Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Apabila anda ingin melanjutkan kuliah di luar negeri tetapi masih dalam kawasan Asia, mungkin dapat mempertimbangkan tawaran Beasiswa Taiwan berikut ini. Skema Taiwan Scholarship Program ditawarkan oleh Pemerintah Taiwan melalui Kementerian Pendidikan (MOE) setiap tahunnya kepada pelamar internasional (termasuk Indonesia). Beasiswa Taiwan 2018 tersebut dapat digunakan untuk pelamar yang ingin melanjutkan kuliah S1, S2, atau S3 pada perguruan tinggi yang ada di Taiwan.

Beasiswa Taiwan 2018 Program S1, S2, dan S3 oleh Pemerintah Taiwan (MOE)

Berbagai program studi ditawarkan dalam beasiswa ini, seperti Administrasi Bisnis, Biologi, Desain Industri Kreatif, Ekonomi, Energi, Informatika, Kesehatan, Lingkungan, Manajemen, Pariwisata, Pertanian, Sosial, Telekomunikasi, Teknik, dan sebagainya.

CAKUPAN BEASISWA YANG DIBERIKAN:
1. Tunjangan biaya hidup senilai NT$ 15.000 (setara USD$500)/bulan untuk pelamar S1 dan senilai NT$ 20.000 (setara USD$ 666)/bulan untuk pelamar S2 dan S3.

2. Subsidi biaya perkuliaan senilai NT$ 40.000/semester untuk setiap mahasiswa. Apabila biaya yang dibutuhkan melebihi NT$ 40.000, maka kelebihan biaya ditanggung oleh penerima beasiswa atau universitas tujuan.

Untuk biaya administrasi, konsultasi tesis, premi asuransi, biaya akomodasi dan biaya internet tidak ditanggung dalam beasiswa ini. Oleh karena itu pelamar dapat mencari sumber pendanaan lain atau mendanai secara mandiri untuk keperluan tersebut.

Durasi Beasiswa Taiwan 2018 yang diberikan maksimum 4 tahun untuk program S1, 2 tahun untuk program S2, dan 4 tahun untuk program S3. Apabila mengambil program kombinasi, durasi beasiswa bisa mencapai 5 tahun.

Baca Juga:
Beasiswa Penuh di China Kuliah S1, S2, dan S3 oleh USTC

PERSYARATAN:
1. Merupakan pelamar internasional (termasuk Indonesia) dan tidak memegang kewarganegaraan Tiongkok atau Taiwan.

2. Untuk mendaftar program S1, pelamar telah menyelesaikan SMA/Sederajat, dan untuk program pascasarjana, pelamar telah menyelesaikan jenjang studi S1 atau S2.

3. Memiliki catatan akademis yang bagus.

4. Memiliki karakter moral yang baik.

5. Saat ini tidak sedang terdaftar atau telah menjadi mahasiswa pada salah satu perguruan tinggi di Taiwan.

6. Sebelumnya tidak pernah melanjutkan studi di Taiwan pada jenjang pendidikan yang sama dengan beasiswa yang akan diajukan.

7. Bukan merupakan mahasiswa pertukaran pelajar atau joint degree dengan perguruan tinggi di Taiwan.

8. Bukan merupakan penerima Taiwan Scholarship dengan masa studi lebih dari 5 tahun.

9. Sebelumnya tidak pernah diberhentikan dari penerimaan Taiwan Scholarship atau Huayu Enrichment Scholarship dari MOE.

10. Bukan merupakan penerima beasiswa atau subsidi lainnya yang diberikan oleh pemerintah atau institusi pendidikan di Taiwan, kecuali subsidi yang ditawarkan oleh pihak universitas untuk mengcover uang kuliah dan biaya lainnya di luar batas beasiswa.

11. Pelamar dapat mengajukan aplikasi pendaftaran langsung pada universitas tujuan yang sudah ditentukan. Apabila pelamar mengajukan pendaftaran pada universitas di luar list tersebut, maka otomatis akan didiskualifikasi.

Catatan:
1. Lihat Daftar Universitas (www.studyintaiwan.org)

2. Lihat Daftar Program dengan pengantar bahasa Inggris (studiditaiwan.org)

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
1. Formulir Pendaftaran Beasiswa (Download).

2. Fotocopy paspor dan Kartu Keluarga.

3. Fotocopy ijazah dan transkrip nilai pendidikan terakhir yang sudah keluar.

4. Fotocopy formulir yang digunakan pada saat mendaftar ke universitas (Contoh: Fotocopy bukti transfer uang pendaftaran / formulir pendaftaran universitas / fotocopy bukti tanda terima pengajuan pendaftaran / email).

5. Fotocopy sertifikat kemampuan bahasa:
a. Untuk program studi yang TIDAK menggunakan pengantar bahasa Inggris:
Fotocopy sertifikat “Test of Chinese as a Foreign Language” (TOCFL) dengan minimal level tingkat menengah (L3). Tidak menerima sertifikat lain selain TOCFL.
b. Untuk program studi yang menggunakan pengantar bahasa Inggris:
Fotocopy sertifikat TOEFL / TOEIC / IELTS atau sertifikat kemampuan bahasa Inggris lainnya dari Instansi yang sudah diakui internasional.

6. 2 (Dua) buah Surat Rekomendasi yang sudah ditandatangani dan tertutup rapat dalam amplop (Contoh dari Kepala Sekolah, Rektor, Dewan, Profesor atau Supervisor). Surat rekomendasi dalam bentuk email atau fotocopy tidak berlaku.

Daftar Beasiswa Luar Negeri 2018 – 2019

CARA PENDAFTARAN:
Sebelum mendaftar Beasiswa Taiwan 2018, daftarkan diri anda pada universitas dan program studi yang diminati (lihat link di atas). Selanjutnya lengkapi berkas dokumen yang disebutkan di atas, dan kirimkan kepada:
Kantor Taipei Economic and Trade Office
Gedung Artha Graha Lt. 17
Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, SCBD
Jakarta – 12190

Tuliskan pada amplop untuk aplikasi Beasiswa Taiwan 2018 – MOE. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 31 Maret 2018. Pengumuman para penerima beasiswa akan ditampilkan pada website resmi TETO: www.roc-taiwan.org/id pada akhir Juni atau Juli 2018.

Untuk mendapatkan informasi lebih detail dapat menghubungi email: beasiswa@teto.or.id atau mengunjungi laman resminya: www.studiditaiwan.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.