Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

7 Tips Menulis Motivation Letter/Motivation Statement/Statement of Motivation/Statement of Purpose/Personal Statement.

INDBeasiswa – Motivation Letter atau Motivation Statement atau Statement of Motivation atau Statement of Purpose atau Personal Statement adalah sebuah esai singkat (panjang sekitar 500 kata) yang menceritakan siapa diri kamu, tujuan hidup kamu, latar belakang pendidikan, dan harapan apa yang kamu inginkan dalam melanjutkan studi. Dokumen ini tentu saja merupakan salah satu dokumen pendukung aplikasi beasiswa yang sangat membantu dalam pengajuan aplikasi beasiswa, mengingat terdapat ratusan bahkan ribuan orang-orang yang mengajukan aplikasi beasiswa. So, kamu harus dapat menonjolkan apa yang menjadi kelebihan dan keunggulanmu disini.

Sebaiknya sebelum membuat sebuah motivation statement, kamu menyediakan waktu untuk melakukan brainstorming ide dan mengonsep tulisan. Berikut ini merupakan daftar topik tulisan yang dapat menjadi arahan yang tepat bagi penulisan motivation statement yang disadur dari essayedge.com :

7 TIPS SUKSES MENULIS MOTIVATION LETTER BEASISWA

7-tips-menulis-motivation-letter

1. Apa pencapaian terbaik kamu, dan mengapa menganggapya sebagai pencapaian yang terbaik? Pencapaian terbaik disini bukan hanya pencapaian yang telah mendapatkan penghargaan atau pengakuan dari orang lain saja, tetapi juga pencapaian yang menurut kamu sangat mempengaruhi kehidupanmu.

2. Apa keterampilan atau kompetensi yang kamu miliki dan berbeda dari orang lain? Jelaskan pula bagaimana upaya kamu untuk mengembangkan keunggulan tersebut.

3. Identifikasi buku-buku, film, atau karya seni yang menjadi favorit kamu. Apakah dari hal-hal tersebut dapat mempengaruhi hidup kamu? Jelaskan mengapa menjadi favoritmu.

4. Kejadian atau momen sulit apa yang sudah pernah kamu alami, dan bagaimana cara kamu mengatasi momen-momen sulit tersebut?

5. Apakah kamu pernah mengalami suatu kejadian dimana membuatmu harus berjuang keras untuk mencapai satu tujuan dan akhirnya kamu berhasil mendapatkan yang kamu inginkan tersebut? Apa yang membuatmu berhasil dalam mencapai keinginan itu?
6. Sebaliknya, apakah kamu pernah mengalami suatu kegagalan setelah bekerja keras mencapai satu tujuan, dan mengapa kegagalan tersebut dapat terjadi?

7. Jelaskan impianmu akan masa depan yang kamu inginkan. Kamu juga bisa menuliskan apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai kesuksesan dalam hidup menurut kamu. Dan jangan lupa identifikasi juga mengapa skema beasiswa yang ditawarkan sesuai dengan rencana kamu untuk menggapai masa depan yang kamu inginkan tersebut.

Bagaimana? Sudah dapat bayangan kan mau menuliskan topik apa yang cocok untuk motivation letter. 

Baca juga 

Cara Membuat Motivation Letter yang Menarik!

Bagaimana Cara Mendapatkan Letter of Acceptance (LoA)?

TIPS Cara Membuat Surat Rekomendasi yang Baik!

5 TIPS Penting Sukses Menulis ESSAY Beasiswa