Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Beasiswa Stuned kembali ditawarkan oleh Pemerintah Belanda bagi warganegara Indonesia. Ada dua skema dalam Beasiswa Stuned yaitu untuk Kuliah Master dan Kursus Singkat. Untuk ulasan kali ini, akan dibahas mengenai Beasiswa Stuned – Kursus Singkat. Beasiswa kursus singkat yang ditawarkan berdurasi 2 s/d 12 minggu di perguruan tinggi dan lembaga pelatihan yang ada di Belanda. Setelah program selesai, peserta akan mendapatkan sertifikat atau diploma.

Beasiswa Stuned Kursus Singkat di Belanda Tahun 2018 – 2019

Beasiswa Stuned Kursus Singkat di Belanda Tahun 2018 - 2019
Beasiswa Stuned Kursus Singkat di Belanda Tahun 2018 – 2019

Beasiswa Stuned – Short Courses terbuka untuk semua program studi internasional yang diselenggarakan oleh institusi pendidikan tinggi di Belanda. Adapun bidang prioritas yang berhubungan dengan area kerjasama bilateral Indonesia-Belanda adalah sebagai berikut:

Baca Juga:
Beasiswa Kuliah S1 dan S2 Belanda Program Orange Tulip Scholarship 2018 – 2019

A. Transport, (Agro)logistic and Infrastructure
Water Transport and Distribution; Lost Harvest & Wasted Food – managing the crop supply chain for increased food security; Rural entrepreneurship: Driving innovation in Agri-food value chains; Port Planning and Infrastructure Design; Urban Drainage and Sewerage; Management of Irrigation Systems; International Port Seminar.

B. Security and Rule of Law
International Development Law; International Tax Law; Governance, Democratization and Public Policy; Sustainable Local Economic Development: Policies for Small and Medium Enterprise Development; Strengthening research capacity in post-conflict areas: Increase your impact through action-oriented research; Summer School on International Criminal Law

C. Agri-food and Horticulture
Organised farmers as partners in agribusiness: Optimising the performance of producers’ organisations; integrated pest management and food safety: The challenge of combining pesticide use and ensuring safe food; Practical Management Course for horticulturists

D. International Trade, Finance, and Economics
The Law and Policy of the World Trade Organisation; Sustainable Local Economic Development: Policies for Small and Medium Enterprise Development (LED); Effective Partnership Management; Sustainable Tourism Management (STM); Financing Social Protection.

Cakupan pembiayaan beasiswa adalah sebagai berikut:
1. Biaya kursus
2. Biaya hidup per bulan
3. Biaya perjalanan internasional dan lokal
4. Biaya lain yang dibutuhkan untuk mendukung studi

Baca Juga:
Beasiswa S2 Universitas Pertahanan untuk Umum dan Pegawai Negeri

Persyaratan Umum:
1. Merupakan Warga Negara Indonesia.

2. Diterima pada salah satu program short course yang diselenggarakan di institusi pendidikan tinggi Belanda.

3. Pendidikan minimal D4/S1 dan dapat menunjukkan bukti prestasi akademik dengan IPK min. 2,75.

4. Memiliki pengalaman kerja (setelah lulus S1) minimal 2 tahun.

5. Mendapatkan persetujuan dari institusi tempat bekerja.

6. Bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh kegiatan studi selama menerima beasiswa.

7. Memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik, dengan skor minimal TOEFL iBT 68 / IELTS 5.5. Masa berlaku hasil tes TOEFL/IELTS maksimal 2 tahun sejak tanggal tes. Pengecualian diberikan bagi pelamar yang menyelesaikan studi jenjang pendidikan sebelumnya di negara yang berbahasa Inggris/program internasional maksimal 2 tahun sebelum batas akhir pendaftaran.

8. Tidak ada batasan umur.

Berkas dokumen yang dibutuhkan (softcopy):
1. Fotocopy KTP atau paspor.

2. Surat Penerimaan (Letter of Acceptance/Admission Letter) dari universitas di Belanda yang mencantumkan dengan jelas nama program studi, tanggal awal dan akhir program studi yang dipilih serta total biaya perkuliahan. Informasi lebih detail mengenai program yang ditawarkan oleh universitas di Belanda bisa dilihat pada link berikut: www.studyfinder.nl.

3. Salinan resmi Transkrip Nilai dan Ijazah dari jenjang pendidikan sebelumnya, yang telah dilegalisir dengan tanggal dan tahun kelulusan tercantum didalamnya.

4. Fotocopy Surat Keputusan Pengangkatan Pegawai (SK) untuk pegawai pemerintah atau fotocopy kontrak kerja untuk pegawai swasta.

5. Pernyataan resmi dari pimpinan tempat kerja di atas materai yang menyatakan bahwa stafnya diijinkan untuk studi di Belanda. Pernyataan ini dituliskan di formulir StuNed.

6. Pernyataan bersedia mengikuti dan menyelesaikan seluruh perkuliahan selama menerima beasiswa yang dituliskan di formulir StuNed.

7. Sertifikat kemampuan bahasa Inggris (TOEFL/IELTS).

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar Beasiswa StuNed – Short Courses Tahun 2018, pelamar dapat mendaftarkan diri secara online pada link berikut: nesoindonesia.or.id/stuned/.

Buatlah akun terlebih dahulu, kemudian lengkapi formulir online dan upload berkas dokumen yang disebutkan di atas. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 6 Januari 2018 untuk program studi yang dimulai pada April s/d Desember 2018.

Informasi lebih detail dapat menghubungi email: stunedcontact@nesoindonesia.or.id; Telp. +62 21 5290 2172; atau mengunjungi laman resminya pada: www.nesoindonesia.or.id. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.