INDBeasiswa.com – Beasiswa Turki 2018 – 2019 akan segera dibuka! Siapkan diri anda mulai saat ini. Setiap tahunnya, Pemerintah Turki menawarkan beasiswa penuh bagi pelamar internasional (termasuk Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S1, S2, dan S3 di universitas-universitas yang ada di Turki. Beasiswa ini tersedia untuk berbagai jurusan dan bidang studi. Tentunya kesempatan yang satu ini sayang untuk dilewatkan.

Beasiswa Turki 2018 – 2019 akan dibuka! Persiapkan diri anda mulai sekarang!

Beasiswa Turki 2018 - 2019 Türkiye Bursları
Beasiswa Turki 2018 – 2019 Türkiye Bursları

A. Beasiswa S1 Turki 2018 – 2019 (Bosphorus Scholarship Program)
Skema Bosphorus Scholarship Program ditawarkan bagi para lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan kuliah S1 di universitas-universitas Turki. Beasiswa ini terbuka untuk seluruh program studi Sarjana, termasuk Kedokteran, Studi Islam, serta Literatur dan Bahasa Turki.

B. Beasiswa S2 – S3 Turki 2018 – 2019 bidang Sains, Teknik dan Teknologi (Ali Kuşçu Science and Technology Scholarship)
Beasiswa pascasarjana Turki ini ditawarkan bagi calon mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di bidang Sains, Teknik, dan Teknologi.

C. Beasiswa S2 – S3 Turki 2018 – 2019 bidang Ilmu Sosial (İbni Haldun Social Sciences Scholarship)
Bagi anda yang tertarik untuk melanjutkan studi S2 dan S3 di bidang Ilmu Sosial, termasuk Studi Islam serta Literatur dan Bahasa Turki dapat mendaftar dalam program ini.

Baca Juga: Daftar Beasiswa Kuliah di Timur Tengah yang dapat anda coba

Bidang studi yang ditawarkan dalam Beasiswa Turki 2018 – 2019 terdiri dari berbagai macam, seperti Sains, Teknik dan Teknologi, Seni dan Humaniora, Ilmu Sosial dan Administrasi, Pertanian, serta bidang lainnya.

Daftar universitas di Turki yang tergabung dalam Beasiswa Pemerintah Turki dapat dibuka pada link berikut: Universities.

Beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Turki bersifat full scholarships, meliputi:
1. Tanggungan biaya perkuliahan hingga lulus studi.

2. Tunjangan per bulan senilai 700 TL (± Rp 2,4juta) untuk mahasiswa S1, 950 TL (± Rp 3,3juta) untuk mahasiswa S2, 1400 TL (± Rp 4,9juta) untuk mahasiswa S3, dan 3000 TL (± Rp 10juta) untuk beasiswa penelitian.

3. Asrama gratis di lingkungan universitas.

4. Asuransi kesehatan.

5. Biaya perjalanan PP (Indonesia-Turki) pada awal dan akhir masa studi.

6. Gratis kursus bahasa Turki selama satu tahun sebelum perkuliahan.

Persyaratan:
1. Merupakan warganegara selain Turki (mereka yang sebelumnya merupakan warganegara Turki tidak dapat mendaftar).

2. Tidak terdaftar sebagai mahasiswa di universitas Turki pada jenjang studi yang dilamar.

3. Berusia maksimal 21 tahun untuk pelamar program S1, maksimal 30 tahun untuk pelamar program S2, dan maksimal 35 tahun untuk pelamar program S3.

4. Tidak memiliki masalah kesehatan yang dapat mengganggu perkuliahan.

5. Memenuhi persyaratan akademik dari program studi dan jenjang beasiswa yang dilamar. Bagi pelamar program S1, rata-rata Ujian Akhir Nasional minimal 70. Sedangkan bagi pelamar jenjang S2 dan S3, IPK minimal 3,00 skala 4,00.

Baca Juga: Beasiswa MBA di Amerika Serikat, Kursus TOEFL dan GMAT oleh Penerbit Erlangga

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Formulir aplikasi online.

2. Untuk pelamar S1: Salinan ijazah SMA atau dokumen yang menjelaskan bahwa pelamar merupakan pelajar tingkat akhir.
Untuk pelamar S2 & S3: Salinan ijazah S1/S2 atau dokumen yang menjelaskan bahwa pelamar merupakan mahasiswa S1/S2 tingkat akhir (Surat Keterangan Mahasiswa).

3. Transkrip Nilai (untuk jenjang S2 dan S3) / Daftar Nilai Rapot (untuk jenjang S1).

4. Salinan identitas diri yang sah (KTP, paspor, atau akte kelahiran).

5. Foto ukuran paspor.

Note: Beberapa jurusan/program studi mungkin akan memberikan persyaratan dan berkas dokumen tambahan (misal: skor TOEFL/IELTS, SAT, dsb). Pastikan anda memenuhi persyaratan dan dokumen yang diminta oleh program studi yang anda lamar.

Tata Cara Pendaftaran:
Pendaftaran Beasiswa Turki 2018 – 2019 dapat dilakukan secara online pada website resminya: www.turkiyeburslari.gov.tr. Pendaftaran untuk program S2 dan S3 dimulai pada 5 Februari s/d 5 Maret 2018, sedangkan untuk S1 dimulai pada 16 April s/d 14 Mei 2018. Walaupun masih berjarak beberapa bulan ke depan, namun anda dapat mempersiapkan diri dari sekarang. Misalnya mulai mencari informasi mengenai universitas dan bidang studi yang dituju.

Dalam beasiswa ini, pelamar tidak perlu mengajukan aplikasi pendaftaran terpisah pada universitas yang dituju. Dengan menggunakan formulir aplikasi online yang sama, pelamar juga bisa mendaftar langsung ke universitas yang diminati. Seleksi akan dilakukan dalam dua tahapan, yaitu administratif dan wawancara (bisa melalui telepon/internet).

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Pemerintah Turki 2018 – 2019 dapat menghubungi Call Center: 0 850 455 0 982, e-mail: info@turkiyeburslari.org, atau mengunjungi laman resminya: www.turkiyeburslari.gov.tr. Semoga bermanfaat.