INDBeasiswa.com – Bagi kamu pemuda-pemudi Indonesia, ada program pelatihan menarik yang bisa kamu ikuti. Skema Indonesian Youth Marine Debris Summit (IYMDS) merupakan program pelatihan dan pengembangan yang ditujukan bagi 70 pemuda/i dari seluruh Indonesia yang memiliki tekad kuat dalam memberikan perubahan positif, terutama dalam isu sampah laut. Setiap peserta akan diterbangkan ke Jakarta dan merepresentasikan provinsi asal. Program pelatihan pemuda ini akan dilaksanakan selama lima hari yaitu pada tanggal 24 s/d 29 Oktober 2017.

Beasiswa Pelatihan Pemuda dalam Isu Sampah Laut di Jakarta & Kep. Seribu

Pelatihan Pemuda dan Karyawisata Singkat di Jakarta Fully Funded
Pelatihan Pemuda dan Karyawisata Singkat di Jakarta Fully Funded

Agenda kegiatan yang akan dilaksanakan adalah sebagai berikut:

WORKSHOP (24, 25, 27, 28 Oktober 2017)
Lokasi: Mercure Ancol & KFC Ancol
Kegiatan: Serangkaian seminar, diskusi, dan aktivitas interaktif untuk memberikan pemahaman yang mendalam mengenai sampah laut.

FIELD TRIP & CLEAN UP (26 Oktober 2017)
Lokasi: Pulau Seribu
Kegiatan: Diving dan snorkeling sembari melakukan clean up di lepas pantai Pulau Harapan, Kepulauan Seribu.

PROJECT & IMPLEMENTATION (November 2017 s/d September 2018)
Lokasi: Provinsi masing-masing
Kegiatan: Pelaksanaan action plan sesuai dengan masalah yang dihadapi pada provinsi masing-masing. Hal ini akan menjadi solusi nyata dalam memecahkan permasalahan sampah laut.

Baca Juga: Beasiswa Toyota Astra untuk Mahasiswa S1

Pelatihan pemuda IYMDS ini dibiayai penuh oleh organisasi non-profit yaitu Divers Clean Action (DCA). Seluruh akomodasi serta transportasi, dari dan menuju Jakarta serta Kepulauan Seribu akan ditanggung penuh. Akomodasi sudah termasuk makanan dan tempat menginap. Transportasi juga sudah termasuk perjalanan jalur darat dari rumah menuju bandara terdekat, penerbangan PP bandara tempat tinggal – Jakarta, serta kapal PP Jakarta – Kepulauan Seribu.

70 peserta terpilih nantinya akan dibagi ke dalam 14 kelompok untuk merancang dan mengimplementasikan action plan. Kelompok dengan action plan terbaik akan berkesempatan untuk menjadi perwakilan Indonesia dalam Our Ocean Conference, sebuah konferensi bergengsi internasional milik U.S. Department of State yang akan dilaksanakan di Bali tahun 2018.

Program IYMDS tidak hanya sekedar program yang berlangsung selama lima hari, namun peserta harus berkomitmen penuh hingga pelaksanaan action plan guna membantu peserta dalam memaksimalkan potensi kepemimpinan, sudut pandang, dan jaringan dengan peserta lain.

Persyaratan:
1. Merupakan Warga Negara Indonesia.

2. Merupakan pemuda/pemudi berusia 18 s/d 25 tahun.

3. Bertempat tinggal di Indonesia.

4. Siap melaksanakan aksi nyata dan membuat perubahan bagi masyarakat.

Baca Juga: Beasiswa Pertukaran Mahasiswa S1 ke Thailand

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Formulir aplikasi (Download).

2. Scan KTP/SIM.

3. Curriculum Vitae (CV).

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar pelatihan pemuda oleh IYMDS, pelamar dapat mengirimkan seluruh berkas dokumen di atas kepada email: apply@iymds.com.

Cantumkan pada subject email: [Form_IYMDS2017_Nama_Asal Provinsi sesuai KTP], contoh: [Form_IYMDS2017_Melati_Jawa Tengah]. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 17 September 2017. Pengumuman peserta terpilih akan diinformasikan via email pada tanggal 21 September 2017.

Informasi lebih detail mengenai seleksi pelatihan pemuda IYMDS dapat menghubungi: info@iymds.com atau mengunjungi laman resminya pada: www.iymds.com. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.