Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Bagi kamu lulusan S1 jurusan pendidikan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris, ada program menarik yang bisa kamu ikuti berikut ini. Balai Bahasa Indonesia Perth bekerjasama dengan Konsulat Jenderal RI di Perth dan Departemen Pendidikan Australia Barat saat ini kembali menyelenggarakan Language Assistant Program (LAP) 2019 bagi putra-putri Indonesia. Nantinya akan dipilih empat kandidat yang akan membantu mengajar bahasa Indonesia di sekolah yang ada di Australia Barat. Berikut informasi selengkapnya.

Program Mengajar Bahasa Indonesia – Language Assistant Program 2019 di Perth Australia

Language Assistant Program akan dilaksanakan selama satu tahun, dari Januari hingga Desember 2019. Selama masa program, peserta akan mengajar dan membantu dalam kelas bahasa Indonesia, mempromosikan program pengajaran dan pembelajaran bahasa Indonesia di kawasan Australia Barat serta membantu duta besar dalam memperkenalkan budaya Indonesia untuk meningkatkan hubungan bilateral antara Indonesia dan Australia. Peserta akan mendapatkan gaji dari Departemen Pendidikan senilai AU$1400 (sekitar Rp 14,7juta) setiap dua minggu sekali.

PERSYARATAN:
1. Berusia maksimal 31 tahun per tanggal 31 Desember 2019 sesuai dengan ketentuan visa khusus imigrasi Australia.

2. Telah menyelesaikan studi Sarjana (S1) dari jurusan pendidikan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris.

3. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik (lisan maupun tulisan) dibuktikan dengan skor IELTS minimal 6.5 atau TOEFL minimal 600 atau setara.

4. Bersedia untuk melakukan wawancara via telepon atau secara online selama proses seleksi (jika dibutuhkan).

5. Melakukan pemeriksaan kesehatan pada institusi yang ditunjuk (apabila terpilih).

6. Siap dan bersedia ditempatkan di lokasi mana saja di wilayah Australia Barat.

7. Mengatur sendiri dokumen perjalanan (paspor dan visa), tiket perjalanan ke Perth, asuransi kesehatan dan biaya lainnya yang mungkin dibutuhkan.

Cerita Inspirasi: Pengalaman Mengajar Bahasa Indonesia di Luar Negeri

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
1. Formulir Pendaftaran (DOWNLOAD).

2. Membuat surat lamaran yang ditulis dalam bahasa Inggris.

3. 1 (Satu) Surat rekomendasi dari atasan/pembimbing langsung.

4. 1 (Satu) pas foto ukuran paspor (3×4 cm)

5. Salinan skor TOEFL/IELTS dengan skor yang telah ditentukan di atas.

6. Salinan ijazah dan transkrip nilai studi.

7. 1 (Satu) esai pendek (panjang min. 500 kata) mengenai motivasi atau ekspresi anda untuk mengambil bagian dalam Language Assistant Program.

8. Surat Pernyataan bahwa pelamar tidak akan membawa anggota keluarga ke Australia selama masa program.

9. Surat Pernyataan bahwa pelamar bersedia membiayai seluruh kebutuhannya terkait Program LAP.

10. Surat Pernyataan bahwa pelamar bersedia ditempatkan di lokasi mana saja dalam wilayah Australia Barat.

11. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

12. Menyerahkan surat dari seorang penjamin yang ada di Indonesia menerangkan bahwa mereka akan mengcover biaya transportasi kandidat ke Indonesia apabila berada dalam keadaan darurat.

NOTE: Format surat 8 s/d 10 bisa dilihat pada link berikut: LAP Guidelines.

Daftar Lowongan Guru

CARA MENDAFTAR:
Untuk mendaftar Language Assistant Program 2019, pelamar dapat mengirimkan seluruh berkas dokumen di atas via email kepada: lap@balaibahasaperth.org.

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 23 Juli 2018. Pastikan detail kontak (nomer HP/alamat/email) yang anda berikan masih aktif sampai dengan akhir 2018.

Informasi lebih detail mengenai Language Assistant Program 2019 dapat menghubungi email berikut: lap@balaibahasaperth.org atau mengunjungi website resmi: www.balaibahasaperth.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!