INDBeasiswa.com – Ada tawaran menarik bagi kamu mahasiswa S1 jurusan sastra atau pendidikan bahasa Jepang yang ingin merasakan kuliah di Jepang selama satu tahun. Program Japanese Studies 2018, kembali ditawarkan oleh Kementerian Pendidikan, Budaya, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/MEXT). Program yang rutin ditawarkan setiap tahunnya ini bertujuan untuk memperdalam pemahaman mengenai bahasa dan kebudayaan Jepang. Beasiswa yang ditawarkan bersifat penuh (full scholarships).

Beasiswa Japanese Studies 2018 di Jepang untuk Mahasiswa S1 Indonesia

Beasiswa Japanese Studies 2018 di Jepang untuk Mahasiswa S1 Indonesia
Beasiswa Japanese Studies 2018 di Jepang untuk Mahasiswa S1 Indonesia

Program Japanese Studies 2018 merupakan program non-gelar yang akan dilaksanakan selama satu tahun di universitas yang ada di Jepang. Para kandidat terpilih akan diberangkatkan ke Jepang pada bulan September 2018 dan di akhir program kandidat akan mendapatkan sertifikat.

Cakupan pembiayaan:
1. Tanggungan penuh biaya perkuliahan.
2. Tunjangan hidup senilai ± 117.000 Yen (Rp 13juta) per bulan.
3. Tiket pesawat PP Indonesia – Jepang.
4. Bebas biaya pembuatan visa pelajar.
5. Beberapa universitas menyediakan asrama. Biaya dibayarkan dari tunjangan hidup yang diberikan. Untuk universitas yang tidak menyediakan asrama, pihak universitas dapat membantu mencarikan tempat tinggal jika dibutuhkan.
6. Beasiswa tidak bersifat ikatan dinas.

Persyaratan:
1. Merupakan mahasiswa aktif jenjang S1 jurusan Sastra atau Pendidikan Bahasa Jepang.

2. Sehat jasmani dan rohani.

3. Berusia maksimal 29 tahun pada tanggal 1 April 2018 (lahir antara 2 April 1988 sampai 1 April 2000).

4. Merupakan mahasiswa minimal semester 3.

5. Mendapatkan rekomendasi dari institusi tempat berkuliah saat ini, berdasarkan seleksi internal di institusi masing-masing.

6. Belum akan mengikuti sidang skripsi selama proses seleksi berlangsung maupun pada saat telah ditetapkan sebagai penerima beasiswa.

7. Pelamar harus segera kembali ke Indonesia dan melanjutkan kuliah setelah program beasiswa selesai.

8. Bagi pelamar yang memiliki salah satu kondisi/situasi berikut, tidak dapat mendaftar beasiswa ini (Lihat Persyaratan Kondisi).

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Surat Pengantar dari Ketua Jurusan berisi daftar mahasiswa yang direkomendasikan oleh Ketua Jurusan. Surat dibuat dalam bahasa Jepang atau Inggris.

2. Lembar print-out e-mail konfirmasi registrasi online yang berisi nomer ujian pelamar.

3. Application Form 2018 (Download) yang diisi dalam bahasa Jepang. Sertakan juga pasfoto berwarna dengan warna background bebas ukuran 3,5cm x 4,5cm. Pasfoto harus ditempel pada setiap Application Form. Foto formal, diambil dalam 6 bulan terakhir.

4. Placement Preference Application Form 2018 (Download) yang diisi dalam bahasa Inggris/Jepang. Pilih maksimal 3 universitas yang terdapat dalam link berikut: Course Guide.

5. Fotocopy transkrip nilai dari semester satu sampai saat ini. Transkrip nilai diterjemahkan ke dalam bahasa Jepang atau Inggris dan dilegalisasi/cap basah oleh pihak universitas.

Baca Juga:
Gunakan Jasa Penerjemah Tersumpah untuk Menerjemahkan Dokumen Beasiswa

6. Surat Keterangan Mahasiswa yang menerangkan bahwa pelamar merupakan mahasiswa dari jurusan dan universitas tersebut. Surat harus dilengkapi dengan keterangan tempat dan tanggal lahir mahasiswa, dan dibuat dalam bahasa Jepang atau Inggris. Satu surat untuk satu mahasiswa.

7. Surat Rekomendasi dari Ketua Jurusan atau Dosen Pembimbing yang ditulis dalam bahasa Jepang atau Inggris. Bisa menggunakan format surat berikut: Download.

8. Fotokopi Sertifikat Nihongo Noryoku Shiken/ JLPT (jika ada).

Catatan:
1. Seluruh dokumen dibuat dalam kertas ukuran A4.
2. Untuk dokumen pada poin 1 (Surat Pengantar dari Ketua Jurusan), satu institusi cukup melampirkan 1 lembar saja.
3. Dokumen selain poin 1 dibuat masing-masing sebanyak 3 rangkap, yaitu 1 rangkap asli dan 2 rangkap fotokopi. Disusun sesuai urutan di atas (poin 2 sampai 8).
4. Harap melengkapi seluruh dokumen yang dibutuhkan sesuai instruksi. Bagi dokumen yang tidak sesuai instruksi tidak akan diproses.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar Beasiswa Japanese Studies 2018, pelamar dapat melakukan registrasi online pada link berikut: http://register.beasiswamext.or.id.

Setelah melakukan registrasi online, pelamar akan mendapatkan e-mail konfirmasi. Silakan cetak e-mail tersebut dan harap mengingat “Nomor Ujian” yang diterima. Selanjutnya lengkapi berkas dokumen yang disebutkan di atas, dan ajukan kepada pihak jurusan atau institusi asal. Karena pengiriman berkas harus dilakukan secara kolektif, bukan perorangan disertai dengan rekomendasi dari institusi yang bersangkutan. Seluruh berkas dokumen dapat dikirimkan kepada:

Bagian Informasi dan Kebudayaan (Pendidikan)
Kedutaan Besar Jepang
Jl. M. H. Thamrin 24
Jakarta 10350

Berkas pendaftaran sudah harus tiba di Kedutaan Besar Jepang di Jakarta paling lambat 12 Januari 2018. Pengumuman hasil seleksi dokumen akan dilaksanakan pada 29 Januari 2018 pada website Kedutaan Besar Jepang: www.id.emb-japan.go.jp. Para peserta yang lolos seleksi akan mengikuti ujian tulis dan ujian wawancara. Pengumuman final akan diumumkan pada bulan Juli 2018.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Japanese Studies 2018 dapat menghubungi kontak Kedutaan Besar Jepang pada nomer telp. (021) 3192-4308 atau e-mail: beasiswa@dj.mofa.go.jp. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.