INDBeasiswa.com – Beasiswa Chevening 2024-2025 resmi dibuka! Pendaftaran online untuk beasiswa Chevening sudah dapat dilakukan hingga tanggal 7 November 2023 mendatang. Chevening Scholarships merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Inggris yang ditujukan bagi kandidat-kandidat internasional (termasuk dari Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S2 selama setahun di universitas-universitas Inggris.

Beasiswa Chevening Kuliah S2 Inggris Full Scholarship

Nama Beasiswa Chevening sendiri pastinya sudah tidak asing lagi. Beasiswa ini rutin ditawarkan setiap tahunnya termasuk bagi pemuda/i Indonesia yang berminat melanjutkan kuliah di Inggris. Para penerima Beasiswa Chevening berasal dari berbagai macam negara dan latar belakang. Mereka semua menunjukkan semangat, visi, dan keterampilan yang dibutuhkan untuk membentuk dunia yang lebih baik.

Berbagai keuntungan bisa anda dapatkan melalui Beasiswa Chevening, termasuk pembiayaan penuh biaya perkuliahan, akses ke beberapa pendidikan berkualitas terbaik di dunia, peluang jaringan eksklusif, serta kesempatan menjelajahi berbagai macam budaya Inggris.

Berikut adalah beberapa universitas di Inggris yang bisa dipilih dalam skema Beasiswa Chevening:
– Cardiff University
– University of Nottingham
– University of Cambridge
– University of Bristol
– University of Oxford
– Coventry University
– University of Warwick
dan sebagainya.

Berbagai program studi tersedia dalam beasiswa ini, contohnya seperti Biologi, Pendidikan, Lingkungan, MBA, Keuangan, Manajemen, Bisnis, Teknik, dan lain-lain. Peserta dapat memilih tiga program dari seluruh program studi yang tersedia, dengan catatan program tersebut bersifat full-time, Taught master’s, dimulai pada musim gugur (biasanya September/Oktober), terletak di UK, serta ditujukan untuk mengambil gelar Master. Untuk mendapatkan informasi program Master yang tersedia di universitas-universitas Inggris dapat dibuka pada link berikut: Course Finder.

CAKUPAN BEASISWA:

  1. Tanggungan biaya perkuliahan (tuition fees)
  2. Tunjangan biaya hidup per bulan untuk akomodasi dan biaya hidup sehari-hari
  3. Biaya perjalanan (tiket pesawat) Pulang Pergi Indonesia – Inggris
  4. Tunjangan kedatangan
  5. Tunjangan saat kepulangan
  6. Biaya visa
  7. Biaya perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris

Baca Juga

PERSYARATAN BEASISWA CHEVENING:

  1. Merupakan warganegara dari negara yang ditentukan (termasuk Indonesia).
  2. Bersedia kembali ke negara asal minimal dua tahun setelah masa beasiswa berakhir.
  3. Memiliki gelar Sarjana sebagai persyaratan masuk ke program Pascasarjana di universitas Inggris dengan predikat upper second class 2:1 honours (di Indonesia setara dengan IPK 3.33 – 3.67).
  4. Memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun (setara dengan 2800 jam).
  5. Mendaftar pada tiga program studi yang berbeda pada universitas di Inggris dan telah mendapatkan tawaran masuk tanpa syarat (unconditional offer) dari salah satu pilihan tersebut paling lambat tanggal 11 Juli 2024.
  6. Memenuhi persyaratan bahasa dan persyaratan akademik dari program studi yang dituju.
  7. Pelamar yang sebelumnya telah menyelesaikan studi di Inggris dengan dibiayai oleh Pemerintah Inggris tidak dapat mengikuti beasiswa ini.
  8. Bagi yang telah mendapatkan gelar Master sebelumnya juga bisa mendaftar program beasiswa ini untuk meraih gelar Master kedua, asalkan bisa menjelaskan mengapa hal tersebut dapat membantu anda mewujudkan rencana karir untuk memberikan perubahan positif di negara asal.

Baca Juga: Cara Mendapatkan LoA

CARA MENDAFTAR BEASISWA CHEVENING:

  1. Sebelum memulai pendaftaran Beasiswa Chevening, pilih terlebih dulu 3 (tiga) program studi yang anda tuju dengan hati-hati. Peserta tidak dapat mengubah pilihan program studi setelah mengajukan pendaftaran beasiswa kecuali diberikan ijin untuk melakukannya pada tahap wawancara. Peserta harus mendaftar langsung pada program studi yang dituju ke pihak universitas. Sebaiknya, secepatnya lakukan pendaftaran pada program studi yang dituju, untuk memastikan bahwa anda mendapatkan tempat. Salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa adalah anda harus mendapatkan unconditional offer pada salah satu pilihan program studi paling lambat tanggal 11 Juli 2024.
  2. Untuk mendaftar Beasiswa Chevening 2024/2025, peserta dapat melakukan pendaftaran secara online pada link berikut: https://www.chevening.org/scholarship/indonesia/. Klik tulisan Apply Today.
  3. Pada halaman selanjutnya klik tulisan Register Here. Masukkan data-data yang diminta. Kemudian lakukan login menggunakan email yang telah didaftarkan.
  4. Pada saat mengisi formulir pendaftaran, sebaiknya gunakan browser Google Chrome dan direkomendasikan menggunakan laptop / PC.
  5. Data-data yang dimasukkan beserta dokumen yang dilampirkan wajib menggunakan bahasa Inggris.
  6. Pastikan data-data yang anda masukkan sudah benar, kemudian klik tombol Submit untuk menyelesaikan pendaftaran.
  7. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Chevening sampai dengan 7 NOVEMBER 2023.

TIMELINE PENDAFTARAN BEASISWA CHEVENING:

  1. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Chevening: 7 November 2023
  2. Proses seleksi berkas pendaftaran: Pertengahan November s/d Desember 2023
  3. Pengumuman peserta yang terpilih untuk wawancara: Awal s/d pertengahan Februari 2024
  4. Batas waktu pengiriman 2 (dua) surat rekomendasi dan dokumen pendidikan: Februari 2024
  5. Seleksi wawancara: 26 Februari s/d 26 April 2024
  6. Pengumuman hasil seleksi wawancara: Awal Juni 2024
  7. Batas waktu pengiriman minimal 1 (satu) unconditional offer dari universitas yang ada di Inggris: 11 Juli 2024
  8. Awal masa studi di Inggris: September/Oktober 2024

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Chevening 2024/2025 bisa dibuka pada website resmi: www.chevening.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.