Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Bagi kamu lulusan SMA/Madrasah/Ponpes/sederajat yang sedang mencari beasiswa timur tengah, berikut ini ada informasi yang bisa kamu pertimbangkan. Sebagai tindak lanjut dari MoU (Memorandum of Understanding) antara pemerintah RI (Kementerian Agama RI) bersama dengan pemerintah Arab Mesir (Al-Azhar Al-Syarif), pemerintah Republik Sudan, pemerintah Kerajaan Maroko, dan pemerintah Kerajaan Lebanon dalam bidang pendidikan, maka saat ini Kementerian Agama RI mengadakan Seleksi Beasiswa dan Non Beasiswa Program S1 Timur Tengah Tahun 2018 – 2019. Berikut persyaratan dan ketentuan seleksi Beasiswa dan Non Beasiswa S1 Mesir, Maroko, Sudan dan Lebanon yang perlu diperhatikan.

Seleksi Beasiswa S1 Mesir, Maroko, Sudan dan Lebanon untuk Lulusan SMA Sederajat

Materi seleksi yaitu kemampuan akademik, hafalan/bacaan Al-Quran dan pemahaman bahasa Arab.

Baca Juga: Beasiswa S1 Pemerintah Turki 2018 – 2019 (Full Scholarship)

PERSYARATAN:
1. Melakukan pendaftaran secara online pada website: http://diktis.kemenag.go.id dan mengunduh bukti pendaftaran online (kartu peserta).

2. Pasfoto berwarna ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar.

3. Melampirkan legalisir ijazah SMA/Madrasah Aliyah/Ponpes/Muadalah/Kejar Paket C atau sederajat dari lembaga setempat dengan ketentuan:
a. Usia ijazah tidak lebih dari 3 (tiga) tahun, dan khusus bagi pendaftar ke Maroko usia ijazah tidak lebih dari 1 (satu) tahun.
b. Bagi yang belum mempunyai ijazah, harus melampirkan surat keterangan lulus dari sekolah asal.

4. Semua persyaratan (dalam bentuk hard copy) harus diserahkan langsung ke lokasi pendaftaran sebelum pelaksanaan seleksi paling lambat tanggal 11 Mei 2018.

5. Peserta harus mengikuti seleksi sesuai dengan lokasi pilihan pendaftaran yang dipilih.

WAKTU PENDAFTARAN:
Pendaftaran online dapat dilakukan melalui website http://diktis.kemenag.go.id dari tanggal 1 Mei s/d 10 Mei 2018.

WAKTU PELAKSANAAN SELEKSI:
Ujian seleksi akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Mei 2018 dari jam 08.00 WIB s/d selesai. Silakan pilih lokasi pelaksanaan seleksi pada tabel di bawah ini.

MATERI UJIAN SELEKSI:
1. Ujian Tulis (menggunakan Bahasa Arab) meliputi: Bahasa Arab (memahami teks, tata bahasa dan Insya’) dan Pengetahuan Agama Islam.
2. Ujian Lisan (menggunakan Bahasa Arab) meliputi: Bahasa Arab (percakapan, terjemah dan pemahaman teks) dan hafalan/bacaan Al-Qur’an minimal 2 juz.

TEMPAT PELAKSANAAN SELEKSI:

Tempat Pelaksanaan Seleksi Beasiswa S1 Mesir, Maroko, Sudan dan Lebanon untuk Lulusan SMA Sederajat
Tempat Pelaksanaan Seleksi Beasiswa S1 Mesir, Maroko, Sudan dan Lebanon untuk Lulusan SMA Sederajat

HASIL SELEKSI:
Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada 1 Juli 2018 melalui website: http://diktis.kemenag.go.id.

Pastikan anda membaca informasi lebih detail pada Informasi Resmi Seleksi Timur Tengah Tahun 2018. Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dapat menghubungi panitia pada kontak berikut:
Telp. (021) 3812 344 ext. 326
Email: seksi.kerjasamadiktis@kemenag.go.id
Silakan dibagikan kepada rekan-rekan yang membutuhkan.