INDBeasiswa.com – Berencana mengisi liburan tahun depan dengan kegiatan yang bermanfaat? Ikuti tawaran Student Summer Research Fellowship dari ETH Zurich University, Swiss berikut ini. Jurusan Ilmu Komputer dari kampus ETH Zurich saat ini menawarkan beasiswa penelitian singkat bagi mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana yang ingin mendapatkan pengalaman melakukan penelitian di kampus tersebut. Pendaftaran terbuka bagi mahasiswa internasional dari berbagai negara.

Beasiswa Penelitian Singkat Mahasiswa S1, S2, S3 di ETH Zurich Swiss Fully Funded

Beasiswa Penelitian Singkat Mahasiswa S1, S2, S3 di ETH Zurich Swiss Fully Funded
Beasiswa Penelitian Singkat Mahasiswa S1, S2, S3 di ETH Zurich Swiss Fully Funded

Beasiswa penelitian singkat ETH Zurich University akan dilaksanakan selama dua bulan, dari tanggal 1 Juli s/d 31 Agustus 2018.

Bidang penelitian yang ditawarkan adalah sebagai berikut:
1. Algorithms and theory
2. Computer systems
3. Human-computer interaction and cyberphysical systems
4. Information and system security
5. Machine learning
6. Programming languages and software engineering
7. Visual Computing
Informasi lebih detail mengenai bidang penelitian di atas dapat dibuka pada link berikut: Research.

Baca Juga: Program Pertukaran Mahasiswa D4-S1 ke Amerika Serikat oleh AMINEF

Selain mendapatkan pengalaman penelitian di bidang penelitian yang diminati, para peserta terpilih juga akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti menambah jaringan internasional, dukungan finansial selama masa program, serta kesempatan untuk menjelajahi budaya dan pemandangan Swiss. ETH Zurich sendiri merupakan salah satu universitas terbaik di Eropa dan meraih peringkat 10 di dunia versi QS World University Rankings. Tentunya akan ada berbagai pengalaman yang bermanfaat yang akan anda rasakan melalui program ini.

Cakupan pembiayaan yang ditanggung adalah sebagai berikut:
1. Tunjangan bulanan senilai CHF 1.750 (± Rp 23juta) untuk kebutuhan sehari-hari dan tempat tinggal.
2. Biaya perjalanan dan visa.

Persyaratan:
1. Terbuka untuk berbagai kewarganegaraan (termasuk Indonesia).

2. Merupakan mahasiswa Sarjana dan Pascasarjana yang sedang menempuh perkuliahan. Paling tidak akan lulus perkuliahan pada Januari 2019 atau setelahnya.

3. Terdaftar dalam program studi Ilmu Komputer atau bidang studi yang terkait lainnya (misal Teknik Elektro, Matematika, dan Fisika).

4. Mampu berkomunikasi dalam bahasa Inggris (tidak diharuskan menyertakan sertifikat kemampuan bahasa Inggris, tetapi akan lebih baik apabila turut disertakan).

Berkas dokumen yang dibutuhkan (softcopy):
1. Curriculum Vitae (CV).

2. Transkrip akademik resmi dari universitas asal. Sertakan juga terjemahan dalam bahasa Inggrisnya.

3. Letter of motivation atau personal statement dengan panjang maksimal 1 halaman A4. Jelaskan dengan bahasa anda sendiri mengenai perihal berikut:
“Describe in your own words why you have chosen your proposed scientific area of research. Explain what you hope to accomplish by coming to ETH and how it will support your academic or professional goals and prepare you for a career in research.”

4. Surat rekomendasi dari pembimbing akademik. Pembimbing dapat mengirimkan secara langsung ke email: SSR_Fellowship@inf.ethz.ch. Cantumkan pada subjek email: “Reference letter for (nama mahasiswa)”.

Baca Juga: Beasiswa untuk Pemilik Startup dan UKM di Jakarta

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar program penelitian singkat di ETH Zurich University, pelamar dapat membuka link berikut: Register with SiROP. Buat akun SiROP baru apabila universitas asal anda tidak tercantum dalam daftar yang ada.

Apabila telah menyelesaikan pendaftaran via SiROP, pelamar dapat melanjutkan pendaftaran online pada link berikut: Apply now via SiROP. Klik Apply Now pada bagian bawah halaman.

Isi dan lengkapi data-data yang diminta. Upload juga softcopy berkas dokumen yang tertera di atas. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 31 Desember 2017. Surat rekomendasi dari pembimbing juga harus sudah dikirimkan sebelum 15 Februari 2018. Pengumuman hasil pemenang akan diinfokan via email sekitar pertengahan Februari 2018.

Apabila ada kesulitan dapat menghubungi email: ssr_fellowship@inf.ethz.ch atau mengunjungi laman resminya pada: www.inf.ethz.ch. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.