INDBeasiswa.com – Jardine Scholarship Awards 2024 atau Beasiswa Jardine kembali ditawarkan bagi pelamar internasional dari negara terpilih (termasuk dari Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1 di University of Cambridge dan University of Oxford. Beasiswa S1 ini bersifat Full Scholarship, artinya telah meliputi seluruh biaya yang dibutuhkan. Berikut informasi selengkapnya.

Beasiswa Jardine 2024 untuk Kuliah S1 di Inggris (FULL Scholarship)

Jardine Foundation merupakan lembaga pemberi beasiswa yang dibentuk tahun 1982 oleh perusahaan perdagangan terkemuka di China, Jardine Matheson Group. Hingga kini terdapat 433 pelajar telah mendapatkan beasiswa Jardine. Para penerima beasiswa berasal dari negara-negara tempat Jardine Matheson Group beroperasi, termasuk Kamboja, China, Hong Kong, Indonesia, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Taiwan, Thailand, dan Vietnam.

CAKUPAN BEASISWA JARDINE:

  1. Biaya penuh perkuliahan (university tuition fees dan college fees).
  2. Biaya buku-buku dan perlengkapan.
  3. Tunjangan tahunan, sudah mencakup biaya tempat tinggal, makanan, dan biaya insidentil lainnya.
  4. Biaya UK Immigration Health Surcharge (dibutuhkan saat pengajuan visa).
  5. Tiket pesawat PP kelas ekonomi Indonesia – UK pada awal dan akhir masa beasiswa (reimbursed).
  6. Kesempatan networking
  7. Summer Internship Program

PROFIL & PILIHAN JURUSAN DI UNIVERSITY OF CAMBRIDGE:

University of Cambridge adalah salah satu universitas tertua dan ternama di dunia. Dalam Beasiswa Jardine, pilihan college yang tersedia adalah Downing College, Magdalene College, Peterhouse, dan Trinity College. Untuk melihat lebih detail jurusan dan program studi yang ditawarkan pada University of Cambridge bisa melihat link berikut: https://www.undergraduate.study.cam.ac.uk/courses.

PROFIL & PILIHAN JURUSAN UNIVERSITY OF OXFORD:

University of Oxford juga merupakan salah satu universitas ternama di dunia. Dalam beasiswa Jardine, pilihan college yang tersedia adalah Exeter College, Oriel College, The Queen’s College, Trinity College. Untuk melihat lebih detail jurusan dan program studi yang ditawarkan pada University of Oxford bisa melihat link berikut: https://www.ox.ac.uk/admissions/undergraduate/colleges.

Kriteria penilaian seleksi peserta meliputi kualitas dan karakter personal dalam menunjukkan kemampuan kepemimpinan; keterlibatan dalam masyarakat dan kegiatan lainnya; serta poin lain seperti mampu menjadi warga negara yang berprestasi dan berkomitmen tinggi terhadap pelaksanaan tugas publik dan/atau keterlibatan dalam masyarakat.

Baca Juga

PERSYARATAN:

  1. Pelajar kelas 12 atau lulusan SMA/SMK/Sederajat. Pastikan telah mendapatkan Sertifikat Ujian A-Level atau Sertifikat International Baccalaureate (IB).
  2. Merupakan warganegara dari salah satu negara tempat beroperasinya Jardine Matheson Group (termasuk Indonesia).
  3. Sehat jasmani dan rohani.
  4. Beasiswa ini tidak dapat digunakan untuk melanjutkan studi di jenjang yang sama (misalnya sudah lulus kuliah S1 di Indonesia, tidak dapat melamar program S1 lagi melalui beasiswa ini).
  5. Bagi peserta yang telah mendapatkan beasiswa penuh dari pihak lainnya untuk kuliah di luar negeri juga tidak dapat mendaftar beasiswa ini.
  6. Memenuhi persyaratan akademik untuk mendaftar pada salah satu College pilihan Beasiswa Jardine, termasuk: Exeter, Oriel, The Queen’s dan Trinity pada University of Oxford, serta Downing, Magdalene, Peterhouse dan Trinity pada University of Cambridge.
  7. Persyaratan minimum kemampuan bahasa Inggris:
    – Cambridge University : IELTS 7.5 / TOEFL IBT 110
    – Oxford University: IELTS 7.0 / TOEFL IBT 100 / CAE 185 / CPE 185.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:

  1. 1 (Satu) pernyataan pribadi (personal statement) yang menjelaskan tujuan, aspirasi, dan rencana peserta setelah lulus kuliah dan kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti (termasuk olahraga serta keterlibatan dalam masyarakat).
  2. 1 (Satu) foto ukuran paspor terbaru (ukuran 4×6, latar belakang putih).
  3. Salinan formulir pendaftaran UCAS yang telah dilengkapi.
    Khusus untuk mendaftar kuliah S1 di Inggris, peserta harus mendaftarkan diri melalui UCAS (Universities and Colleges Admissions Services), kalau di Indonesia semacam SNMPTN. Silakan baca langkah-langkah pendaftaran UCAS pada link berikut: Cara Mendaftar UCAS. Pastikan juga setelah mendaftar UCAS, peserta memperhatikan persyaratan pendaftaran dari college serta program studi yang dipilih.
  4. Salinan Ijazah yang setara dengan SMA di UK, yaitu A-level atau International Baccalaureate (IB).
  5. Surat referensi yang ditandatangani oleh kepala sekolah berisi:
    • Hasil akademis yang telah atau akan dicapai (nilai rapor) oleh peserta
    • Keterangan/pernyataan yang akan membantu panitia beasiswa dalam proses penilaian peserta
    • Informasi relevan lainnya untuk mendukung pendaftaran peserta
      Apabila surat referensi diajukan langsung dari pihak sekolah, email akan dikirimkan ke pihak sekolah dan meminta beliau untuk menulis surat referensi. Selain itu, apabila peserta belum lulus, pihak sekolah juga dapat menyertakan prediksi nilai. Peserta diharuskan mengisi nama dan rincian kontak kepala sekolah pada formulir online yang tersedia.
  6. Curriculum Vitae dan sertifikat pendukung.

NOTE:

Seluruh berkas dokumen di atas harus menggunakan bahasa Inggris. Apabila terdapat dokumen yang masih menggunakan bahasa Indonesia (misal ijazah dalam bahasa Indonesia), maka terjemahkan terlebih dulu ke bahasa Inggris dengan menggunakan jasa penerjemah tersumpah.

Baca Juga: Cara Mendaftar Beasiswa

CARA MENDAFTAR:

  1. Sebelum mendaftar Beasiswa Jardine, pastikan sudah mendaftar UCAS seperti yang telah dijelaskan di atas.
  2. Selanjutnya peserta dapat mengisi Formulir Pendaftaran Jardine Scholarship Award secara online pada link berikut: https://applyjf2024.jardinesrecruit.com/.
  3. Batas waktu pendaftaran Beasiswa Jardine 2024 sampai dengan 20 OKTOBER 2023.
  4. Peserta yang lolos seleksi awal akan diumumkan pada bulan November 2023.
  5. Wawancara pertama akan dilaksanakan sekitar Desember 2023.
  6. Proses wawancara akhir akan dilaksanakan pada Februari 2023. Peserta yang tidak diundang untuk mengikuti wawancara sebelum waktu tersebut artinya tidak lolos seleksi beasiswa.

Informasi Jardine Scholarship Award di atas merupakan rangkuman. Untuk informasi lebih detail mengenai Beasiswa Jardine untuk Kuliah S1 di Inggris dapat anda buka pada website resminya: www.jardine-foundation.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.