kuliah di korea, 7 universitas terbaik di korea selatan, study in korea, study abroad  

INDBeasiswa.com – Seperti yang pernah INDBeasiswa bahas sebelumnya pada artikel 5 Alasan Mengapa Perusahaan Lebih Menyukai Mahasiswa Lulusan Internasional, kuliah di luar negeri memang dapat menambah poin plus bagi anda sebagai lulusan internasional saat datang di Indonesia. Pengalaman yang didapatkan pun lebih banyak. Jika tidak ingin jauh-jauh ke Eropa atau Amerika, di Asia juga ada banyak kok universitas yang memiliki kualitas bagus bahkan mendapatkan peringkat di kancah internasional. Salah satunya adalah universitas-universitas yang terdapat di Korea Selatan.

7 Universitas Terbaik di Korea Selatan yang Perlu Anda Ketahui

7-universitas-terbaik-di-korea-selatan
7 Universitas Terbaik di Korea Selatan yang Perlu Anda Ketahui (Image Credit by: www.slate.com)

Kali ini, INDBeasiswa akan memberikan informasi mengenai 7 universitas di Negeri Ginseng yang layak untuk dijadikan destinasi kuliah di Korea Selatan. Simak ulasannya.

1. Seoul National University

Menurut QS World University Rankings 2015/2016, Seoul National University berhasil menempati peringkat ke-36 di dunia. Sedangkan di tingkat Asia, kampus yang terletak di Gwanak, Seoul, Korea Selatan tersebut menduduki urutan ke-8. Kampus ini menampung 2.102 mahasiswa internasional dari total 27.420 mahasiswa yang ada. Skor total kampus ini yaitu 85,3 dengan skor reputasi akademis mencapai 99,2.

2. KAIST (Korea Advanced Institute of Science & Technology)

Pada tahun 2015/2016, KAIST menempati peringkat ke-43 berdasarkan QS World University Rankings. Pendirian kampus ini memang bertujuan untuk mencetak banyak peneliti dan insinyur berkualitas untuk mendukung industri Korea Selatan yang semakin berkembang pesat. Dari tahun ke tahun, peringkat kampus ini memang selalu meningkat, pada tahun 2014, KAIST berada pada urutan ke-51. Namun sayangnya, kampus ini mempunyai jumlah mahasiswa internasional yang cukup sedikit, yaitu 827 mahasiswa dari total 9.585 mahasiswa.

7-universitas-terbaik-di-korea-selatan-pohang-university-dan-kaist
KAIST dan POSTECH

3. Pohang University of Science And Technology (POSTECH)

Dengan usia kampus yang masih muda yakni kurang dari 50 tahun, POSTECH mampu menempati peringkat ke-10 di Asia dan menempati peringkat ke-87 di seluruh dunia. Walaupun tergolong muda, namun POSTECH telah memiliki fasilitas penelitian terbaik untuk para mahasiswanya.

4. Korea University

Universitas ini merupakan salah satu universitas terbaik di dunia, bahkan mendapatkan lima bintang dari QS World University Rankings yang meliputi spesialis, internasionalisasi, inovasi, fasilitas, dan kemampuan kerja. Di Asia, Korea University menempati peringkat ke-19, dan berdasarkan QS World University Rankings menempati peringkat ke-104. Kampus ini memiliki 3.348 mahasiswa internasional dar 26.566 mahasiswa.

5. Yonsei University

Yonsei University merupakan universitas swasta tertua di Korea Selatan yang mempunyai misi mendidik para pemimpin masa depan yang akan memberikan kontribusi bagi kemanusiaan. Didukung suasana kampus yang hijau, membuat bangunan dari Yonsei University terasa menyatu dengan alam. Secara keseluruhan, skor reputasi akademis untuk kampus ini adalah 79,4 dengan jumlah total mahasiswa mencapai 28.320 orang.

6. Sungkyunkwan University (SKKU)

Jika anda ingin melanjutkan studi di bidang kedokteran, maka SKKU layak anda pertimbangkan karena kampus ini mempunyai sekolah kedokteran terbaik di Korea Selatan. SKKU sendiri berada pada peringkat ke-118 menurut QS World University Rankings. Universitas ini mempunyai dua kampus, yaitu kampus Humaniora dan Ilmu Sosial yang terletak di Seoul dan kampus Ilmu Pengetahuan Alam yang terletak di Suwon. Total skor akademis yang diperoleh SKKU adalah 66,10.

Hanyang University (Image Credit by: www.artstudyabroad.com)

7. Hanyang University

Pada tahun 1948, Hanyang University merupakan perguruan tinggi swasta pertama yang dikembangkan oleh departemen teknik, sehingga pada tahun 1959 diperluas ke rentang yang berbeda. Kampus yang terletak di Wangsimni, Seongdong, Seoul, Korea Selatan ini menempati peringkat ke-193 versi QS World University Rankings dan di peringkat ke-30 untuk peringkat Asia.

Semoga bermanfaat.
Baca Juga:
Beasiswa Kuliah S2 di Jepang oleh Ajinomoto Scholarship Tahun 2017
Beasiswa Penuh S2 & S3 dari ADB-Japan Scholarship Program (Dibuka Setiap Tahun)
Yuk Kuliah di NUS Singapura