INDBeasiswa.com – Bagi anda yang sedang mencari beasiswa pascasarjana, simak informasi berikut. University of Melbourne, Australia saat ini menawarkan dua (2) macam program beasiswa pascasarjana riset (Graduate Research Scholarships), meliputi: Melbourne Research Scholarships (MRS) dan Australian Government Research Training Program (RTP) Scholarships. Masing-masing program Beasiswa Universitas Melbourne di atas menawarkan kuota sebanyak 300 kandidat setiap tahunnya (total kuota 600 beasiswa).

Beasiswa Universitas Melbourne Australia Program S2 – S3

Beasiswa Universitas Melbourne Program Master dan Doktoral di Australia
Beasiswa Universitas Melbourne Program Master dan Doktoral di Australia

Kedua program beasiswa di atas ditujukan bagi pelamar Internasional dan Australia yang akan menempuh studi Master by research atau Doktoral. Adapun beasiswa yang diberikan meliputi cakupan pembiayaan berikut:
1. Biaya penuh selama dua (2) tahun bagi pelamar program Master by research dan selama 4 tahun bagi pelamar program Doktoral.

2. Tunjangan hidup senilai $26,916 per tahun dengan durasi hingga 2 tahun untuk pelamar program Master by research dan hingga 3,5 tahun bagi pelamar program Doktoral. Tunjangan hidup dapat diindex setiap tahun dan telah termasuk bantuan dana apabila sakit, cuti hamil dan cuti mengasuh anak.

3. Tunjangan relokasi senilai $3,000 di Melbourne.

4. Asuransi kesehatan OSHC keanggotaan tunggal bagi siswa internasional yang membutuhkan visa pelajar untuk studi di Australia.

Untuk dapat dipertimbangkan dalam dua program beasiswa diatas, pelamar harus memenuhi persyaratan masuk program Master by Research atau Doktoral di University of Melbourne. Informasinya bisa dibuka pada link berikut: Entry Requirements dan Language Requirements.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar beasiswa ini, sebelumnya anda harus mendaftar sebagai mahasiswa baru pascasarjana di University of Melbourne pada link berikut: Application.

Pada laman diatas sudah dijelaskan tahap-tahap yang harus dilakukan, seperti menentukan minat penelitian, mendapatkan supervisor, mempersiapkan aplikasi, serta mengajukan aplikasi yang dibutuhkan. Apabila anda mengajukan pendaftaran sebelum batas waktu pendaftaran, anda akan dipertimbangkan secara otomatis untuk mengikuti Graduate Research Scholarships. Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa aplikasi beasiswa telah ditambahkan pada data anda sekitar tujuh hari kemudian.

Pendaftaran dilakukan dua kali dalam setahun. Aplikasi untuk Semester 1 (untuk perkuliahan di bulan Februari tahun depan) paling lambat tanggal 31 Oktober setiap tahunnya, sedangkan untuk Semester 2 (untuk perkuliahan di bulan Juli) paling lambat tanggal 30 April setiap tahunnya. Akan tetapi terdapat juga beberapa fakultas di University of Melbourne yang memiliki jadwal pendaftaran berbeda seperti: Fakultas Kedokteran, Kedokteran Gigi, Teknik dan IT, dan lain-lain. Informasi lebih detail dapat mengunjungi Sumber Informasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.