Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Saat ini, Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta bersama Divers Clean Action mencari pemuda/i ASEAN (termasuk dari Indonesia) untuk mengikuti Workshop Regional YSEALI mengenai pencegahan dan pemberantasan sampah laut dengan judul: YSEALI Marine Debris Expedition (Ekspedisi Sampah Laut YSEALI) yang akan dilaksanakan dari tanggal 4 s/d 9 Agustus 2018 di Jakarta. Program ini bersifat fully funded, artinya seluruh kebutuhan ditanggung pihak penyelenggara.

Ekspedisi Sampah Laut YSEALI bagi Pemuda/i Indonesia Fully Funded

Dalam workshop YSEALI Marine Debris Expedition, 60 pemuda/i dari 10 negara ASEAN akan bersama-sama mendapatkan pemahaman secara mendalam mengenai masalah sampah laut melalui ekspedisi lapangan. Mereka akan belajar mengenai sistem pengelolaan limbah, masalah dan status sampah laut saat ini, serta bagaimana sungai menjadi faktor kunci keberhasilan. Ekspedisi ini juga akan memberikan pengalaman langsung dan membantu para pemuda/i untuk menciptakan dampak nyata sebelum kembali ke daerah asal untuk menerapkan pengetahuan dan gagasan baru pada masyarakat sekitarnya.

Baca Juga: Beasiswa Kader Surau YBM BRI Tahun 2018 untuk Mahasiswa S1 Indonesia

BIAYA YANG DITANGGUNG PANITIA:
1. Seluruh biaya program.
2. Tiket pesawat/transportasi.
3. Makanan
4. Akomodasi

PERSYARATAN:
1. Merupakan anggota YSEALI. Daftarkan diri anda pada link berikut: asean.usmission.gov/yseali.

2. Berusia antara 18 s/d 25 tahun pada saat pendaftaran (lahir antara 9 Agustus 1992 s/d 1 Maret 2000).

3. Bagi pelamar dari Indonesia, tidak perlu menyertakan paspor, cukup submit no. KTP.

4. Merupakan warga negara dan penduduk tetap dari salah satu negara berikut: Indonesia, Brunei Darussalam, Myanmar, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, atau Vietnam.

5. Merupakan mahasiswa S1 atau telah lulus dari universitas/institusi pendidikan tinggi dalam empat tahun terakhir.

6. Lancar membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Inggris, ditunjukkan dalam pengisian Formulir Pendaftaran dan pengalaman aktivitas sebelumnya (tidak dibutuhkan skor tes bahasa Inggris tertentu).

7. Menunjukkan kualitas dan potensi kepemimpinan yang kuat pada universitas, tempat kerja, dan/atau masyarakat sekitar.

8. Menunjukkan ketertarikan, pengetahuan, atau pengalaman profesional pada isu manajemen limbah dan/atau pembangunan berkelanjutan.

9. Menunjukkan komitmen atau ketertarikan pada layanan masyarakat, kegiatan sukarelawan, atau mentorship.

10. Tertarik mempelajari Amerika Serikat dan kawasan ASEAN.

11. Bersedia untuk berpartisipasi aktif dalam sebuah program intensif.

12. Berkomitmen untuk menerapkan kemampuan kepemimpinan dan pelatihan yang didapatkan dari workshop untuk memberikan manfaat pada masyarat, negara, atau kawasan ASEAN.

Baca Juga: Cerita Inspirasi: Kuliah di Luar Negeri dengan Jalur Exchange Program

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
1. Formulir Pendaftaran yang telah dilengkapi (Download).

2. 1 (Satu) Surat Rekomendasi dari guru/profesor (untuk mahasiswa S1) atau dari atasan/supervisor saat ini (bagi yang sudah bekerja).

CARA MENDAFTAR:
Untuk mendaftar Ekspedisi Sampah Laut YSEALI, satukan seluruh dokumen di atas menjadi satu file PDF dengan nama file: YSEALI Marine Debris Expedition (Nama Lengkap, Negara Asal). Kemudian kirimkan ke email: yseali.mde@diverscleanaction.org.

Tuliskan pada subject email: YSEALI Marine Debris Expedition (Nama Lengkap, Negara Asal). Batas waktu pendaftaran sampai dengan 19 April 2018.

Informasi lebih detail mengenai Ekspedisi Sampah Laut YSEALI dapat ditanyakan via email: contact@diverscleanaction.org. Semoga bermanfaat.