INDBeasiswa.com – Dalam rangka mendukung pengembangan kualitas kader Muhammadiyah, sekaligus mempersiapkan calon-calon dosen bagi Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah (PTM/A), saat ini Majelis Pendidikan Tinggi, Penelitian dan Pengembangan (Diktilitbang) PP Muhammadiyah bekerjasama dengan Lembaga Amil Zakat, Infak dan Sodaqoh Muhammadiyah (LazisMu) menyelenggarakan Program Pembibitan Kader dan Calon Dosen PTM/A atau Muhammadiyah Scholarship Preparation Program (MSPP). Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan dalam program MSPP berupa pelatihan bahasa Inggris bagi kader Muhammadiyah.

Pelatihan Bahasa Inggris untuk Kader Muhammadiyah dalam Program MSPP

Pelatihan Bahasa Inggris untuk Kader Muhammadiyah dalam Program MSPP
Pelatihan Bahasa Inggris untuk Kader Muhammadiyah dalam Program MSPP

Program Pembibitan Kader dan Calon Dosen PTM/A ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesiapan dan kemampuan kader-kader muda Muhammadiyah supaya dapat mengakses beasiswa pendidikan S2/S3 di dalam/luar negeri, serta yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia maupun dari penyedia lainnya.

Sebanyak 25 kandidat terpilih dari seluruh Indonesia akan dikarantina selama 3 bulan di Pare, Kediri (Jawa Timur), untuk mengikuti pelatihan Bahasa Inggris dengan target skor IELTS minimal 6.5. Berikut bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan:
1. Pelatihan kader sebelum keberangkatan pelatihan bahasa.

2. Pengenalan dan pelatihan strategi memenangkan program-program beasiswa pendidikan S2/S3 dalam/luar negeri, baik yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia maupun pihak lain.

3. Pelatihan Bahasa Inggris hingga memenuhi syarat IELTS yang dibutuhkan untuk mendaftar beasiswa.

4. Pendampingan persiapan pendaftaran dan ujian seleksi beasiswa.

Daftar Beasiswa Pelatihan

Cakupan Pembiayaan Beasiswa:
1. Biaya pelatihan, termasuk pelatihan Bahasa Inggris di Kampung Inggris, Pare, Kediri, Jawa Timur.

2. Biaya pendukung untuk transportasi keberangkatan ke dan kepulangan dari lokasi pelatihan, biaya makan dan akomodasi, serta biaya hidup bulanan selama pelatihan.

Persyaratan Umum:
1. Kader muda Muhammadiyah yang aktif di berbagai level kepemimpinan Muhammadiyah/organisasi-organisasi otonom Muhammadiyah, baik di pusat, wilayah, daerah, cabang maupun ranting.

2. Calon dosen/dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah/Aisyiyah.

3. Memiliki komitmen dan loyalitas terhadap persyarikatan, berwawasan luas, berlandaskan akidah al-Qur’an dan as-Sunnah, serta mempunyai kepercayaan diri dan kematangan dalam mengelola emosi dan beradaptasi.

Baca Juga: Beasiswa MBA di Amerika Serikat, Kursus TOEFL dan GMAT oleh Penerbit Erlangga

4. Memiliki latar belakang pendidikan S1/S2 dari:
(a) Perguruan Tinggi Negeri/Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah di seluruh wilayah Indonesia; atau
(b) Perguruan Tinggi lain di dalam negeri yang telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

4. Memiliki ijazah S1/S2 dari perguruan tinggi yang terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

5. Bersungguh-sungguh akan mendaftar beasiswa pendidikan S2/S3 luar negeri, baik yang ditawarkan oleh pemerintah Indonesia maupun pemberi beasiswa lain.

6. Memilih bidang keilmuan yang sesuai dengan bidang keilmuan yang sedang/akan dikembangkan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah.

7. Bersedia menandatangani surat pernyataan yang menyatakan bahwa pelamar:
(a) Jika di kemudian hari berhasil mendapatkan beasiswa pendidikan S2/S3 luar negeri, maka setelah pendidikan selesai, bersedia bekerja di salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah di seluruh wilayah Indonesia.

(b) Menyampaikan data dan dokumen yang benar, sesuai dokumen asli serta bersedia menerima sanksi apabila dokumen tersebut tidak sah.

8. Mendapatkan rekomendasi dari Pimpinan Muhammadiyah/Ortom, sekurang-kurangnya pada level Daerah atau Wilayah.

9. Bagi pendaftar dari calon dosen/dosen Perguruan Tinggi Muhammadiyah/’Aisyiyah, mendapatkan rekomendasi dari Rektor/Ketua/Direktur.

Baca Juga: Beasiswa AMINEF Program Akademik Non-Gelar di Amerika Serikat (CCIP)

Persyaratan Khusus:
1. Berusia maksimum 30 tahun (untuk pelamar S2) dan maksimal 35 tahun (untuk pelamar S3) dibuktikan dengan fotocopy KTP.

2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimum 3,00 (untuk pelamar S2) dan 3.25 (untuk pelamar S3) dibuktikan dengan fotocopy Ijazah dan Transkrip Nilai.

3. Skor minimal TOEFL ITP/Like minimum 500 dibuktikan dengan fotocopy Sertifikat.

4. Scan BPJS.

5. Melampirkan berkas dokumen berikut:
a. Daftar Riwayat Hidup (CV)
b. Surat Rekomendasi dari PDM/PWM atau PW Ortom setempat
c. Surat Rekomendasi dari rektor bagi alumni PTM/A
d. Mengisi Formulir Pendaftaran dan Surat Pernyataan (Download)

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar beasiswa pelatihan kader Muhammadiyah (MSPP) di atas, peserta dapat mengisi Formulir Pendaftaran dan mengirimkan secara online beserta softcopy berkas-berkas lain melalui email: mspp@muhammadiyah.id.

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 23 Desember 2017. Tahapan seleksi meliputi seleksi administrasi dan wawancara.

Informasi lebih detail dapat menghubungi kontak berikut:
Kantor Majelis Diktilitbang
Jl. KHA. Dahlan 103 Yogyakarta 55262
Contact Person:
Syifa (085868634866)
Majelis Diktilitbang (089696936462)
www.diktilitbangmuhammadiyah.org
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.