INDBeasiswa.com – Program Beasiswa Korea 2018 kembali ditawarkan dalam skema Korean Government Scholarship Program (KGSP). Beasiswa KGSP diadakan secara rutin setiap tahunnya oleh Pemerintah Korea Selatan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan studi Diploma atau Sarjana di universitas yang ada di negeri ginseng tersebut. Beasiswa yang ditawarkan bersifat penuh (full scholarship) dan yang lebih menariknya, tersedia juga kursus bahasa Korea gratis selama setahun sebelum masa studi.

Beasiswa Korea 2018 untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat dengan Beasiswa Penuh

Beasiswa Korea 2018 Kuliah Diploma dan S1 untuk Lulusan SMA/Sederajat
Beasiswa Korea 2018 Kuliah Diploma dan S1 untuk Lulusan SMA/Sederajat

Khusus bagi pelamar dari Indonesia, tersedia 3 macam beasiswa KGSP 2018 yang dapat diikuti, yaitu Beasiswa Diploma (setara D2), Beasiswa S1 khusus Jurusan Ilmu Alam dan Teknik, serta Beasiswa S1 via Kedutaan Besar (Kedubes) Korea di Jakarta.

Untuk beasiswa diploma (associate degree) disediakan kuota sebanyak 20 beasiswa yang terbuka bagi negara-negara anggota ODA. Kemudian untuk beasiswa S1 khusus jurusan Ilmu Alam dan Teknik tersedia kuota sebanyak 25 beasiswa yang terbuka bagi pelamar dari 64 negara. Sedangkan untuk beasiswa S1 via Kedubes Korea di Jakarta, tersedia 3 kuota beasiswa untuk pelamar dari Indonesia dengan pendaftaran dapat langsung ditujukan pada Kedubes Korea di Jakarta.

Adapun cakupan Beasiswa Korea 2018 dari KGSP meliputi pembiayaan berikut:
1. Tiket pesawat PP Indonesia-Korea saat awal dan akhir masa studi
2. Tunjangan hidup sejumlah 800 ribu won per bulan
3. Tanggungan penuh biaya perkuliahan selama masa studi
4. Tunjangan kedatangan sejumlah 200 ribu won yang diberikan satu kali
5. Tunjangan penyelesaian beasiswa senilai 100 ribu won setelah menyelesaikan masa studi
6. Biaya kursus bahasa Korea selama satu tahun
7. Asuransi kesehatan
8. Tunjangan tambahan sejumlah 100 ribu won/bulan jika anda mempunyai skor TOPIK (Test of Proficiency in Korean) level 5 atau lebih setelah terdaftar di universitas Korea

Baca Juga: Daftar Lengkap Beasiswa Kuliah di Korea Selatan

Perkuliahan akan dimulai pada tanggal 1 Maret 2018. Untuk studi S1 akan berlangsung selama 5 tahun (kuliah S1 4 tahun + kursus bahasa Korea 1 tahun), dan untuk studi Diploma berlangsung selama 3 tahun (kuliah 2 tahun + kursus bahasa Korea 1 tahun).

Berikut ini merupakan pilihan universitas yang tersedia dalam skema Beasiswa Korea 2018:

A. Universitas Tujuan S1 (pendaftaran via Kedubes Korea di Jakarta):
Chonbuk National University, Chonnam National University, Chosun University, Chung-Ang University, Chungbuk National University, Chungnam National University, Daegu University, Dankook University, Dong-A University, Dongguk University (Gyeongju Campus dan Seoul Campus), Dongseo University, Ewha Womans University, Gachon University, Gyeongsang National University, Hallym University, Handong Global University, Hankuk University of Foreign Studies, Hannam University, Hanyang University, Hoseo University, Inha University, Jeju National University, Jeonju University, KAIST, Keimyung University, Kongju National University, Konkuk University, Konyang University, Kookmin University, Korea University, KOREATECH, Kumoh National Institute of Technology, Kyunghee University, Kyungpook National University, Kyungsung University, Myongji University, Namseoul University, Pai Chai University, Pukyong National University, Pusan National University, Sangmyung University, Semyung University, Seoul National University of Science and Technology, Seoul National University, Silla University, Sogang University, Sookmyung Women’s University, Soonchunhyang University, Soongsil University, Sun Moon University, Sungkyunkwan University, University of Seoul, University of Ulsan, UNIST, Wonkwang University, Yeungnam University, dan Yonsei University

B. Universitas Tujuan S1 Jurusan Ilmu Alam (Natural Science) dan Teknik (Engineering):
Chonbuk National University, Chonnam National University, Chosun University, Chungbuk National University, Chungnam National University, Daegu University, Dong-A University, Dongguk University (Gyeongju Campus), Dongseo University, Gyeongsang National University, Hallym University, Handong Global University, Hannam University, Hoseo University, Jeju National University, Jeonju University, Keimyung University, Kongju National University, Konyang University, KOREATECH, Kumoh National Institute of Technology, Kyungpook National University, Kyungsung University, Namseoul University, Pai Chai University, Pukyong National University, Pusan National University, Semyung University, Silla University, Soonchunhyang University, Sun Moon University, University of Ulsan, Wonkwang University, dan Yeungnam University.

C. Universitas Tujuan Associate degree (Diploma):
Gumi University, Inha Technical College, Cheju Halla University, Dongyang Mirae University, Yeungjin College, dan Korea University Of Media Arts.

Baca Juga: 7 Universitas Terbaik di Korea Selatan

Persyaratan:
1. Merupakan warganegara dari negara yang telah ditentukan (termasuk Indonesia).

2. Berusia di bawah 25 tahun per 1 Maret 2018 (lahir setelah 1 Maret 1993).

3. Memiliki kondisi kesehatan yang baik, jasmani maupun rohani. Pelamar disabilitas juga dapat mengikuti beasiswa ini.

4. Telah lulus atau akan lulus SMA/SMK/sederajat per 1 Maret 2018 (tidak memenuhi syarat bagi mereka yang sudah kuliah Sarjana/pendidikan tinggi).

5. Untuk pelamar program Diploma:
– Memiliki nilai rata-rata kumulatif di atas 75 persen (dari 100 persen) atau berada dalam peringkat 25 persen terbaik selama masa SMA/SMK/sederajat.
– Bersedia mencari pekerjaan di bidang studi terkait setelah mendapatkan gelar.

6. Untuk pelamar program Sarjana:
– Memiliki nilai rata-rata kumulatif 80 persen (dari 100 persen) atau berada dalam peringkat 20 persen terbaik selama masa SMA/SMK/sederajat.
– Belum pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Korea sebelumnya.

7. Tidak memiliki batasan berpergian ke luar negeri.

8. Lebih diutamakan bagi pelamar yang memiliki kemampuan bahasa Korea atau Inggris.

9. Pelamar hanya boleh mendaftar pada satu universitas.

10. Pelamar hanya diperbolehkan mendaftar melalui salah satu jalur (via Kedubes atau melalui universitas di Korea langsung).

11. Lebih diutamakan bagi pelamar yang berasal dari kondisi ekonomi rendah.

Note: Untuk persyaratan nilai rata-rata, juga bisa dilihat lebih detail pada Formulir Aplikasi.

Baca Juga: Beasiswa Korea Selatan S1 Teknik dan Manajemen di KAIST

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Formulir aplikasi yang telah diisi (Form 1)
2. Janji NIIED (Form 2)
3. Personal statement (Form 3)
4. Rencana studi (Form 4)
5. Dua surat rekomendasi, bisa dari kepala sekolah, guru, atau pembimbing (Form 5)
6. Penilaian kesehatan pribadi (Form 6)
7. Salinan resmi ijazah SMA/sederajat atau Surat Keterangan Lulus sementara
8. Salinan transkrip nilai
9. Bukti kewarganegaraan pelamar dan orang tua (contoh: akte kelahiran, kartu keluarga, paspor orang tua)
10. Sertifikat pengharggan (opsional)
11. Salinan sertifikat kemampuan bahasa Korea (TOPIK) atau bahasa Inggris (TOEFL/TOEIC/IELTS) (opsional)
12. Surat keterangan sehat dari dokter (Form 7, khusus bagi kandidat yang telah melewati seleksi putaran kedua)
13. Salinan paspor pemohon (khusus kandidat yang sudah melewati seleksi putaran kedua)

 

Tata Cara Pendaftaran Beasiswa Korea 2018:
A. Associate Degree (Diploma)
Pendaftaran beasiswa dapat dilakukan pada website masing-masing universitas di Korea Selatan yang akan dituju (September – Oktober). Pelamar harus mengikuti langkah-langkah pendaftaran beasiswa termasuk mengajukan berkas dokumen yang disebutkan di atas. Perlu diingat, pelamar hanya boleh mengajukan pendaftaran pada salah satu universitas di Korea. Deadline pendaftaran ditentukan oleh masing-masing universitas. Panduan pendaftaran dan formulir aplikasi Beasiswa Associate Degree KGSP dapat anda download pada link berikut: Application Guidelines for Associate Degree.

B. Sarjana (S1) Jurusan Natural Science dan Engineering
Sama seperti pendaftaran beasiswa Associate Degree, untuk mendaftar beasiswa ini juga dapat dilakukan secara langsung pada website universitas Korea yang dituju. Ikuti langkah-langkah pendaftaran beasiswa yang tertera di website universitas, kemudian ajukan berkas dokumen yang dibutuhkan. Panduan pendaftaran dan formulir aplikasi beasiswa S1 KGSP Jurusan Ilmu Alam dan Teknik dapat anda download pada link berikut: Application Guidelines for Bachelor’s Degree.

C. Sarjana (S1) via Kedubes Korea di Jakarta
Untuk mendaftar beasiswa S1 Korea ini, anda dapat menyiapkan berkas dokumen dan formulir aplikasi yang diminta. Panduan pendaftaran dan formulir aplikasi beasiswa S1 KGSP dapat anda download pada link berikut: Application Guidelines for Bachelor’s Degree (via Korean Embassies). Dokumen yang perlu dikirimkan cukup poin 1 s/d 11 seperti yang tertera di atas. Buat 4 set dokumen berupa 1 set berkas dokumen asli (salinan resmi) dan 3 set fotocopy. Masing-masing set harus ditempatkan pada amplop yang berbeda. Dokumen aplikasi yang diserahkan tersebut dapat menggunakan kertas ukuran A4 atau disesuaikan agar sama, serta diterjemahkan ke dalam bahasa Korea atau Inggris jika masih menggunakan bahasa Indonesia dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

Kirimkan berkas dokumen aplikasi di atas melalui pos ditujukan kepada:
Kedutaan Besar Korea,
Jl. Gatot Subroto Kav. 57
Jakarta 12950

Cantumkan tulisan “KGSP” pada amplop. Aplikasi pendaftaran beasiswa S1 via Kedubes Korea paling lambat diterima 29 September 2017. Selain itu, surat rekomendasi juga dimasukkan ke dalam amplop tertutup oleh pemberi rekomendasi dan dikirimkan juga kepada Kedutaan Besar Korea di Jakarta.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai Beasiswa Korea 2018 oleh KGSP dapat menghubungi telepon: 021-2967-2555 atau melalui laman resmi Kedubes Korea (idn.mofa.go.kr). Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.