INDBeasiswa.com – Kementerian Pertanian Republik Indonesia melalui Gerakan Pemuda Tani Indonesia (Gempita) saat ini mengadakan Lomba Agriventor 2017, sebuah kompetisi penemu muda teknologi pertanian yang ditujukan bagi generasi muda Indonesia. Diharapkan dengan adanya perlombaan ini dapat melahirkan generasi muda yang maju dengan penemuan-penemuan mutakhir di bidang pertanian. Hadiah yang ditawarkan pun tidak tanggung-tanggung. Total seluruh dana pembinaan yang diberikan kepada para juara yaitu sebesar Rp 3 Miliar. Tentunya kesempatan ini patut anda coba.

Lomba Agriventor 2017 Kompetisi Penemu Muda Teknologi Pertanian oleh Kementerian Pertanian RI

Lomba Agriventor 2017 Kompetisi Penemu Muda Teknologi Pertanian oleh Kementerian Pertanian RI
Lomba Agriventor 2017 Kompetisi Penemu Muda Teknologi Pertanian oleh Kementerian Pertanian RI

Nama Lomba:
Agriventor 2017: Kompetisi Penemu Muda Teknologi Pertanian.

Tema Lomba:
Inovasi Penemu Muda Teknologi Pertanian untuk Kedaulatan Pangan.

Tujuan dan Sasaran:
Lomba Agriventor 2017 bertujuan untuk memperoleh berbagai inovasi teknologi yang diharapkan
berdampak pada penguatan teknologi pertanian, penguatan peran generasi muda di bidang
pertanian, perluasan areal tanaman pangan, dan peningkatan produksi pangan. Adapun
sasaran kegiatan ini adalah generasi muda yang berada di dalam atau di luar kampus.

Baca Juga: Beasiswa Kuliah di Jepang Program S1 – S2 – S3 oleh Rotary Yoneyama Scholarship

Ruang Lingkup:
Lomba Agriventor 2017 adalah kompetisi penemu muda teknologi pertanian yang berupa karya penciptaan, dan atau perekayasaan serta pengembangan. Karya bertujuan mengembangkan penerapan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan teknologi yang telah ada. Inovasi karya meliputi aspek: budidaya, pasca panen, keamanan pangan, pengolahan, dan pengemasan.

Kegiatan ini adalah dalam lingkup perekayasaan sehingga hasilnya berupa model atau pun purwarupa. Sejauh mungkin perekayasaan dilaksanakan dengan menggunakan komponen hasil produksi dalam negeri.

Kriteria Penilaian:
Cakupan dalam Lomba Agriventor 2017 adalah teknologi inovatif yang sesuai dengan
kebutuhan petani, dapat menjawab permasalahan petani, ramah/tidak merusak lingkungan, dan dapat dimanfaatkan oleh petani secara mudah serta menghasilkan nilai tambah, dimana penerapan teknologi ini merupakan teknologi tepat guna yang efektif dan efisien.

Berdasarkan cakupan di atas, penilaian dilakukan atas dasar pembobotan pada:
– Ide/originalitas
– Kemanfaatan
– Pengunaan komponen hasil produksi dalam negeri
– Kemudahan penggunaan di masyarakat/tepat guna
– Kemudahan replikasi
– Efisiensi

Perlu diketahui, keikutsertaan dalam lomba ini tidak dipungut biaya. Biaya yang timbul dalam penelitian dan pembuatan peralatan ditanggung oleh pihak peserta.

Pemenang Lomba Agriventor 2017 diklasifikasikan dalam: Juara I, II, III dan Juara Harapan I, II, III. Penghargaan/apresiasi pemenang lomba terbaik diberikan berupa dana pembinaan, senilai :
Juara I : Rp. 1.000.000.000,- + Piala/Trophy + Sertifikat
Juara II : Rp. 750.000.000,- + Piala/Trophy + Sertifikat
Juara III : Rp. 500.000.000,- + Piala/Trophy + Sertifikat
Juara Harapan I : Rp. 300.000.000,- + Piala/Trophy + Sertifikat
Juara Harapan II : Rp. 250.000.000,- + Piala/Trophy + Sertifikat
Juara Harapan III : Rp. 200.000.000,- + Piala/Trophy + Sertifikat

Baca Juga: Beasiswa Konferensi Mahasiswa S1 di Bali Program BDSC Tahun 2017 Fully Funded

Persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan:
1. Mengisi Formulir Pendaftaran (Formulir 1).

2. Usulan/proposal lomba dengan penjelasan tertulis mengenai informasi sesuai ketentuan, diketik pada kertas ukuran A4 dengan jumlah halaman maksimum sebanyak 10 halaman diketik dengan spasi 2, format PDF.

3. Usulan/proposal lomba inovasi teknologi berisi informasi tentang judul, identtias peserta (nama, nomor telepon, alamat lengkap), kontak person, deskripsi peralatan yang diikutkan dalam perlombaan (latar belakang inovasi teknologi yang dikembangkan, manfaat, spesifikasi, ukuran, bahan, biaya pembuatan, cara kerja, kelebihan dan kelemahan, serta informasi lain yang dirasa perlu.

4. Pernyataan berisi keterangan bahwa karya teknologi yang diikutkan dalam perlombaan
bukan replika/menjiplak karya pihak lain dan belum pernah menjadi juara pada perlombaan.

Sistematika Penulisan Usulan/Proposal:
1. Pendahuluan: berisi latar belakang yang menjelaskan alasan terhadap pemilihan judul,
tujuan pembuatan alat, dan manfaat hasil karya.
2. Metode dan desain: berisi metode dan desain alat yang digunakan. Bila perlu dijelaskan juga landasan teori dan kerangka konsep.
3. Deskripsi peralatan: berisi antara lain spesifikasi, ukuran, bahan, cara kerja/prinsip kerja, manfaat, kelebihan dan kelemahan, biaya pembuatan, serta informasi lain yang dirasa perlu.
4. Lampiran: gambar/foto/sketsa.

Tata Cara Pendaftaran:
Formulir pendaftaran dapat diunduh pada laman berikut: www.gempita.pertanian.go.id. Selanjutnya dokumen usulan/proposal lomba dikirimkan kepada PANITIA LOMBA AGRIVENTOR 2017 dengan email: agriventor.gempita@gmail.com.

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 3 Oktober 2017. Peserta yang lolos pada tahapan seleksi proposal akan diumumkan pada 5 Oktober 2017 pada website www.gempita.pertanian.go.id. Selanjutnya proposal/usulan yang dinyatakan lolos ke dalam Tahapan Final harus diperagakan di depan Dewan Juri di Jakarta pada tanggal 14 s/d 15 Desember 2017. Pengumuman pemenang lomba akan dilaksanakan pada tanggal 16 Desember 2017 di Jakarta.

Informasi lebih detail mengenai Lomba Agriventor 2017 dapat diunduh pada link berikut: Pedoman Kompetisi atau mengunjungi laman resminya pada gempita.pertanian.go.id. Semangat berkarya generasi muda Indonesia!