universitas terbaik di rusia, beasiswa rusia, study in russia

INDBeasiswa.com – Bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri dengan biaya yang cukup terjangkau, berkualitas dan tanpa menggunakan bahasa Inggris, Rusia bisa menjadi salah satu tujuan yang tepat. Beragam testimonial dari para pelajar Indonesia yang sudah menyelesaikan pendidikan baik S1, S2 hingga S3 di negeri beruang merah tersebut mengatakan bahwa sistem pendidikan di sana tidak kalah hebat bila dibandingkan dengan negara-negara Eropa, Amerika, ataupun Australia. Selain itu budaya, bahasa, tempat dan juga masyarakat yang ada di Rusia sangat unik untuk dipelajari.

10 Universitas Terbaik di Rusia yang Perlu Anda Ketahui

10 universitas terbaik di rusia
10 Universitas Terbaik di Rusia yang Perlu Anda Ketahui

Lalu apa saja universitas-universitas terbaik di Rusia yang bisa menjadi rekomendasi untuk melanjutkan studi? Berikut INDBeasiswa ulas 10 (sepuluh) daftar lengkapnya.

10. National Research University – Higher School of Economics (HSE, Moscow)

national research university higher school of economics hse
National Research University – Higher School of Economics (HSE)

Didirikan pada tahun 1992 dan memiliki tiga kampus yang terdapat di St. Petersburg, Nizhniy Novgorod dan Perm. Berbagai program studi ditawarkan pada kampus ini dengan berfokus pada bidang Ilmu Sosial, Matematika, Ilmu Komputer dan Ekonomi. Pada tahun 2015, HSE meraih peringkat 63 pada BRICS ranking dan 500 besar pada peringkat dunia yang membuat reputasinya meningkat baik di dalam maupun luar Rusia. Sedangkan untuk mata studi Ekonomi, Filosofi, dan Sosiologi, HSE meraih peringkat 200 besar dunia diikuti dengan mata studi Pembangunan yang masuk dalam 100 besar dunia.

9. St. Petersburg Polytechnic University

st. petersburg state politecnical university
St. Petersburg State Politecnical University

Lokasi perguruan tinggi yang satu ini berada di Saint Petersburg. Meraih peringkat 60 besar di BRICS serta 481-490 di peringkat dunia, salah satu universitas ternama di Rusia ini memiliki 30.000 mahasiswa yang terbagi pada lebih dari 400 program studi. Kampus ini juga bekerja sama dalam hal penelitian dengan perusahaan terkemuka seperti Microsoft, Siemens dan Apple. St. Petersburg Polytechnic University merupakan universitas tujuan bagi anda yang ingin mempelajari Teknik Listrik, Teknik Elektro, Fisika, Astronomi, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.

8. National Research Nuclear University “Mephi” (Moscow Engineering Physics Institute)

national research nuclear university mephi
National Research Nuclear University MEPhI

Didirikan pada tahun 1942 di Moscow, universitas ini menjadi salah satu kampus yang disegani di Rusia. Seperti namanya universitas ini berfokus pada bidang Industri Nuklir, Fisika, Matematika, Teknik Listrik serta Teknik Elektronika. Tahun ini MEPhI meraih peringkat 51 berdasarkan BRICS ranking dan peringkat 481-490 pada ranking dunia. Bidang studi Fisika dan Astronomi di MEPhI berhasil meraih peringkat 100 besar dunia diikuti dengan Matematika yang masuk ke dalam Top 400.

7. Moscow Institute of Physics and Technology (State University)

moscow institute of physics and technology state university
Moscow Institute of Physics and Technology (State University)

Sejak didirikan pada tahun 1946, lembaga pendidikan ini terus berkembang dalam sistem pendidikan dan teknologi. Dikenal juga dengan sebutan PhysTech dan Russian MIT, kampus ini berfokus pada studi Fisika, Matematika, dan bidang studi terkait lainnya. PhysTech berhasil meraih peringkat 45 BRICS dan termasuk dalam peringkat 411-420 di dunia. Delapan profesor yang terdapat di PhysTech berhasil mendapatkan Nobel, tentunya hal ini merupakan suatu prestasi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bidang studi Fisika dan Astronomi meraih Top 200 dunia diikuti dengan Matematika yang termasuk dalam 400 besar dunia.

6. Tomsk State University

tomsk state university in russia
Tomsk State University

Didirikan pada tahun 1888 di Siberia, universitas ini memiliki 23 fakultas, 165 Program Master serta arsip perpustakaan yang paling luas dari antara semua universitas di Rusia. Tomsk State University berhasil meraih peringkat 44 BRICS, 491-500 ranking dunia, serta mata studi Modern Language yang meraih 300 besar dunia. Di kampus ini juga ditawarkan enam program studi yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Bidang unggulan di universitas ini adalah fisika dan ekonomi yang juga meraih Top 400 ranking dunia.

5. Moscow State Institute of International Relations (MGIMO University)

moscow state institute of international relations mgimo university
Moscow State Institute of International Relations (MGIMO University)

Universitas ini sebenarnya merupakan bagian dari Moscow State University tetapi berdiri secara mandiri sejak tahun 1944. Bidang yang dikhususkan pada universitas ini adalah Humaniora, yang meliputi Diplomasi Internasional, Jurnalisme, dan Hukum. Jadi tidak heran bila universitas ini terkenal dalam mempersiapkan siswanya untuk urusan hubungan internasional dalam perkembangan karir. MGIMO University saat ini meraih peringkat 39 BRICS dan 399 di dunia.

4. Bauman Moscow State Technical University

bauman moscow state technical university
Bauman Moscow State Technical University

Sebagai universitas tertua dan juga terbesar di Rusia yang didirikan pada tahun 1830, Bauman Moscow State Technical University merupakan tempat studi untuk bidang Teknik dan Ilmu Terapan. Karena berfokus pada bidang teknik, maka bidang studi Teknik Mesin, Teknik Penerbangan serta Teknik Manufaktur berhasil meraih peringkat 300 besar di dunia. Pada tahun 2015, kampus ini juga berhasil meraih peringkat 322 di dunia serta 35 untuk BRICS. Tidak hanya itu, universitas ini juga menawarkan akomodasi gratis setiap tahunnya kepada para mahasiswa serta terkenal baik dalam mengajar mahasiswa yang mengalami gangguan pendengaran.

3. Novosibirsk State University

novosibirsk state university
Novosibirsk State University

Bidang Fisika, Astronomi dan Matematika menjadi bidang studi unggulan di Novosibirsk State University. Kampus ini telah berdiri sejak tahun 1959 di Akademgorodok, salah satu kota pendidikan yang jauhnya sekitar 20 kilometer dari Novosibirsk. Pada tahun 2015, kampus ini berhasil meraih peringkat 19 BRICS dan 328 di dunia. Dari enam mata studi yang meraih peringkat internasional, diantaranya Matematika, Fisika dan Astronomi berhasil menempati Top 150 diikuti dengan Filosofi dalam Top 200 Dunia.

2. Saint-Petersburg State University

saint petersburg state university
Saint Petersburg State University

Universitas terbaik kedua di Rusia ini merupakan anggota dari Coimbra Group, sebuah asosiasi yang sangat disegani oleh universitas-universitas di Eropa. Bidang studi unggulan di Saint-Petersburg State University adalah Teknik Mineral dan Pertambangan, Linguistik, Matematika, Filsafat, Bahasa Modern serta Sejarah. Adapun bidang studi Linguistik menempati Top 100 dunia diikuti dengan Sejarah dan Arkeologi, Matematika, Bahasa Modern, Fisika dan Astronomi dalam Top 200. Didirikan pada tahun 1724, tahun lalu kampus ini berhasil menempati peringkat 15 BRICS dan 233 di tingkat dunia.

1. Lomonosov Moscow State University

lomonosov moscow state university
Lomonosov Moscow State University

Peringkat teratas universitas terbaik di Rusia diraih oleh Lomonosov Moscow State University yang telah berdiri sejak tahun 1755. Kebanyakan pelajar lokal dan internasional lebih suka mengambil program Master di kampus ini. Adapun bidang unggulan yang ditawarkan adalah Linguistik, Matematika, Fisika dan Astronomi. Setidaknya terdapat 20 bidang studi di kampus ini yang termasuk dalam ranking dunia, diantaranya Matematika, Linguistik, Bahasa Modern, Fisika dan Astronomi dalam 50 besar dunia diikuti dengan Ilmu Komputer dalam Top 100 dunia. Untuk peringkat universitasnya sendiri meraih peringkat 114 secara global dan peringkat 4 BRICS.