fleksibel sehingga surat rekomendasi tersebut dapat diberikan dalam bentuk versi elektronik ( via email ). Tentu saja hal ini akan sangat memudahkan, apalagi jika dosen atau supervisor si pemberi rekomendasi kamu berasal dari universitas luar negeri.

Sebelum meminta surat rekomendasi, kamu harus mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dengan seefektif mungkin. Pertama, kamu harus menentukan siapakah yang paling tepat untuk memberikan rekomendasi tersebut, misalnya dosen atau pembimbing yang mengenal kegiatan akademismu dengan sangat baik.

Berikut ini dapat menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan siapa pemberi referensi tersebut :

1. Si pemberi referensi harus dapat menuliskan surat rekomendasi tentangmu dengan baik dan mudah.
2. Si pemberi referensi mempunyai pengalaman dalam menuliskan surat rekomendasi.
3. Si pemberi referensi mengetahui pekerjaan kamu dengan baik.
4. Si pemberi referensi mengetahui kamu secara personal sehingga dapat memasukkan hal-hal yang sifatnya personal ke dalam surat tersebut.
5. Si pemberi referensi menduduki jabatan yang strategis ( tertinggi ) atau sangat relevan dengan pekerjaannya.

Untuk bisa mendapatkan surat rekomendasi, kamu nggak perlu malu untuk meminta dari big boss di perusahaan tempat kamu bekerja atau dari profesor di perguruan tinggi tempat kamu kuliah. Cuek aja! Bagaimanapun kalau kamu mendapatkan surat rekomendasi dari big boss, hal tersebut akan memberikan nilai tambah buat kamu, begitupula jika seorang profesor mau memberikan surat rekomendasinya kepada kamu, hal itu tentu akan diperhitungkan sebagai poin yang besar buat kamu.

bagaimana-cara-mendapatkan-surat-rekomendasi
Asking Professor to Give Letter of Recommendation ( Sumber : txstateu.files.wordpress.com )
Baca Juga :

Berikut ini TIPS MEMPERSIAPKAN LETTER OF RECOMMENDATION :

1. Berikan perkenalan pembuka mengenai siapa kamu, jurusan apa yang kamu ambil, lulus atau angkatan tahun berapa, serta beberapa pengantar lainnya.

2. Siapkan CV, Ijazah, Transkrip Nilai, serta Abstraksi Skripsi atau Tesis kamu.

3. Siapkan diri untuk memberikan penjelasan mengapa kamu memerlukan sebuah surat rekomendasi tersebut. Jika perlu, buatkan pointer mengenai alasan mengapa meminta surat rekomendasi.

4. Siapkan hal-hal mendasar terkait dengan bidang studi yang kamu geluti sebelumnya dan bidang studi yang akan dipilih. Ada kalanya dosen akan mencoba untuk mengetes kemampuanmu sebelum memberikan rekomendasinya.

5. Jika dosen tersebut terlihat sangat sibuk, tidak ada salahnya jika kamu menawarkan diri untuk mengonsepkan surat rekomendasi tersebut sehingga dosen tersebut hanya tinggal menandatanganinya. Tapi gunakan tips terakhir ini hanya untuk keadaan mendesak ya!

Baca Juga :

Bagaimana Cara Mendapatkan LoA ( Letter of Acceptance )?

Jasa Penerjemah Tersumpah Sangat Berguna Untuk Aplikasi Beasiswa Kita!

7 Tips Sukses Menulis Motivation Letter Beasiswa

10 Cara Mendapatkan Beasiswa dengan Personal Statement yang Menarik


Wow! Beasiswa Langsung Kuliah S3 Dari DIKTI Bagi Lulusan Fresh Graduates S1!