INDBeasiswa.com – Pada pembahasan Panduan Studi kali ini, INDBeasiswa akan membahas mengenai Jurusan Biologi dan prospek kerja lulusannya. Tentunya pembahasan ini akan sangat berguna bagi adik-adik yang hendak melanjutkan kuliah S1 supaya ada pandangan mengenai jurusan yang akan dipilih.

Informasi Jurusan Biologi dan Prospek Kerja Lulusannya

Informasi Jurusan Biologi dan Prospek Kerja Lulusannya
Informasi Jurusan Biologi dan Prospek Kerja Lulusannya

Biologi merupakan ilmu yang mempelajari mengenai makhluk hidup serta hubungan makhluk hidup dengan lingkungannya. Beberapa topik utama Jurusan Biologi meliputi: Biologi Kelautan, Biologi Perkembangan, Ekologi, Fisiologi Tumbuhan, Fisiologi Hewan, Genetika, Mikrobiologi, dan Taksonomi.

Secara umum, jurusan Biologi sangat cocok bagi kalian yang mempunyai jiwa petualang, suka akan hewan atau tumbuhan, dan suka membaca. Selain itu, bagi kalian yang memilih peminatan di Fisiologi Hewan atau Genetika, kalian dapat melanjutkan kuliah S2 di Fakultas Kedokteran. Apalagi saat ini genetika sedang berkembang di dunia.

Baca Juga:
7 Tanda Jurusan di Kampus yang Anda Pilih Sudah Tepat

Bagi lulusan S1 Biologi, ada banyak keterampilan dasar yang dapat diterapkan di berbagai industri dan tidak hanya terbatas pada sektor Sains dan Kesehatan saja. Pilihan karir yang bisa dipertimbangkan setelah menyelesaikan studi S1 Biologi adalah sebagai berikut:

1. Peneliti Biologi
Saat menjadi mahasiswa Biologi, kemampuan untuk mengembangkan pengetahuan ilmiah tentu akan bertambah. Apalagi didukung dengan daya analisa, keterampilan organisasi dan perhatian terhadap hal-hal detail membuat lulusan jurusan ini cocok menjadi ilmuwan riset atau ahli biologi.

Sebagai peneliti, anda bisa bekerja di laboratorium pada sektor publik atau perusahaan swasta, misalnya seperti LIPI, Inhutani, Perhutani, dll. Peneliti biasanya akan bekerja pada pengembangan obat-obatan baru, vaksin dan bentuk perawatan medis, penelitian mengenai hewan dan tumbuhan, memastikan keamanan makanan yang dikonsumsi, melindungi keanekaragaman hayati bumi, prediksi dampak perubahan iklim, atau hal lainnya.

2. Bidang Komunikasi
Apabila seorang lulusan S1 Biologi memiliki kemampuan komunikasi yang baik serta dapat menyampaikan konsep ilmiah kepada masyarakat umum, maka mereka juga berkesempatan untuk bekerja di bidang media dan komunikasi, seperti menjadi jurnalis, presenter, juru bicara, juru kampanye kebijakan dan penulis sains.

Dalam karir di bidang komunikasi ilmiah, para lulusan dapat bekerja pada badan pemerintahan, organisasi non-profit atau lembaga amal untuk membantu meningkatkan kesadaran mengenai penemuan ilmiah melalui acara, kampanye, dan skema pendidikan. Sedangkan sebagai jurnalis atau editor sains, lulusan Biologi dapat menggabungkan latar belakang ilmiah dengan kemampuan menulis untuk menghasilkan publikasi atau jurnal ilmiah.

3. Bidang Kesehatan
Lulusan Biologi juga dapat beralih ke karir medis, namun biasanya dibutuhkan tambahan studi pascasarjana setidaknya selama empat tahun. Jalur karir di bidang kesehatan yang dapat dipilih misalnya fisioterapi, terapi wicara, konsultan khusus, atau melatih dokter umum. Lulusan ini juga bisa menjadi dosen di bidang kedokteran (khususnya untuk ilmu preklinik, seperti biologi, fisiologi, anatomi, biokimia, dll).

Baca Juga:
5 Hal Bermanfaat yang Bisa Kamu Lakukan Saat Kuliah

4. Bidang Hukum
Lulusan Biologi juga berkesempatan untuk bekerja di bidang hukum, dimana pengetahuan ilmiah khusus akan dibutuhkan. Pilihan karir di bidang hukum yang dapat dipilih misalnya pematenan produk, ilmuwan forensik untuk polisi atau industri, pengembangan kebijakan dan konsultasi, dan sebagainya.

5. Tenaga Pengajar
Guru merupakan salah satu lapangan kerja yang juga dapat dipilih oleh lulusan Biologi murni. Selain itu menjadi dosen juga dapat menjadi pilihan yang menarik, karena profesi dosen dapat memperluas kesempatan untuk mengembangkan ketertarikan dalam bidang yang ingin digeluti.

6. Lainnya
Secara umum, lulusan Biologi akan menemukan jalur karir yang tepat sesuai dengan kemampuan keahlian (ilmiah) dan tambahan (non-ilmiah) yang mereka miliki. Ada juga mereka yang memilih menjadi wirausahawan dan menerapkan bioteknologi dalam produk yang dijual. Selain itu mereka yang ingin mendalami bidang konservasi dan perlindungan alam juga bisa bergabung pada organisasi ternama seperti WCS (Wildlife Conservation Society), Terangi (Yayasan Terumbu Karang Indonesia), WWF, dan sebagainya. Lulusan Biologi juga biasanya banyak diminati oleh industri pertanian, bioteknologi, ekologi, genetika, neurobiologi, hortikultura, ilmu pangan, biologi kelautan, konservasi serta produksi dokumenter lingkungan dan satwa liar.

Demikian pembahasan mengenai informasi Jurusan Biologi dan prospek kerja lulusannya. Apabila ada mahasiswa/lulusan/staf ahli bidang Biologi yang ingin melengkapi/menambahkan artikel ini, silakan hubungi INDBeasiswa melalui Form Kontak. Semoga bermanfaat.
Referensi:
http://www.jurusankuliah.info
https://blimbing2.wordpress.com