INDBeasiswa.com – Beasiswa Eiffel untuk kuliah di Perancis kembali dibuka. EIFFEL EXCELLENCE PROGRAMME 2018 ditawarkan oleh Pemerintah Perancis melalui Kementerian Luar Negeri Perancis bagi pelajar internasional untuk melanjutkan studi Master dan PhD di perguruan tinggi yang ada di Perancis. Perancis dikenal dengan mutu pendidikan dan keramahan penduduknya yang terbuka dengan pendatang-pendatang baru. Tentunya kesempatan studi di Perancis melalui Eiffel Scholarship patut anda pertimbangkan.

Eiffel Scholarship 2018 : Beasiswa Kuliah S2 – S3 di Perancis

Eiffel Scholarship 2018 : Beasiswa Kuliah S2 - S3 di Perancis
Eiffel Scholarship 2018 : Beasiswa Kuliah S2 – S3 di Perancis

Bidang studi yang ditawarkan dalam beasiswa Eiffel adalah sebagai berikut:
1. Hukum
2. Ekonomi dan Manajemen
3. Ilmu Teknik untuk tingkat Master, serta Ilmu Sains dalam lingkup lebih luas untuk tingkat PhD (Ilmu Teknik, Ilmu Pasti, Matematika, Fisika, Kimia, Ilmu Kehidupan, Nano dan Bioteknologi, Ilmu Bumi, Ilmu Alam Semesta, Ilmu Lingkungan, serta Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Baca Juga:
Beasiswa S2 Oxford University Tahun 2018-2019 Fully Funded
Beasiswa Seni dan Budaya Indonesia 2018 oleh Kemenlu RI

Cakupan pembiayaan Eiffel Scholarship:
1. Tunjangan bulanan sejumlah 1.181 Euro untuk penerima beasiswa Master dan 1.400 Euro untuk penerima beasiswa PhD.
2. Tiket pesawat PP Indonesia – Perancis.
3. Jaminan sosial untuk mahasiswa dengan usia lebih dari 28 tahun serta tambahan asuransi kesehatan bagi mahasiswa dengan usia kurang dari 28 tahun.
4. Kegiatan kebudayaan.
5. Tambahan tunjangan tempat tinggal apabila memenuhi kondisi tertentu.

Perlu dicatat, beasiswa Eiffel tidak meliputi biaya pendaftaran ke universitas serta biaya perkuliahan, sehingga para pelamar harus menanggung sendiri biaya tersebut (pada beberapa universitas ada yang menggratiskan tuition fee dan ada juga yang memberikan diskon. Anda harus rajin bertanya pada pihak universitas). Namun untuk perguruan tinggi negeri di Perancis, negara membiayai uang perkuliahan sekitar 10.000 Euro per tahun bagi tiap mahasiswa tanpa terkecuali (mahasiswa Perancis maupun asing). Dengan adanya subsidi tersebut dapat membuat biaya kuliah menjadi murah.

Persyaratan:
1. Bukan merupakan warganegara atau berkewarganegaraan ganda dengan Perancis.

2. Berusia maksimal 30 tahun untuk pelamar program Master (lahir pada tanggal 12 Maret 1987 atau setelahnya) atau maksimal 35 tahun untuk pelamar program PhD (lahir pada tanggal 12 Maret 1982 atau setelahnya) pada saat proses seleksi oleh komite.

3. Aplikasi beasiswa tidak diajukan sendiri tetapi diajukan oleh lembaga perguruan tinggi Perancis yang telah menyetujui aplikasi lamaran perkuliahan anda. Para pelamar yang diusulkan oleh lebih dari satu perguruan tinggi tidak akan dipertimbangkan dalam seleksi beasiswa.

4. Beasiswa ditujukan bagi para mahasiswa yang ingin mendaftar program Master, Sekolah Teknik, maupun PhD.

5. Para pelamar yang telah mendapatkan beasiswa Pemerintah Perancis dari program beasiswa lain tidak dapat mengikuti beasiswa Eiffel.

6. Bagi pelamar program Master: Bagi pelamar yang sebelumnya telah ditolak pada saat proses seleksi beasiswa Pemerintah Perancis, tidak dapat mengikuti beasiswa Eiffel (walaupun mengajukan pendaftaran untuk bidang studi yang berbeda). Selain itu, pelamar yang sebelumnya telah mendapatkan Beasiswa Eiffel pada tingkat Master juga tidak dapat mengikuti beasiswa ini untuk jenjang yang sama.

7. Bagi pelamar program PhD: Institusi pendidikan di Perancis diperbolehkan mengajukan calon yang sebelumnya telah mendapatkan beasiswa di tingkat Master untuk mendaftar beasiswa Eiffel tingkat PhD.

8. Memenuhi persyaratan kemampuan bahasa yang dibutuhkan oleh program studi yang dipilih.

9. Lebih diutamakan bagi pelamar yang saat ini berada di luar Perancis daripada  yang saat ini telah berada di Perancis.

Baca Juga:
Bagaimana Cara Mendapatkan LoA?

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar Eiffel Scholarship, pendaftaran tidak diajukan sendiri oleh peserta, melainkan oleh institusi perguruan tinggi yang dituju. Untuk itu, pelamar dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu pada universitas dan program studi yang dipilih (informasi pilihan universitas dapat dilihat pada link berikut: www.campusfrance.org/en). Setelah diterima dan mendapatkan Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/LoA), pelamar dapat meminta pada pihak universitas untuk diajukan sebagai peserta program beasiswa Eiffel.

Batas waktu pendaftaran oleh Campus France adalah 12 Januari 2018. Artinya, pelamar sudah harus mendaftar dan diterima oleh universitas yang dituju jauh-jauh hari sebelum tanggal tersebut dan meminta untuk disertakan dalam program beasiswa. Pengumuman hasil seleksi akan dilaksanakan pada 26 Maret 2018.

Informasi lebih detail dapat dibaca pada Eiffel Programme Guide atau mengunjungi laman resminya: www.campusfrance.org/en/eiffel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.