Kontributor: IDNportal.com

INDBeasiswa.com – Punya angan-angan untuk melanjutkan kuliah di UK? Hal tersebut memang menjadi pengalaman tersendiri yang tak mungkin terlupakan. Selain meninggalkan negara tempat anda dibesarkan, anda juga bakal bersaing dengan pelajar internasional lainnya di universitas tujuan.

Bahkan tantangannya tidak hanya itu, anda juga bakal berhadapan dengan budaya, interaksi masyarakat, cita rasa makanan dan bagaimana cara bergaul dengan sesama mahasiswa internasional yang datang dari berbagai penjuru bumi. Sebelum menginjakkan kaki ke UK ada baiknya anda melakukan riset dan mencari referensi serta tips yang bisa memudahkan anda beradaptasi disana, seperti 4 tips dibawah ini.

4 Tips Bagi Anda yang Ingin Kuliah di UK

tips kuliah di uk inggris
4 Tips Bagi Anda yang Ingin Kuliah di UK (Image Source)

1. Pastikan visa dan kelengkapan lainnya sudah beres
Cara termudah untuk menyelesaikan masalah ini adalah dengan pergi berkonsultasi ke kantor bagian imigrasi atau menanyakan ke course provider anda. Pastikan bahwa visa diproses dan dibuat benar-benar sesuai dengan lama anda belajar di negara tujuan.

2. Lakukan riset kecil-kecilan untuk mengumpulkan informasi
Informasi pertama yang bisa anda kumpulkan terlebih dahulu adalah kota yang akan anda tuju sebagai tempat tinggal anda nantinya. Cari juga komunitas atau grup di internet yang bisa menjadi wadah bertukar pikiran mengenai kota, budaya serta biaya hidup disana. Informasi dari mereka bisa menjadi panduan yang berguna untuk anda tentunya.

3. Bagaimana dengan akomodasinya?
Point yang ini memang basic tapi sering kali terlupakan. Ketika sedang melakukan riset kecil-kecilan, pastikan area yang anda tuju menawarkan akomodasi. Jika tempat yang cocok sudah anda temukan, pastikan juga bahwa tempat tersebut nyaman untuk anda tinggali sehingga tidak perlu repot untuk pindah kesana-kemari. Jika anda setuju atau memutuskan untuk tidak tinggal sendiri, tanyakan pada pihak penyewa untuk memilihkan (memperkenalkan) pada anda teman serumah (se-kamar/se-apartemen) yang prospektif.

4. Pemilihan bank yang tepat
Segi keuangan juga harus diperhitungkan bila ingin kuliah ke luar negeri. Supaya anda mudah dalam melakukan pembayaran di UK pastikan syarat-syarat untuk membuka rekening telah anda lengkapi. Mulai dari passport, alamat tinggal yang valid, status pelajar, sumber pemasukan dana dan hal lainnya.