Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI bekerjasama dengan Fakultas Film dan Televisi – Institut Kesenian Jakarta menawarkan Beasiswa Unggulan Bidang Perfilman bagi Lulusan SMA/SMK/Sederajat tahun kelulusan 2016, 2017, dan 2018. Para penerima beasiswa nantinya akan mendapatkan beasiswa kuliah S1 di Fakultas Film dan Televisi Institut Kesenian Jakarta (FFTV-IKJ). Kuota yang disediakan sebanyak 30 beasiswa. Diharapkan dengan adanya Beasiswa S1 Perfilman ini dapat menyiapkan SDM dan meningkatkan kompetensi bidang perfilman berdasarkan produk unggulan pendidikan dan kebudayaan.

Beasiswa S1 Perfilman di Institut Kesenian Jakarta untuk Lulusan SMA Sederajat

Perlu diketahui, seluruh proses pendaftaran dan seleksi administrasi tidak dipungut biaya. Namun untuk biaya akomodasi dan transportasi pada saat mengikuti seleksi ujian tertulis dan wawancara ditanggung oleh masing-masing calon mahasiswa.

Beasiswa S1 Perfilman di Institut Kesenian Jakarta untuk Lulusan SMA Sederajat
Beasiswa S1 Perfilman di Institut Kesenian Jakarta untuk Lulusan SMA Sederajat

Baca Juga: Daftar Beasiswa Kuliah S1 Tahun 2018 – 2019 untuk Lulusan SMA/SMK/Sederajat

PERSYARATAN:
1. Merupakan lulusan SMA/SMK/MA/MAK Tahun 2016, 2017, dan 2018.

2. Berusia maksimal 22 tahun pada saat mendaftar.

3. Tidak sedang mendapatkan beasiswa atau berada dalam status ikatan dinas dengan lembaga atau instansi lain.

PERSYARATAN DOKUMEN:
1. Ijazah / Surat Keterangan Lulus dari sekolah. Bagi siswa yang masih duduk di kelas 12 dapat menyerahkan Surat Keterangan dari sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan merupakan siswa di sekolah tersebut.

2. Sertifikat / penghargaan / prestasi dibidang film minimal tingkat Kabupaten/Kota.

3. Pasfoto ukuran 3×4 dan 2×3 berwarna masing-masing 2 lembar.

4. Fotocopy Kartu Keluarga.

5. Fotocopy Akte Kelahiran.

6. Transkrip nilai terakhir.

7. Nilai Ujian Akhir Nasional.

8. Memiliki bukti karya di bidang film.

9. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

10. Surat Keterangan Sehat.

11. Surat Keterangan Bebas Narkoba dari RSUD atau minimal Rumah Sakit Tipe C.

12. Menulis esai pada kertas A4 dengan panjang minimal 3-5 lembar. Tema: “Aku Generasi Unggul Kebanggaan Bangsa Indonesia”.

Note:
1. Untuk persyaratan dokumen nomer 1-5 wajib diupload di website Penerimaan Mahasiswa Baru FFTV-IKJ (pmb.ikj.ac.id).
2. Seluruh berkas persyaratan wajib dibawa pada saat pelaksanaan ujian.

CARA MENDAFTAR:
Pendaftaran Beasiswa S1 Perfilman di Institut Kesenian Jakarta dibuka pada tanggal 1 Mei 2018 s/d 30 Juni 2018. Pelamar dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: pmb.ikj.ac.id dan buonline.beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/kolektif.

Proses seleksi dilaksanakan dalam dua tahap, seleksi administrasi dilaksanakan pada 1 Mei s/d 7 Juli 2018 dilanjutkan pengumuman peserta yang lolos seleksi pada tanggal 21 Juli 2018. Seleksi tertulis dan wawancara akan dilakansakan pada 28 Juli 2018 dilanjutkan pengumuman hasil seleksi pada 6 Agustus 2018.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa S1 Perfilman di Institut Kesenian Jakarta dapat dilihat pada Juknis Beasiswa Unggulan atau mengunjungi laman resmi PMB IKJ: pmb.ikj.ac.id. Semoga bermanfaat.