INDBeasiswa.com – Salah satu beasiswa S1 yang dapat anda coba adalah tawaran Beasiswa dari Universitas Islam Indonesia (UII). Perguruan tinggi yang berlokasi di Yogyakarta ini didirikan oleh tokoh-tokoh nasional seperti Dr. Mohammad Hatta, KH. Abdulkahar Mudzakkir, Moh. Roem, KH. A. Wahid Hasyim, KH. Mas Mansyur dan M. Natsir, dan tokoh-tokoh lainnya. Hingga kini UII telah mendapatkan berbagai penghargaan, antara lain pencapaian akreditasi institusi “A” dengan skor teratas antara PTS se-Indonesia, peringkat 10 besar dalam Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia tahun 2015, Indonesia Green Awards kategori Green Campus, dan sebagainya. Berikut informasi selengkapnya mengenai Beasiswa S1 Yogyakarta oleh UII.

Beasiswa S1 Yogyakarta di UII untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat

Program Studi yang tersedia di UII adalah sebagai berikut:
1. Program Diploma 3: Akuntansi, Kimia Analis, Manajemen, Perbankan & Keuangan
2. Program S1: Akuntansi, Arsitektur, Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Islam, Farmasi, Hubungan Internasional, Hukum, Hukum (Ahwal Al-Syakhsiyyah), Ilmu Komunikasi, Kedokteran (Pendidikan Dokter), Komputer (Teknik Informatika), Manajemen, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Kimia, Psikologi, Kimia, Statistika, Teknik Elektro, Teknik Industri, Teknik Kimia, Teknik Lingkungan, Teknik Mesin, Teknik Sipil

Dalam penerimaan mahasiswa baru UII, terdapat empat jalur beasiswa yang bisa anda ikuti, yaitu:

1. BEASISWA MAHASISWA UNGGULAN PONDOK PESANTREN UII

Program ini merupakan upaya implementasi atas misi dan tujuan UII dalam memberikan bekal kepada kader-kader pemimpin umat di masa yang akan datang, yang siap konsep dan praktek disertai perpaduan antara agama, sains, dan teknologi. Beasiswa Unggulan Pondok Pesantren meliputi pembebasan biaya kuliah, dana Catur Darma Perguruan Tinggi, serta biaya pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren. Para peserta juga akan menempati Pondok Pesantren dan menggunakan fasilitas yang ditujukan bagi para santri. Informasi selengkapnya bisa dibuka pada link berikut: Beasiswa Pondok Pesantren UII.

2. BEASISWA HAFIZ ALQURAN

Program Beasiswa Hafiz Alquran ini ditujukan bagi mahasiswa baru yang memiliki kemampuan tinggi menghafal Alquran minimal 15 juz serta memiliki kemampuan akademik tinggi. Beasiswa yang diberikan berupa bebas biaya pendidikan di UII, bebas Dana Catur Darma, serta mendapatkan bantuan biaya hidup senilai Rp 450.000,- per bulan. Informasi selengkapnya bisa dibuka pada link berikut: Beasiswa Hafiz Alquran UII.

3. BEASISWA UNGGULAN UII

Sasaran dari Beasiswa Unggulan UII adalah mahasiswa baru yang memiliki prestasi akademik maupun non akademik. Beasiswa yang diberikan berupa bantuan biaya pendidikan (bebas biaya SPP tetap, bebas biaya SPP variable, bebas biaya KKN), serta bantuan dana Catur Darma sebesar maksimal Rp 5.000.000,-. Informasi selengkapnya bisa dilihat pada link berikut: Beasiswa Unggulan UII.

4. BANTUAN BIAYA PENDIDIKAN BIDIKMISI

Program Bantuan Biaya Pendidikan Bidikmisi merupakan salah satu Beasiswa S1 Yogyakarta yang disediakan oleh UII dan ditujukan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK/sederajat tahun ajaran 2019/2020 dan 2018/2019 yang tidak mampu secara ekonomi namun mempunyai kemampuan akademik yang baik. Beasiswa yang diberikan meliputi:

  • Bantuan biaya penyelenggaraan pendidikan senilai Rp 2.400.000,- per mahasiswa yang diberikan tiap semester dan dikelola oleh perguruan tinggi.
  • Bantuan biaya hidup senilai Rp 3.900.000,- per mahasiswa yang diberikan tiap semester dan dibayarkan ke rekening penerima oleh Kemenristekdikti;
  • Kekurangan biaya pendidikan di luar yang disubsidi oleh pemerintah meliputi SPP tetap, SPP variabel/SKS, Dana Kemahasiswaan, KKN, Asuransi akan dibebaskan oleh pihak UII.

Baca Juga

PERSYARATAN BEASISWA BIDIKMISI DI UII:

  1. Merupakan siswa SMA/SMK/MA/MAK dan sederajat yang akan lulus pada tahun ajaran 2019/2020 ATAU merupakan lulusan tahun ajaran 2018/2019 yang bukan penerima Bidikmisi.
  2. Belum pernah ditetapkan sebagai penerima Bidikmisi di salah satu PT di bawah Kemenristekdikti.
  3. Belum pernah menjadi mahasiswa di PT Penyelenggara Bidikmisi ditahun ajaran sebelumnya.
  4. Dinyatakan lolos seleksi calon mahasiswa UII melalui pola seleksi PBT Bidikmisi.
  5. Pendapatan kotor orangtua/wali gabungan (suami+istri) setinggi-tingginya Rp. 4.000.000,- atau pendapatan kotor gabungan orangtua/wali dibagi jumlah anggota keluarga maksimal Rp. 750.000,-. Pendapatan yang dimaksud meliputi seluruh penghasilan yang diperoleh.
  6. Memiliki prestasi akademik yang baik, dibuktikan dengan nilai rapor dan rekomendasi kepala sekolah.
  7. Memiliki prestasi non akademik yang baik, dibuktikan dengan sertifikat penghargaan.

Baca Juga: Daftar Beasiswa Kuliah S1 yang sedang dibuka

CARA PENDAFTARAN BEASISWA BIDIKMISI DI UII:

  1. Pelamar melakukan pendaftaran secara online melalui portal Bidikmisi (http://bidikmisi.belmawa.ristekdikti.go.id/) dengan memilih program studi yang tersedia di UII.
  2. Selanjutnya pelamar wajib mendaftar pola seleksi Paper Based Test (PBT) Bidikmisi di UII sesuai jadwal yang sudah ditentukan. Pelamar dapat melakukan pendaftaran secara online di website resmi UII: admisi.uii.ac.id. Pilih pola seleksi PBT Bidikmisi secara online pada Menu “Beli Formulir”.
  3. Pastikan bahwa program studi yang dipilih pada saat pendaftaran di Portal Bidikmisi sama dengan saat pendaftaran di PBT Bidikmisi UII.
  4. Peserta wajib datang ujian seleksi sesuai jadwal yang sudah ditentukan.

WAKTU PENYELENGGARAAN:

  • Batas waktu pendaftaran: 10 Juli 2019
  • Ujian: 14 Juli 2019
  • Pengumuman: 23 Juli 2019
  • Registrasi dan Verifikasi Dokumen: 24 – 31 Juli 2019

Informasi lebih lanjut tentang Bidikmisi di UII dapat dilihat pada website resmi: pmb.uii.ac.id dan kemahasiswaan.uii.ac.id.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai Beasiswa S1 Yogyakarta oleh UII dapat menghubungi kontak berikut:
Universitas Islam Indonesia
Gedung GBPH Prabuningrat
Kampus Terpadu UII
Jalan Kaliurang km. 14,5 Sleman
Yogyakarta 55584
Telepon: +62 274 898444
Email: info@uii.ac.id
Sumber Informasi Resmi: https://www.uii.ac.id/studi/beasiswa

Silakan dibagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan dan semoga bermanfaat