Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Selain informasi Monbukagakusho Scholarship Program Research Students bagi yang ingin melanjutkan kuliah pascasarjana di Jepang, ada juga tawaran beasiswa kuliah S1 di Jepang bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat. Program Beasiswa S1 (Gakubu) dari Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Monbukagakusho/MEXT) ini bersifat beasiswa penuh. Berikut informasi detail mengenai persyaratan dan pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho untuk Program S1 di Jepang.

Beasiswa Monbukagakusho Kuliah S1 di Jepang (Full Scholarship)

Perlu diketahui, sebelum memulai masa perkuliahan di universitas, penerima beasiswa terlebih dahulu belajar Bahasa Jepang, Matematika, Bahasa Inggris, dan Ilmu Sosial (untuk pilihan bidang studi IPS) ATAU Fisika, Kimia, Biologi (untuk pilihan bidang studi IPA) di Sekolah Persiapan selama 1 tahun di Jepang.

Total masa studi yaitu 5 tahun (1 tahun Sekolah Persiapan + 4 tahun Masa Kuliah S1). Bagi yang memilih bidang studi Kedokteran, total masa studi yaitu 7 tahun.

Baca Juga: Pendaftaran PKN STAN 2018 – 2019 (Beasiswa Kuliah + Ikatan Dinas)

CAKUPAN BEASISWA:
1. Tanggungan penuh biaya perkuliahan (termasuk biaya sekolah persiapan).
2. Tunjangan hidup kurang lebih ¥117.000/bulan (± Rp 15juta)
3. Tiket pesawat PP Indonesia – Jepang
4. Bebas biaya pengurusan visa pelajar
5. Beasiswa tidak bersifat ikatan dinas

PILIHAN BIDANG STUDI:
1. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
– IPS-A : 1. Law, 2. Politics, 3. Pedagogy, 4. Sociology, 5. Literature, 6. History, 7. Japanese language, 8. others.
– IPS-B : 1. Economics, 2. Business Administration

2. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
– IPA-A : Science (1. Mathematics, 2. Physics, 3. Chemistry), Electric and Electronic Studies (4. Electronics, 5. Electrical Engineering, 6. Information Engineering), Mechanical Studies (7. Mechanical Engineering, 8. Naval Architecture), Civil Engineering and Architecture (9. Civil Engineering, 10. Architecture, 11. Environmental Engineering), Chemical Studies (12. Applied Chemistry, 13. Chemical Engineering, 14. Industrial Chemistry, 15. Textile Engineering), other fields (16. Metallurgical Engineering, 17. Mining Engineering, 18. Maritime Engineering, 19. Biotechnology)
– IPA-B : Agricultural studies (1. Agriculture, 2. Agricultural Chemistry, 3. Agricultural Engineering, 4. Animal Science, 5. Veterinary Medicine, 6. Forestry, 7. Food Science, 8. Fisheries), Hygienic studies (9. Pharmacy, 10. Hygienics, 11. Nursing), and Science (12. Biology).
– IPA-C : 1. Medicine, and 2. Dentistry

Catatan:
1. Pelamar lulusan SMA jurusan IPA bisa memilih bidang studi pada kategori IPA maupun IPS.
Pelamar lulusan SMA jurusan IPS/ Bahasa hanya bisa memilih bidang studi pada kategori IPS
2. Pelamar lulusan SMK yang jurusannya berada pada ranah IPA bisa memilih bidang studi pada kategori IPA maupun IPS.
Pelamar lulusan SMK yang jurusannya berada pada ranah IPS hanya bisa memilih bidang studi pada kategori IPS.
3. Semua bidang studi yang berhubungan dengan “Economics” dan “Business Administration” tergolong dalam “IPS-B”, bukan “others”.
4. Pelamar yang memilih “others”, ada kemungkinan kesulitan menemukan universitas yang dapat menerima pelamar.
5. Pelamar dapat memilih minimal 1 dan maksimal 3 bidang studi.
6. Apabila pilihan pertama IPA-A, maka pilihan kedua dan ketiga harus IPA-A.
Apabila pilihan pertama IPA-B, maka pilihan kedua dan ketiga harus IPA-B.
Apabila pilihan pertama IPA-C, pilihan kedua dan ketiga boleh IPA-B maupun IPA-C.
Apabila pilihan pertama IPS-A atau IPS-B, pilihan kedua dan ketiga boleh IPS-A maupun IPS-B.

PERSYARATAN:
1. Merupakan lulusan SMA/SMK/Sederajat.

2. Berusia minimal 17 tahun dan maksimal 24 tahun per tanggal 1 April 2019 (atau lahir antara 2 April 1994 – 1 April 2002).

3. Nilai rata-rata Ujian Nasional murni minimal 84.
– Bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPS namun nilai rata-rata Ujian Nasional kurang dari 84, tetap bisa mendaftar jika mempunyai sertifikat JLPT (Japanese Language Proficiency Test) minimal level N3.
– Bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPA TIDAK BISA MENDAFTAR jika nilai rata-rata Ujian Nasional kurang dari 84, meskipun memiliki sertifikat JLPT.

4. Bagi pelamar yang memilih bidang studi kategori IPS-A dan IPS-B diutamakan dapat berbahasa Jepang minimal kemampuan dasar.

5. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut (lihat disini) tidak dapat mendaftar Beasiswa Monbukagakusho.

Baca Juga: Beasiswa Penuh D3 LNG Academy untuk Lulusan SMA Sederajat

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
1. Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online, yang berisi nomor ujian pelamar.

2. Formulir Pendaftaran 2019 yang diisi dalam bahasa Inggris atau Jepang disertai pasfoto berwarna ukuran 3,5×4,5 cm (formal, dengan latar belakang polos yang diambil dalam 6 bulan terakhir).

3. Fotocopy SHUN (bagi lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya)/fotocopy SHUN sementara (bagi lulusan 2018) yang sudah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.

4. Fotocopy Ijazah (bagi lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya)/fotocopy Ijazah sementara (bagi lulusan 2018) yang sudah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.

5. Surat Rekomendasi dari Kepala Sekolah atau guru (salah satu saja) di sekolah asal(SMA/SMK/Sederajat) yang ditulis dalam bahasa Inggris atau bahasa Jepang dan telah dilegalisasi/dicap basah asli oleh sekolah.

6. Fotocopy sertifikat/hasil nilai JLPT (bagi yang sudah memiliki saja).

CATATAN:
1. Bagi pelamar yang akan lulus SMA/SMK/Sederajat Tahun 2018, apabila sekolah hanya mengeluarkan 1 surat saja (misal: Surat Keterangan Lulus saja), namun dalam surat tersebut sudah terdapat informasi yang menyebutkan bahwa siswa yang bersangkutan telah LULUS dan tercantum hasil nilai UN, maka cukup melampirkan fotokopi surat tersebut saja (tidak perlu dokumen poin 3 & 4).
Surat tersebut harus dilegalisasi/ cap basah asli oleh sekolah.

2. Untuk Formulir Pendaftaran dan Format Surat Rekomendasi bisa diunduh pada link berikut: DOWNLOAD.

3. Dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4 dan dibuat sebanyak 4 bundel (1 bundel asli dan 3 bundel fotocopy) yang disusun sesuai urutan (poin 1 s/d 11).

Baca Juga: Beasiswa Calon Mahasiswa S1 Kristen/Katolik dari ILF Scholarship

CARA MENDAFTAR:
Untuk mendaftar Beasiswa Monbukagakusho, pelamar dapat melakukan pendaftaran online pada website berikut: http://register.beasiswamext.or.id/.

Setelah melakukan pendaftaran online, pelamar akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut kemudian lengkapi berkas dokumen yang dibutuhkan. Seluruh dokumen yang sudah dilengkapi, disusun sesuai urutan dan dimasukkan ke dalam 1 amplop besar. Cantumkan kode “Gakubu 2019” pada kanan atas amplop. Kirimkan atau serahkan langsung pada alamat berikut:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Jl. M.H. Thamrin No. 24. Jakarta 10350

Masa Pendaftaran:
Tahap I: 20 April – 2 Mei 2018
Bagi pelamar lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya (tidak untuk lulusan tahun 2018).

Tahap II: 11 – 25 Mei 2018
Bagi pelamar lulusan tahun 2018 saja (tidak untuk lulusan tahun 2017 dan tahun sebelumnya).

Pengumuman hasil seleksi dokumen dilaksanakan pada 14 Juni 2018. Pengiriman berkas tidak diperbolehkan melalui jasa ojek online. Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Monbukagakusho dapat menghubungi kontak berikut:
Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan) Kedutaan Besar Jepang
Telp. (021) 3192-4308
E-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp
Website: www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2019.html
Semoga bermanfaat.