Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Ikuti lomba menulis artikel dan menangkan kesempatan untuk mendapatkan beasiswa pelatihan jurnalistik pemuda/i Indonesia (fully funded) atau bahkan kesempatan mendapatkan beasiswa untuk menghadiri United Nations Biodiversity Summit di Mesir! Bagaimana caranya? Berikut informasi selengkapnya.

Climate Tracker merupakan pergerakan global yang diinisasi oleh jurnalis muda lingkungan dan telah melibatkan lebih dari 7000 jurnalis di 156 Negara di dunia. Setelah dilangsungkan di Bandung tahun 2017 lalu, Climate Tracker kembali membuka kesempatan bagi jurnalis dan penulis muda Indonesia untuk mengikuti pelatihan jurnalistik lingkungan melalui Beasiswa Pelatihan Jurnalistik : Deforestasi dan Keanekaragaman Hayati 2018.

Beasiswa Pelatihan Jurnalistik Pemuda/i Indonesia dari Climate Tracker (Fully Funded)

Beasiswa Pelatihan Jurnalistik untuk Pemuda/i Indonesia (Fully Funded)
Beasiswa Pelatihan Jurnalistik untuk Pemuda/i Indonesia (Fully Funded)

Sebanyak 10 kandidat terpilih akan dibiayai secara penuh (fully funded) untuk mengikuti pelatihan di Medan, Sumatera Utara (peserta yang dipilih bisa lebih dari 10 orang, namun beasiswa penuh akan diberikan kepada 10 peserta).

Beasiswa Pelatihan Jurnalistik Pemuda/i Indonesia dari Climate Tracker meliputi: online mentoring, gratis biaya perjalanan serta akomodasi untuk mengikuti pelatihan di Medan.

Program pelatihan jurnalistik intensif akan diadakan selama 3 hari dan berlangsung dari tanggal 29 Juni s/d 1 Juli 2018. Melalui pelatihan ini, peserta diharapkan dapat mengembangkan kemampuan praktis dan editorial serta belajar langsung dari ahli jurnalistik dan lingkungan.

Setelah pelatihan selesai, 2 peserta terbaik akan berkesempatan mendapatkan beasiswa untuk mengikuti konferensi global keanekaragaman hayati (United Nations Biodiversity Summit) di Mesir pada bulan November 2018.

Baca Juga: Fellowship Program Bidang Jurnalistik di Turki (Fully Funded)

PERSYARATAN:
1. Pemuda/i Indonesia, diutamakan berusia 18-30 tahun (pendaftar di luar rentang usia ini tetap dapat mendaftar).

2. Merupakan jurnalis, penulis muda, atau siapapun yang memiliki minat mendalam untuk menulis mengenai lingkungan.

3. Mempublikasikan artikel dengan tema “Deforestasi dan Keanekaragaman Hayati di Indonesia”. Artikel yang diserahkan dapat berbentuk tulisan, foto, video, maupun bentuk multimedia lainnya. Terbitkan artikel tersebut di media lokal atau nasional, bisa berupa surat kabar, majalah, portal berita online, dsb. Setelah artikel dipublish, masukkan tautan publikasi tulisan (link artikel) pada website Climate Tracker.

CARA MENDAFTAR:
Untuk mendaftar Beasiswa Pelatihan Jurnalistik Pemuda/i Indonesia, peserta dapat melakukan pendaftaran secara online pada link berikut: https://act.climatetracker.org/‬ (disarankan menggunakan laptop/notebook).

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 15 Mei 2018. Climate Tracker akan meninjau artikel yang peserta daftarkan melalui aplikasi, dan memberikan umpan balik, tips, serta memilih artikel terbaik.

Climate Tracker juga akan menyediakan webinar dan membagikan informasi/toolkit untuk membantu peserta dalam kompetisi ini. Apabila ada hal yang ingin ditanyakan, dapat menghubungi email: climatetrackerindonesia@gmail.com atau mengunjungi Website Resmi: climatetracker.org. Semoga bermanfaat.