Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Tawaran menarik bagi anda mahasiswa dari universitas lokal yang ada di Aceh. Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) dan Forum Konservasi Leuser (FKL) saat ini menyediakan 12 paket beasiswa penelitian S1 bagi mahasiswa Aceh untuk melakukan penelitian pada Kawasan Ekosistem Leuser (KEL).

Beasiswa Penelitian S1 bagi Mahasiswa Aceh dari HAkA dan FKL

Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) merupakan laboratorium alam yang kaya akan keanekaragaman hayati dan ilmu pengetahuan yang merupakan suaka hutan tropis Indo-Malaya barat paling tua, paling besar dan tergolong utuh di dunia. Perlu diketahui, di dalam KEL terdapat 105 spesies mamalia, 382 spesies burung, dan paling sedikit 95 spesies binatang melata. Jumlah ini meliputi 54 % dari fauna di daratan Sumatera (Eka Budianta, 2001). Ekosistem Leuser merupakan habitat orangutan Sumatera (Pongo abelii), Harimau Sumatera (Panthera tigris), Badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Gajah Sumatera (Elephas maximus sumatranus), owa (Hylobathes lar), kedih (Presbytis thomasii), dan masih banyak yang lainnya. Diharapkan dengan adanya program beasiswa ini dapat menarik minat mahasiswa untuk melakukan penelitian di kawasan yang dikategorikan sebagai salah satu kawasan yang tak tergantikan di dunia ini.

Baca Juga:
Beasiswa Mizan 2018 untuk Bantuan Tugas Akhir

Pembiayaan beasiswa penelitian S1 bagi mahasiswa Aceh ini maksimal Rp 12.000.000,- (dua belas juta rupiah) dan sudah termasuk pengurusan perizinan, biaya konsumsi, transportasi, honor pendamping lokal, dll.

Kriteria:

1. Berasal dari universitas di Aceh dengan kajian bidang Biologi, Kehutanan, atau Teknik Lingkungan.

2. Penelitian dilakukan untuk tugas akhir mahasiswa S1.

3. Topik penelitian berupa Keragaman Hayati (tumbuhan, satwa termasuk mikro-organisme), Restorasi Ekosistem, Proteksi Satwa Liar, dan Konflik Satwa.

4. Lama penelitian minimum 3 bulan di lapangan dengan pelaksanaan penelitian antara bulan Januari s/d September 2018.

5. Lokasi penelitian bertempat di Stasiun Penelitian Ketambe, SP. Soraya, KEL di Kabupaten Aceh Timur, Aceh Tamiang, Bener Meriah, Aceh Utara dan Gayo Lues.

Tata Cara Pendaftaran:

Untuk mendaftar beasiswa penelitian S1 bagi mahasiswa Aceh, pelamar dapat mengirimkan proposal penelitian yang disahkan/diketahui oleh pimpinan fakultas/program studi, dikirimkan kepada email: forumleuser@gmail.com dan hakasumatra@gmail.com.

Batas akhir penerimaan proposal sampai dengan 28 Februari 2018, namun dapat ditutup sewaktu-waktu apabila telah memenuhi seluruh kuota yang tersedia. Proposal yang masuk akan diseleksi oleh tim panel yang dibentuk oleh HAkA dan FKL.

Informasi lebih detail dapat menghubungi Sdr. Muhammad Isa (HP. 085262985251, Email: hutanketambe@yahoo.co.id), Sdr. Irham Hudaya Yunardi (HP 087869821709, Email: irhamyunardi@gmail.com) atau mengunjungi www.haka.or.id. Semoga bermanfaat.