INDBeasiswa.com – The ASEAN Senior Officials Meeting on Youth (SOMY) saat ini mengadakan Kompetisi Essay ASEAN Youth Citizen Journalism 2017. Essay yang dibuat harus mengangkat hal-hal yang penting bagi kaum muda di Komunitas ASEAN, seperti wirausaha muda, pekerjaan, peningkatan kesadaran, kegiatan sukarelawan dan kepemimpinan, serta membangun komunitas yang kuat. Total hadiah yang diberikan senilai USD $ 1,000 dan 20 finalis terpilih berkesempatan untuk mengikuti workshop jurnalisme selama 4 hari di Singapura secara gratis.

Kompetisi Essay Anak Muda ASEAN berhadiah Gratis Mengikuti Workshop di Singapura & Uang Tunai

Kompetisi Essay ASEAN Youth Citizen Journalism 2017
Kompetisi Essay ASEAN Youth Citizen Journalism 2017

Kompetisi ini didukung oleh ASEAN Foundation dan Pemerintah Amerika Serikat melalui ASEAN-U.S. PROGRESS, proyek kolaborasi antara USAID (U.S. Agency for International Development) dan Departemen Luar Negeri USA. Dukungan tambahan akan disediakan oleh Singapore-ASEAN Youth Fund dan Singapore Polytechnic.

Baca Juga: Beasiswa Sertifikasi Internasional untuk Mahasiswa Indonesia

Persyaratan:
1. Merupakan citizen jurnalis yang berasal dan tinggal di negara ASEAN (Indonesia, Brunei Darussalam, Kamboja, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam). Catatan: Jurnalis profesional yang bekerja pada media secara penuh waktu tidak diperbolehkan mengikuti kompetisi ini.

2. Pelamar berusia antara 18 s/d 30 tahun per tanggal 13 Oktober 2017.

3. Para finalis yang terpilih nantinya harus memiliki paspor ke Singapura dan mampu berkomunikasi secara lancar dalam bahasa Inggris (lisan dan tulisan).

4. Para finalis yang terpilih harus memiliki akun Facebook dan Gmail yang aktif untuk mempermudah komunikasi antara pelatih dan peserta lainnya.

Tata Cara Pendaftaran:
1. Membuat essay pada salah satu tema yang dipilih berikut: Youth Entrepreneurship, Employment, Awareness Raising, Volunteerism and Leadership, and Building Resilient Community in ASEAN. Jelaskan juga mengapa tema yang anda pilih tersebut penting bagi kaum muda ASEAN dan bagaimana tema tersebut relevan dengan kehidupan anda. Essay harus diketik dalam bahasa Inggris dengan panjang maksimal 600 kata, ukuran huruf: 12pt Times New Roman dan double spasi.

2. Dalam dokumen terpisah, cantumkan referensi atau sumber yang mendukung informasi yang anda tuliskan pada essay. Referensi bisa dalam berbagai format, seperti teks, foto, infografis atau audio/video. Dokumen ini diunggah sebagai bagian dari aplikasi pendaftaran.

3. Buka link pendaftaran berikut: www.aseanyouthcjcontest.com, lengkapi Formulir Aplikasi yang tersedia. Kemudian upload dua dokumen di atas (essay dan referensi pendukung).

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 13 Oktober 2017 pukul 17:00 WIB. Beberapa kriteria penilaian essay meliputi kejelasan gagasan yang diungkapkan, kreativitas, potensi dampak bag pembaca, dan orisinalitas. Selanjutnya akan terpilih 20 finalis (dua orang dari masing-masing negara ASEAN) yang akan mengikuti workshop jurnalis citizen di Singapura pada tanggal 6 s/d 11 November 2017.

Informasi lebih detail mengenai Kompetisi Essay ASEAN Youth Citizen Journalism 2017 dapat menghubungi email: AYCJ@aseanfoundation.org atau mengunjungi website resminya: aseanfoundation.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.