INDBeasiswa.com – Mendengar kata Paris tentu bukan hal asing bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan di bidang fashion. Nah, bagi kamu yang sedang mencari informasi beasiswa di bidang fashion, kabar baiknya IFA (International Fashion Academy) saat ini kembali menawarkan Beasiswa Fashion untuk Kuliah S1 dan S2. Berikut informasi selengkapnya.

Beasiswa Fashion di IFA Paris untuk Kuliah S1 – S2

IFA Paris didirikan pada tahun 1982 di Paris, Prancis dan sejauh ini telah mendirikan dua cabang pendidikan di Shanghai dan Istanbul, Turki. IFA Paris berkolaborasi dengan berbagai brand ternama untuk mendukung proyek mahasiswanya mulai dari L’OREAL, The North Face, Barbie, Coca Cola, LVMH, MAKE UP FOR EVER dan masih banyak yang lain. Sedangkan para alumninya ada yang mendirikan perusahaan sendiri, bekerja di perusahaan ternama seperti Inditex dan ada juga yang menjadi designer ternama seperti Vino Supraja.

Sebagai informasi, program S1 dan S2 yang disediakan oleh IFA Paris adalah sebagai berikut:

Program S1 (Undergraduate)
1. Bachelor Fashion Design & Technology
2. Bachelor Visual Merchandising
3. Bachelor Fashion Marketing
4. Bachelor Fashion Sustainability
Program S2 (Master)
1. Master of Arts Contemporary Fashion Design
2. MBA Fashion Management – Luxury Major
3. MBA Fashion Management – Apparel Major
4. MBA Fashion Management – Media Major
5. MBA Fashion Technology

Baca Juga

JENIS BEASISWA FASHION IFA PARIS YANG DITAWARKAN:

  1. Full Scholarship (100% gratis biaya perkuliahan)
  2. Excellence Scholarship (pengurangan 40% dari biaya perkuliahan)
  3. Distinction Scholarship (pengurangan 20% dari biaya perkuliahan)
    Pelamar hanya diperkenankan mendaftar pada salah satu jalur beasiswa di atas.

Untuk biaya hidup, akomodasi, tiket pesawat, asuransi kesehatan dan biaya lainnya ditanggung oleh masing-masing penerima beasiswa atau dapat mencari sumber pendanaan lain (sponsor, pembiayaan dari sumber lain, dll).

KETENTUAN UMUM BEASISWA FASHION IFA PARIS:

  1. Sangat termotivasi pada program/jurusan yang dipilih dan berkarir di bidang tersebut
  2. Kreatif dalam program desain atau paham bisnis untuk pelamar program manajemen.
  3. Memiliki profil akademik, kegiatan ekstrakurikuler dan/atau pengalaman profesional yang impresif.
  4. Persyaratan IPK:
    a. Bagi pelamar Full 100% Scholarship: IPK minimal 3,8
    b. Bagi pelamar Excellence Scholarship: IPK minimal 3,5
    c. Bagi pelamar Distinction Scholarship: IPK minimal 3,0

PERSYARATAN PROGRAM S1:

  1. Telah menyelesaikan SMA/SMK/sederajat.
  2. Berusia minimal 16 tahun (saat pendaftaran bisa berusia kurang dari 16 tahun, tetapi saat mulai kuliah di IFA harus berusia minimal 16 tahun).
  3. Memiliki skor minimal IELTS 5.5 atau TOEFL 65 atau melampirkan sertifikat pelatihan bahasa Inggris/bukti pendidikan dalam bahasa Inggris sebelumnya.
    Situasi COVID-19 dan Lockdown: Pihak IFA Paris memahami akan sulit untuk mendapatkan sertifikat bahasa dengan kondisi saat ini. IELTS telah menyediakan sistem online bernama “IELTS Indicator” untuk menguji kemampuan bahasa Inggris anda. Pihak IFA Paris menerima sertifikat ini dan anda dapat mengetahui informasi lebih detail mengenai IELTS Indicator pada link berikut: https://www.ieltsindicator.com.
  4. Memiliki motivasi yang kuat di bidang fashion desain atau bisnis/pemasaran fashion.
  5. Bagi pelamar Program Bachelor in Fashion Design & Technology atau Bachelor Fashion Sustainability with Design Major, wajib melampirkan portofolio.
  6. Membayar biaya pendaftaran €150.
  7. Bersedia melakukan seleksi wawancara melalui Skype/di universitas.
  8. Mengisi Formulir Pendaftaran dan mengupload berkas dokumen berikut (dokumen yang menggunakan bahasa Indonesia dapat diterjemahkan dulu ke dalam bahasa Inggris menggunakan jasa penerjemah tersumpah):
    a. Ijazah dan Transkrip Nilai SMA/SMK/sederajat
    b. Motivation Letter
    c. Curriculum Vitae (CV) atau Resume
    d. Foto ukuran paspor
    e. Salinan paspor

Baca Juga: Daftar Beasiswa S1 2022 untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat

PERSYARATAN PROGRAM S2:

  1. Telah menyelesaikan studi S1/Sederajat.
  2. Sebaiknya berasal dari Jurusan Administrasi Bisnis, Marketing, Media dan Komunikasi, serta bidang yang berkaitan dengan Desain Fashion.
  3. Memiliki skor minimal IELTS 6.5 atau TOEFL 79 atau melampirkan sertifikat pelatihan bahasa Inggris/bukti pendidikan dalam bahasa Inggris sebelumnya.
    Situasi COVID-19 dan Lockdown:Pihak IFA Paris memahami akan sulit untuk mendapatkan sertifikat bahasa dengan kondisi saat ini. IELTS telah menyediakan sistem online bernama “IELTS Indicator” untuk menguji kemampuan bahasa Inggris anda. Pihak IFA Paris menerima sertifikat ini dan anda dapat mengetahui informasi lebih detail mengenai IELTS Indicator pada link berikut: https://www.ieltsindicator.com.
  4. Lebih diutamakan bagi mereka yang memiliki pengalaman profesional di bidang studi terkait, magang juga dihitung.
  5. Bagi pelamar program Master of Arts in Contemporary Fashion Design, wajib melampirkan portofolio. Pelamar program ini juga harus merupakan lulusan Sarjana Desain Fashion atau setara.
  6. Bagi pelamar program MBA Fashion Technology, wajib melampirkan proposal riset dengan topik teknologi fashion pilihan anda.
  7. Membayar biaya pendaftaran €150.
  8. Seleksi wawancara melalui Skype/di universitas.
  9. Mengikuti ujian masuk secara online
  10. Mengisi Formulir Pendaftaran dan mengupload berkas dokumen berikut (dokumen yang menggunakan bahasa Indonesia dapat diterjemahkan dulu ke dalam bahasa Inggris menggunakan jasa penerjemah tersumpah):
    a. Ijazah dan Transkrip Nilai S1 atau sederajat
    b. Motivation Letter
    c. Curriculum Vitae (CV) atau Resume
    d. Foto ukuran paspor
    e. Salinan paspor

BERKAS DOKUMEN BEASISWA YANG DIBUTUHKAN:

  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa Fashion IFA Paris (DOWNLOAD).
  2. Motivation Letter yang menjelaskan poin berikut:
    – Why you’re applying for a scholarship?
    – Why should IFA Paris award you a scholarship?
    – Why did you choose the selected program?
    – How will the selected program help you achieve your goals?
  3. Bagi pelamar Program Bachelor in Fashion Design and Technology, Bachelor Fashion Sustainability (Design Major) dan Master of Arts in Contemporary Fashion Design diwajibkan untuk melampirkan portofolio.
  4. Bagi pelamar yang mendaftar program MBA diharuskan menyediakan 3 (tiga) surat referensi.

Baca Juga

CARA MENDAFTAR BEASISWA FASHION IFA PARIS:

  1. Untuk mendaftar Beasiswa Fashion IFA Paris dapat dilakukan dengan cara membuat akun pendaftaran online (Admission) terlebih dahulu pada link berikut: IFA Paris Online Application Account. Klik pada bagian “Don’t have an account? Sign up here”, kemudian isi data yang diminta form yang tersedia.
  2. Pilih program studi yang dituju dan lakukan pembayaran pendaftaran. Selanjutnya upload berkas dokumen sesuai dengan yang disebutkan di atas, termasuk Scholarship Application Form yang sudah diisi.
  3. Batas waktu pendaftaran untuk beasiswa penuh (Full Scholarship) sampai dengan 15 MARET 2022. Untuk program Excellence dan Distinction Scholarships tidak ada batas waktu pendaftaran (tersedia sepanjang tahun).
  4. Pelamar akan mendapatkan email pemberitahuan mengenai status beasiswa, apakah ditolak atau melanjutkan ke tahapan wawancara. Seleksi wawancara akan berlangsung antara 15 s/d 31 Maret 2022. Pengumuman penerima Beasiswa Fashion IFA Paris dilaksanakan pada 15 April 2022.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa Fashion S1 – S2 di IFA Paris Tahun 2022 dapat menghubungi kontak berikut:
Email: info@ifaparis.com
Sumber Informasi Resmi: https://www.ifaparis.com/admissions/scholarships

Silakan membagikan informasi Beasiswa Fashion dari IFA Paris tersebut pada teman-teman yang membutuhkan. Semoga bermanfaat.