INDBeasiswa.com – Beasiswa PNS yang dapat anda coba adalah tawaran dari Pemerintah Jepang yang bekerjasama dengan Dana Moneter Internasional (IMF) bagi masyarakat di benua Asia. Skema Japan-IMF Scholarship Program for ASIA 2018 – 2019 (JISPA) kembali ditawarkan bagi para pegawai pemerintahan yang berminat melanjutkan studi S2 atau S3 di bidang Ekonomi Makro atau bidang lain yang terkait pada universitas yang ada di Jepang.

Beasiswa PNS Kuliah S2 dan S3 di Jepang oleh Japan-IMF Scholarship 2018 – 2019

Beasiswa PNS Kuliah S2 dan S3 di Jepang oleh Japan-IMF Scholarship 2018 - 2019
Beasiswa PNS Kuliah S2 dan S3 di Jepang oleh Japan-IMF Scholarship 2018 – 2019

Program ini terbagi menjadi dua jalur, jalur kerjasama (partnership track) dan jalur umum (open track). Pada partnership track, para peserta program dapat mempelajari bidang Ekonomi Makro hanya pada universitas yang bekerjasama dengan IMF. Sedangkan pada open track, peserta dapat mempelajari kajian Ekonomi Makro pada universitas manapun di Jepang. Untuk informasi beasiswa kali ini, akan dibahas jalur open track, karena pendaftarannya akan dibuka untuk tahun 2018-2019 mendatang.

Cakupan pembiayaan beasiswa:
1. Tiket pesawat
2. Tanggungan penuh uang pendaftaran dan perkuliahan (tuition fee)
3. Uang saku termasuk tunjangan tempat tinggal dan biaya hidup
4. Biaya asuransi kesehatan dan kecelakaan
5. Biaya terkait penelitian bagi pelamar program Doktoral

Daftar Beasiswa S2 2018 – 2019

Beasiswa yang diberikan berlaku selama satu tahun. Pihak IMF akan mengadakan evaluasi untuk melanjutkan beasiswa pada tahun selanjutnya berdasarkan prestasi dan kemajuan akademis, rekomendasi universitas, serta pertimbangan dari pihak sponsor. Beasiswa akan diberikan maksimal 2 tahun untuk program S2, dan maksimal 3 tahun untuk program S3.

Persyaratan:
1. Merupakan warganegara dari salah satu negara yang telah ditentukan (termasuk Indonesia).

2. Merupakan pegawai dari salah satu instansi pemerintah atau terkait berikut:
Bank Sentral, Kementerian Perekonomian, Kementerian Keuangan, Kementerian Perencanaan Pembangunan, Kementerian Perdagangan, Direktorat Jenderal Pajak, Badan Pusat Statistik, atau Lembaga Regulasi Keuangan. Program ini juga mempertimbangkan para pegawai yang bekerja di bidang pemerintahan lainnya yang memiliki dampak signifikan pada perumusan atau pelaksanaan kebijaksanaan ekonomi makro.

3. Memiliki gelar pendidikan Sarjana atau setara.

4. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang ditunjukkan dengan skor minimal TOEFL 550 / iBT 79-80 / IELTS 6.0.

5. Berkomitmen untuk memberikan kontribusi pada pembangunan di negara asal, dan bersedia kembali ke institusi tempat kerja di negara asal setelah menyelesaikan studi di Jepang.

6. Prioritas diberikan kepada pelamar yang berusia di bawah 40 tahun; belum mendapatkan gelar Master dari universitas di luar negeri; serta memiliki pengalaman kerja minimum 2-3 tahun di sektor publik.

7. Memiliki kondisi kesehatan jasmani dan mental yang baik.

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Formulir Aplikasi pada link berikut: Online Application System (sistem baru akan dibuka pada bulan April 2018.

2. Salinan resmi ijazah dan transkrip nilai gelar Sarjana atau Pascasarjana yang telah diambil. Salinan resmi artinya salinan dari dokumen asli dengan segel resmi yang diberikan oleh kantor administrasi universitas.

3. 2 (Dua) Surat Referensi dari atasan di tempat kerja dan/atau pembimbing akademik atau profesor.

4. Salinan resmi sertifikat TOEFL/IELTS (jika ada). Hasil tes TOEFL/IELTS tersebut harus merupakan tes yang diambil setelah tanggal 1 Desember 2015. Jika tidak memiliki sertifikat TOEFL/IELTS, pelamar akan diminta untuk mengikuti tes TOEFL/IELTS sebelum mendapatkan keputusan akhir pengumuman pemenang beasiswa (hanya untuk program bahasa Inggris).

5. Surat penerimaan pendaftaran dari universitas yang dituju, atau salinan aplikasi pendaftaran ke universitas.

6. Tesis atau bentuk paper yang setara.

Seluruh dokumen di atas disubmit bersama dengan terjemahan resmi bahasa Inggrisnya. Berkas aplikasi dari para pelamar akan dipertimbangkan oleh pihak IMF dan diteruskan kepada pihak universitas yang relevan dan pemerintah Negara Jepang jika memenuhi persyaratan. Berkas aplikasi yang telah dikirimkan tidak akan dikembalikan kepada para pelamar.

Baca Juga:
Jasa Penerjemah Tersumpah untuk Menerjemahkan Dokumen Beasiswa

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar Beasiswa PNS dari JISPA Scholarship, pelamar dapat terlebih dahulu mendaftar pada program pascasarjana di universitas yang dikehendaki di Jepang. Selanjutnya lengkapi seluruh berkas dokumen di atas dan kirimkan kepada:

Japan-IMF Scholarship Program for Asia
IMF Regional Office for Asia and the Pacific
21st Floor Fukoku-Seimei Building
2-2-2 Uchisaiwai-cho
Chiyoda-ku, Tokyo 100-0011
Japan

Pendaftaran untuk tahun 2018-2019 akan dibuka pada 17 April 2018 dengan batas waktu pendaftaran tanggal 1 Juni 2018. Meski pendaftaran baru akan dibuka beberapa bulan ke depan, namun anda dapat mempersiapkan diri mulai sekarang. Pertimbangan pemberian beasiswa tergantung pada kesesuaian universitas dan program studi yang dipilih, kesesuaian dengan latar belakang pendidikan, pengalaman kerja, dan potensi promosi peserta di masa depan sebagai kunci pengambil kebijakan ekonomi.

Informasi lebih detail terkait JISPA Scholarship, dapat menghubungi email: jisais@imf.org atau mengunjungi website resmi: www.imf.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.