INDBeasiswa.com – Selain beasiswa pertukaran mahasiswa ke Amerika Serikat, ada juga beasiswa pertukaran yang dapat diikuti oleh pekerja profesional dengan pengalaman kerja minimal dua tahun. YSEALI Professional Fellows Program merupakan sebuah program pertukaran bagi pekerja profesional dari negara-negara ASEAN untuk mengikuti fellowship selama lima minggu di Amerika Serikat, termasuk empat minggu bekerja secara langsung pada organisasi non-profit, kantor pemerintahan negara bagian dan lokal, serta pada instansi swasta di Amerika Serikat.

Program Pertukaran Pekerja Profesional ke Amerika Serikat Fully Funded

Program Pertukaran Pekerja Profesional ke Amerika Serikat Fully Funded
Program Pertukaran Pekerja Profesional ke Amerika Serikat Fully Funded

Program ini bersifat fully funded, artinya telah mencakup pembiayaan keseluruhan selama program berlangsung, seperti biaya perjalanan, biaya hidup, asuransi, dan visa. Keuntungan lainnya, para peserta dapat meningkatkan skill kepemimpinan, keahlian praktis, menambah relasi profesional baik dengan peserta dari negara ASEAN maupun rekan-rekan di Amerika Serikat.

Baca Juga: Program Karir Profesional Non-Gelar di Amerika oleh Hubert H. Humphrey Fellowship Program

Program pertukaran profesional YSEALI 2017 terbagi menjadi 3 program, dimana peserta hanya diperbolehkan memilih salah satu program berikut:
1. Economic Empowerment
Program pertukaran ini berfokus pada pemberdayaan ekonomi bagi para profesional muda dari 10 negara ASEAN. Informasi lebih detail mengenai persyaratan dan tata cara pendaftaran dapat menuju pada link berikut: professionalfellows.americancouncils.org. Deadline: 13 November 2017.

2. Environmental Sustainability
Program ini berfokus pada bidang kelestarian lingkungan yang dapat diikuti oleh pemimpin profesional muda dari 10 negara ASEAN. Informasi persyaratan dan pendaftaran dapat menuju link berikut: icma.org. Deadline: 6 November 2017.

3. Legislative Process and Governance / Civic Engagement:
Program yang berfokus pada proses legislatif dan pemerintahan daerah bagi para pemimpin-pemimpin muda daerah dari 10 negara ASEAN. Informasi persyaratan dan pendaftaran dapat menuju link berikut: acypl.org. Deadline: 17 November 2017.

Persyaratan Umum:
1. Merupakan warganegara dari 10 negara ASEAN (Brunei, Burma, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam) yang membawa perubahan dan inovasi pada sosial masyarakat, sektor publik atau swasta.

2. Berusia antara 25 s/d 35 tahun, saat ini sedang bekerja dengan pengalaman kerja minimal dua tahun pada saat mengajukan pendaftaran.

3. Memiliki pengalaman dalam membuat dampak pada masyarakat, institusi atau perusahaan asal.

4. Lancar menulis dan berbicara dalam bahasa Inggris.

Daftar Fellowship Terbaru

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk melakukan pendaftaran program pertukaran profesional YSEALI 2017, anda dapat mengunjungi link dari masing-masing program di atas. Pastikan anda mendaftar sebelum deadline yang telah ditentukan.

Kriteria Seleksi:
1. Menunjukkan pengalaman kepemimpinan yang kuat atau dampak positif di masyarakat atau tempat kerja.

2. Menunjukkan pengetahuan atau pengalaman profesional pada salah satu Tema YSEALI: Civic Engagement, Environment and Natural Resources Management, atau Entrepreneurship and Economic Development.

3. Menunjukkan komitmen atau ketertarikan pada layanan masyarakat, kegiatan sukarela, atau bimbingan.

4. Tertarik untuk mempelajari Amerika Serikat dan kawasan ASEAN.

5. Bersedia berpartisipasi aktif dalam lingkungan kerja profesional untuk mengembangkan skill kepemimpinan dan kapasitas profesional.

6. Berkomitmen untuk kembali ke negara asal untuk menerapkan skill kepemimpinan dan pelatihan yang didapatkan bagi masyarakat dan negara asal, atau kawasan ASEAN.

7. Lebih diutamakan bagi peserta yang belum pernah studi, bekerja, atau melakukan perjalanan ke Amerika Serikat sebelumnya.

Informasi lebih detail mengenai Program Pertukaran Profesional Muda ke Amerika dapat menghubungi Kedutaan Besar AS di Jakarta pada nomer telp: 021 3435-9000 atau mengunjungi link berikut: exchanges.state.gov. Selamat mencoba.