INDBeasiswa.com – Apakah kamu suka menulis dan ingin membagikan ide-idemu? Apakah kamu sedang mencari peluang untuk meningkatkan kemampuan menulis? Ayo ikuti Kompetisi Essay “2nd ASEAN Youth Social Journalism Contest 2021” yang saat ini sedang dibuka untuk para pemuda ASEAN. Dapatkan kesempatan untuk memenangkan hadiah uang tunai hingga USD 1.000. Berikut informasi selengkapnya.

Kompetisi Essay Anak Muda ASEAN Tahun 2021

Kompetisi ini didukung oleh ASEAN Senior Officials Meeting on Youth (SOMY) bersama dengan ASEAN Secretariat, Kedutaan Besar Irlandia, ASEAN-USAID PROSPECT, proyek kolaborasi antara U.S. Agency for International Development (USAID) dan U.S. State Department.

TEMA ESSAY DAN IDE CAMPAIGN:
“#ASEANYouth and COVID-19 ─ Response, Recovery, and Resilience”.

Para peserta diwajibkan membentuk sebuah tim yang terdiri dari 2 (dua) anggota dan membuat essay serta ide campaign mengenai tema yang disebutkan di atas. Nantinya akan dipilih 20 pemuda dari 10 negara anggota ASEAN untuk berpartisipasi dalam virtual workshop yang bertujuan untuk mengembangkan dan melaksanakan kegiatan kesadaran sosial di negara masing-masing. Peserta juga akan mendapatkan tunjangan senilai USD 200 untuk mendukung pelaksanaan campaign mereka. Tiga tim pemenang teratas akan mendapatkan uang tunai sebesar USD 1.000 untuk juara pertama, USD 750 untuk juara kedua, dan USD 500 untuk juara ketiga.

Baca Juga

PERSYARATAN KOMPETISI ESSAY 2ND ASEAN YOUTH SOCIAL JOURNALISM 2021:

  1. Merupakan social journalist yang berasal dan tinggal di negara ASEAN (Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Viet Nam). Catatan: Jurnalis profesional yang merupakan karyawan tetap pada suatu media tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi ini.
  2. Pemuda ASEAN yang tertarik mendaftar dapat membentuk sebuah tim yang terdiri dari 2 orang dari negara yang sama. Usia peserta antara 18 s/d 30 tahun per tanggal 26 April 2021.
  3. Para finalis yang terpilih harus mampu berkomunikasi bahasa Inggris secara lancar (lisan maupun tulisan).
  4. Para finalis yang terpilih harus mempunyai akun Facebook dan Gmail yang aktid untuk memudahkan komunikasi dengan pelatih dan peserta lainnya.

CARA MENDAFTAR KOMPETISI ESSAY 2ND ASEAN YOUTH SOCIAL JOURNALISM 2021:

  1. Membuat essay (panjang maksimum 500 kata) dan ringkasannya yang sudah termasuk ide campaign (maksimum 300 kata) pada tema “#ASEANYouth and COVID-19 ─ Response, Recovery, and Resilience”, penjelasan tema, mengapa hal tersebut penting bagi pemuda di ASEAN, bagaimana relevansinya dengan kehidupan anda. Ringkasan yang dibuat harus menjawab pertanyaan berikut:
    – What is the problem you are trying to solve with your campaign?
    – What evidence do you have that there is a problem?
    – What is your target audience?
    – What qualifies you to be listened to by the target audience?
    – How will your campaign contribute to solving the problem?
    – What will be the expected tangible results of the campaign?
  2. Pada Formulir Pendaftaran, tuliskan referensi pendukung untuk publikasi atau sumber pendukung informasi yang sudah dituliskan dalam essay. Referensi tersebut bisa dalam format apapun, seperti teks, foto, infografik serta audio/video.
  3. Lengkapi Formulir Pendaftaran pada link berikut: bit.ly/AYSJ2021. Upload seluruh berkas dokumen yang diminta.
  4. Batas waktu pendaftaran Kompetisi Essay 2nd ASEAN Youth Social Journalism 2021 sampai dengan 14 FEBRUARI 2021 pukul 23:59 WIB.
  5. Beberapa kriteria seleksi meliputi kejelasan gagasan yang diungkapkan, orisinalitas, kreativitas, serta potensi dampak bagi pembaca.
  6. Selanjutnya akan dipilih 10 tim yang terdiri dari 20 finalis (dipilih dua dari masing-masing negara anggota ASEAN) yang akan mengikuti virtual social journalism workshop pada bulan April 2021.
  7. Setelah pelaksanaan workshop, masing-masing tim akan mendapatkan tunjangan dan diminta untuk melaksanakan kegiatan yang diusulkan untuk menarik keterlibatan masyarakat. Masing-masing tim akan diminta untuk mengirimkan konten (misalnya: artikel berita, foto, video, dll) dalam bahasa Inggris yang akan dievaluasi dan dipublikasikan pada Grup Facebook ASEAN Social Journalism.
  8. Kegiatan dan materi konten akan dievaluasi berdasarkan beberapa indikator seperti jumlah konten yang dipublikasikan, keragaman format konten, frekuensi publikasi konten, serta keterlibatan pembaca.
  9. Setelah evaluasi dilaksanakan, tiga tim teratas akan diumumkan dan mendapatkan hadiah uang tunai sebagai bentuk dukungan keberlanjutan kegiatan.

Baca Juga: Daftar Beasiswa 2021 – 2022

TIMELINE KOMPETISI ESSAY 2ND ASEAN YOUTH SOCIAL JOURNALISM 2021:

  1. Batas waktu pendaftaran: 14 FEBRUARI 2021
  2. Review essay dan formulir pendaftaran oleh juri panel serta pemilihan finalis tiap negara: 15 Februari s/d 15 Maret 2021
  3. Pemberitahuan, proses wawancara, dan verifikasi para social journalists yang terpilih: 16 s/d 25 Maret 2021
  4. Seleksi satu tim teratas tiap negara: 26 Maret s/d 9 April 2021
  5. Pengumuman Top 20 social journalists yang terpilih: 12 s/d 16 April 2021
  6. Pelaksanaan virtual social journalism workshop: akhir April 2021
  7. Pelaksanaan proposal campaign oleh 20 finalis: Mei s/d Juni 2021
  8. Pengumuman tiga tim pemenang teratas dan pemberian hadiah: Agustus 2021

Apabila ada pertanyaan mengenai Kompetisi Essay 2nd ASEAN Youth Social Journalism 2021, dapat menghubungi kontak berikut:
Email: secretariat@aseanfoundation.org
Sumber Informasi Resmi: https://www.aseanfoundation.org/2nd_asean_youth_social_journalism_contest_2021

Silakan dibagikan pada teman-teman yang membutuhkan. Semoga bermanfaat!