INDBeasiswa.com – Yayasan Bhumiksara yang berkedudukan di Jakarta, tahun ini kembali menawarkan Program Beasiswa Pemapan (Pemimpin Masa Depan) bagi mahasiswa S1 yang sedang memasuki semester III, khususnya pemuda/i Katolik. Program Beasiswa untuk Mahasiswa Katolik ini bertujuan untuk mempersiapkan para calon pemimpin muda Katolik yang unggul dalam kompetensi keilmuan, bersemangat belarasa, teguh dalam spiritualitas Kristiani, serta memiliki integritas kepribadian yang dapat diandalkan.

Beasiswa untuk Mahasiswa Katolik dalam Program Beasiswa Pemapan

Beasiswa untuk Mahasiswa Katolik di Indonesia dari Yayasan Bhumiksara
Beasiswa untuk Mahasiswa Katolik di Indonesia dari Yayasan Bhumiksara

Program beasiswa untuk mahasiswa Katolik tersebut diberikan kepada 10 Perguruan Tinggi Negeri yang telah ditentukan yaitu:

1. Universitas Indonesia (UI)
2. Universitas Gadjah Mada (UGM)
3. Institut Teknologi Bandung (ITB)
4. Institut Pertanian Bogor (IPB)
5. Universitas Airlangga (UNAIR)
6. Universitas Brawijaya (UNIBRAW)
7. Universitas Padjadjaran (UNPAD)
8. Universitas Sebelas Maret (UNS)
9. Universitas Diponegoro (UNDIP)
10. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Daftar Beasiswa S1

Bentuk beasiswa yang diberikan berupa bantuan dana pendidikan senilai Rp 6.000.000,- (enam juta rupiah) yang diberikan per semester. Nantinya para penerima beasiswa wajib mengikuti aneka program pendampingan yang akan dilakukan sepanjang masa kuliah.

Pendaftaran beasiswa terbuka bagi seluruh mahasiswa Katolik, baik yang berasal dari Pulau Jawa maupun dari luar Jawa. Para mahasiswa Katolik yang berasal dari luar Jawa yang berasal dari keluarga dengan ekonomi terbatas akan lebih diprioritaskan.

Persyaratan:
1. Memiliki Indeks Prestasi akademik tiap semester minimal 3.00.

2. Mampu menunjukkan keterlibatan aktif minimal pada dua kegiatan sosial yang dilaksanakan baik di dalam atau luar kampus.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar beasiswa untuk mahasiswa S1 dari Program Pemapan, bisa meminta Formulir Pendaftaran dengan menghubungi alamat email: pemapan@gmail.com.

Formulir yang telah dilengkapi, wajib dikirimkan kembali pada alamat email di atas. Batas waktu pendaftaran sampai dengan 22 September 2017. Proses seleksi akan terbagi menjadi dua tahapan yaitu, seleksi administrasi dan wawancara.

Komponen seleksi administrasi yang menjadi poin penilaian meliputi: kemampuan dan prestasi akademik, kondisi ekonomi keluarga, asal daerah, prestasi non-akademik yang dimiliki, keterlibatan dalam kegiatan sosial, serta penilaian terhadap esai yang telah dibuat. Pengumuman hasil Tahap I akan dilaksanakan pada 12 Oktober 2017.

Baca Juga: Pengalaman Mengikuti Pertukaran Mahasiswa ke Vienna, Austria

Selanjutnya para peserta yang lolos seleksi akan mengikuti tes tulis dan wawancara dengan pembagian lokasi sebagai berikut:

a. Jakarta (29 Oktober 2017): untuk pelamar dari Jakarta, Bogor, dan Bandung.
b. Yogyakarta (28 Oktober 2017): untuk pelamar dari Yogyakarta, Klaten, Semarang, Solo dan sekitarnya (wilayah Jawa Tengah).
c. Surabaya (27 Oktober 2017): untuk pelamar dari Surabaya, Malang, dan sekitarnya (wilayah Jawa Timur).

Pada saat wawancara, peserta diminta membawa sejumlah berkas persyaratan administratif untuk proses verifikasi isian formulir pendaftaran dan berkas pendukung lainnya. Pengumuman hasil seleksi final akan dilaksanakan pada 15 November 2017.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dapat menghubungi email: pemapan@gmail.com atau mengunjungi Sumber Informasi. Semoga bermanfaat dan pergunakan kesempatan ini sebaik-baiknya.