INDBeasiswa.com – Apabila anda ingin melanjutkan kuliah di luar negeri tetapi masih dalam kawasan Asia, mungkin dapat mempertimbangkan tawaran Beasiswa Taiwan berikut ini. Skema Taiwan Scholarship Program ditawarkan oleh Pemerintah Taiwan melalui Kementerian Pendidikan (MOE) setiap tahunnya kepada pelamar internasional (termasuk dari Indonesia). Beasiswa tersebut dapat digunakan untuk pelamar yang ingin melanjutkan kuliah S1, S2, atau S3 pada perguruan tinggi yang ada di Taiwan.

Beasiswa Taiwan 2024 oleh Pemerintah Taiwan (MOE)

Berbagai program studi ditawarkan dalam beasiswa ini, seperti Administrasi Bisnis, Biologi, Desain Industri Kreatif, Ekonomi, Energi, Informatika, Kesehatan, Lingkungan, Manajemen, Pariwisata, Pertanian, Sosial, Telekomunikasi, Teknik, dan sebagainya. Dalam beasiswa ini, pelamar harus melakukan pendaftaran sebagai mahasiswa terlebih dulu ke universitas yang dituju di Taiwan. Berikut Daftar Program Studi Perkuliahan serta Daftar Universitas di Taiwan.

  • Lihat Daftar Program Studi Perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris (DOWNLOAD)
  • Lihat Daftar Universitas yang menyediakan potongan biaya kuliah dan biaya lainnya untuk penerima Beasiswa MOE Taiwan (DOWNLOAD)

Apa Saja yang Ditanggung dalam Beasiswa MOE Taiwan?

  1. Tunjangan biaya hidup senilai NT$ 15.000 (±Rp 7,4juta) per bulan untuk pelamar beasiswa S1 dan senilai NT$ 20.000 (±Rp 9,9juta) per bulan untuk pelamar beasiswa S2 dan S3.
  2. Kementerian Pendidikan Taiwan akan memberikan subsidi biaya kuliah dan biaya akademik lainnya maksimal sebesar NT$ 40.000 per semester untuk masing-masing mahasiswa. Apabila biaya yang dibutuhkan melebihi NT$ 40.000, maka kelebihan biaya ditanggung sendiri oleh penerima beasiswa.

Untuk biaya administrasi, biaya pembimbing skripsi/tesis/disertasi, premi asuransi, biaya akomodasi, biaya internet, dan biaya lainnya tidak ditanggung dalam beasiswa ini. Oleh karena itu pelamar dapat mencari sumber pendanaan lain atau mendanai secara mandiri untuk keperluan tersebut.

Durasi Beasiswa Taiwan 2024 yang diberikan maksimal 4 tahun untuk program S1, 2 tahun untuk program S2, dan 4 tahun untuk program S3. Total durasi penerimaan beasiswa tidak boleh lebih dari 5 tahun.

Baca Juga

Persyaratan Beasiswa MOE Taiwan Scholarship 2024

  1. Merupakan pelamar internasional (termasuk Indonesia.
  2. Untuk mendaftar program S1, pelamar telah menyelesaikan SMA/Sederajat, dan untuk program pascasarjana, pelamar telah menyelesaikan jenjang studi S1 atau S2.
  3. Memiliki catatan akademis yang bagus.
  4. Memiliki karakter moral yang baik.
  5. Pendaftar beasiswa WAJIB untuk melakukan pendaftaran secara mandiri terlebih dahulu ke universitas yang dituju di Taiwan.
  6. Pelamar tidak diperkenankan mendaftar apabila:
    a. Mempunyai status Overseas Chinese Student atau warga negara Taiwan.
    b. Sudah terdaftar atau sedang belajar di universitas di Taiwan atau sudah diterima di tahun sebelumnya, kecuali jika ingin mendaftar untuk jenjang pendidikan berikutnya.
    c. Pernah belajar di Taiwan pada tingkatan/jenjang yang sama.
    d. Sewaktu belajar di Taiwan, pelamar merupakan mahasiswa yang mengikuti pertukaran pelajar atau double degree program yang merupakan program kerja sama antar universitas.
    e. Pernah mendapatkan beasiswa dari pemerintah Taiwan total lebih dari 5 tahun.
    f. Pernah membatalkan/dibatalkan dalam program MoE Taiwan Scholarship atau pernah membatalkan/dibatalkan dalam program beasiswa HES (Huayu Enrichment Scholarship).
    g. Saat belajar di Taiwan di periode yang sama, peserta mendapatkan beasiswa lainnya dari pemerintah Taiwan atau beasiswa dari universitas; tidak termasuk jika universitas Taiwan (yang bekerja sama dengan program beasiswa ini) memberikan diskon biaya kuliah saat nominal biaya kuliah melebihi subsidi yang disediakan oleh program beasiswa ini. Silakan merujuk pada “Daftar Universitas yang menyediakan potongan biaya kuliah dan biaya lainnya untuk penerima Beasiswa MOE Taiwan” di atas, untuk mengetahui universitas Taiwan mana saja yang menyediakan diskon biaya kuliah untuk penerima Beasiswa Taiwan 2024.

Berkas Dokumen yang Dibutuhkan

  1. Formulir Pendaftaran Beasiswa Taiwan (DOWNLOAD).
  2. Fotocopy paspor dan Kartu Keluarga.
  3. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang sudah terbit. Jika ijazah dan transkip nilai bukan dalam bahasa Mandarin atau Inggris (misalnya masih dalam bahasa Indonesia), maka harus diterjemahkan dulu ke dalam bahasa Mandarin atau Inggris dan harus dilegalisir sampai tahap TETO. Lihat Prosedur Legalisir (DOWNLOAD). Apabila Anda merupakan lulusan dari luar negeri, maka ijazah dan transkrip perlu dilegalisir di kantor TETO di negara tersebut.
  4. Fotocopy atau scan bukti pendaftaran universitas yang menunjukkan bahwa peserta telah mendaftar ke universitas di Taiwan untuk semester Fall tahun 2024. (Contoh: fotokopi bukti transfer uang pendaftaran, formulir yang digunakan saat pendaftaran universitas, fotokopi bukti tanda terima formulir pendaftaran, email, dll).
  5. 2 (Dua) Surat Rekomendasi yang sudah ditandatangani langsung oleh pemberi rekomendasi dan tersegel rapat dalam amplop (Contoh pemberi rekomendasi dari Kepala Sekolah, Rektor, Dekan, Profesor atau atasan di tempat bekerja). Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotocopy tidak berlaku.
  6. Fotocopy sertifikat kemampuan bahasa:
    a. Untuk program studi yang TIDAK menggunakan pengantar bahasa Inggris:
    Fotocopy sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) dengan tingkatan hasil ujian minimal tingkat menengah (B1). Tidak menerima sertifikat bahasa Mandarin lain selain TOCFL. Jadwal ujian TOCFL Indonesia tahun 2024 bisa dilihat di: https://studiditaiwan.blogspot.com/2024/01/2024-tocfl-in-indonesia.html.
    b. Untuk program studi yang menggunakan pengantar bahasa Inggris:
    Fotocopy sertifikat resmi TOEFL atau sertifikat Bahasa Inggris lain yang diakui oleh internasional. Silakan lihat Daftar Program Studi Perkuliahan dengan bahasa pengantar bahasa Inggris pada informasi di atas.

Catatan:

  • Apabila peserta mendaftar program studi berbahasa Inggris yang tidak ada dalam daftar di atas, maka peserta perlu melampirkan surat keterangan yang dikeluarkan oleh pihak universitas dengan cap tingkat universitas (bukan kantor jurusan), yang menyatakan bahwa program studi tersebut menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar (degree program is fully taught in English). Jika surat keterangan yang dikeluarkan oleh universitas menyatakan bahwa program studi menyediakan jumlah kelas berbahasa Inggris yang cukup untuk syarat kelulusan (degree program provides sufficient English-taught courses to meet graduation requirement) maka pendaftaran Anda tidak akan diterima.
  • Pastikan semua dokumen menggunakan ukuran kertas A4.

Baca Juga

Bagaimana Cara Mendaftar Beasiswa Taiwan MOE 2024?

  1. Sebelum mendaftar Beasiswa Taiwan MOE 2024, pastikan telah mendaftarkan diri pada universitas dan program studi di universitas yang ada di Taiwan. Caranya dengan melihat pada website resmi masing-masing universitas dan mengikuti tata cara pendaftaran untuk menjadi mahasiswa (Admission). Mendaftar Beasiswa Taiwan MOE 2024 bukan berarti pendaftaran universitas akan didaftarkan/dibantu oleh TETO.
  2. Selanjutnya peserta mengisi Formulir Online pada link berikut: https://forms.gle/ppbhLHt3J9TacLAN7. Jika hanya mengirimkan dokumen persyaratan ke TETO tanpa mengisi formulir online, maka pendaftaran beasiswa tidak diterima oleh pihak TETO atau dinyatakan gagal.
  3. Lengkapi berkas dokumen yang disebutkan di atas, dan kirimkan kepada Kantor TETO dengan alamat:
    Kantor Taipei Economic and Trade Office
    Gedung Artha Graha Lt. 17,
    Jl. Jend Sudirman kav 52-53, Jakarta Selatan
    12190

    (dituliskan di amplop depan: “Pendaftaran MoE Taiwan Scholarship”)
    Pihak Kantor TETO tidak menerima konfirmasi penerimaan dokumen, silakan cek status pengiriman secara mandiri ke masing-masing jasa pengiriman. Selain itu, pihak Kantor TETO juga tidak menerima pengiriman dokumen via jasa pengiriman online seperti contohnya Gojek atau Grab.
  4. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 31 MARET 2024.
  5. Pihak TETO akan mengirimkan pengumuman beasiswa kepada masing-masing penerima beasiswa via email sebelum tanggal 10 Juni 2024. TETO tidak akan menghubungi satu per satu peserta yang tidak lolos program Beasiswa Taiwan.
  6. Selain informasi Beasiswa Taiwan di atas, ada juga program beasiswa lainnya yang saat ini sedang dibuka. Silakan cek pada link berikut: Daftar Beasiswa 2024 – 2025 yang sedang dibuka.

Apabila ada yang ingin ditanyakan mengenai program Beasiswa Taiwan MOE 2024, dapat menghubungi kontak berikut:
Email: edutwindonesia@gmail.com
Sumber Informasi Resmi: Instagram @tetotec_indonesia

Silakan dibagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan informasi ini. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.