Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – ASEAN CSR Fellowship 2018 kembali diadakan bagi warganegara ASEAN berusia antara 25 s/d 45 tahun. Fellowship ini bertujuan untuk membangun generasi selanjutnya dari masing-masing perwakilan negara ASEAN dalam bisnis yang bertanggung jawab di Asia Tenggara, memanfaatkan potensi sektor swasta dalam menangani isu-isu penting di bidang anti-korupsi, degradasi lingkungan, serta hak asasi manusia.

ASEAN CSR Fellowship 2018 – Partial Scholarship

ASEAN CSR Fellowship 2018 di Singapura, Myanmar dan Vietnam
ASEAN CSR Fellowship 2018 di Singapura, Myanmar dan Vietnam

Fellowship akan berlangsung sepanjang satu tahun pada 3 negara di ASEAN. Masing-masing studi tur akan menghabiskan 5 hari di Singapura/Malaysia, Myanmar, dan Vietnam. Fellowship ini tidak bersifat full-time, sehingga peserta tetap dapat melaksanakan kewajiban atau pekerjaannya. Peserta akan bertemu 3 kali dalam setahun dengan jadwal berikut:
1. Kursus online: Februari 2018
2. Modul 1: Singapura/Malaysia (5 hari, 5-9 Maret 2018)
3. Modul 2: Vietnam (5 hari, 2-6 Juli 2018)
4. Modul 3: Myanmar (5 hari, 5-9 Oktober 2018)

Dalam program ini, para peserta berkesempatan untuk bertemu dengan para pemimpin bisnis, perwakilan pemerintahan, praktisi akademik dan kemasyarakatan. Modul-modul yang diberikan juga meliputi pendalaman isu-isu sulit, seperti hak pekerja migran, standar ketenagakerjaan dan investasi yang bertanggung jawab. Pembelajaran ini diharapkan dapat membangun pemahaman CSR yang berlaku di seluruh negara ASEAN.

Baca Juga: Program Karir Profesional Non-Gelar di Amerika

Total biaya untuk mengikuti Fellowship ini sebesar SGD 5,000 (belum termasuk tiket pesawat dan akomodasi). Namun program ini juga menawarkan beasiswa parsial yang dibiayai oleh Pemerintah Swedia dan Inggris bagi peserta terbaik. Seluruh komponen biaya akan ditanggung dalam beasiswa, namun peserta harus membiayai sendiri tiket pesawat.

Persyaratan:
1. Merupakan warga negara dari negara anggota ASEAN (termasuk Indonesia).

2. Berusia antara 25 s/d 45 tahun.

3. Merupakan profesional karir menengah dalam bisnis, pemerintahan, sosial, atau sektor yang berkaitan. Memiliki ketertarikan dan komitmen dalam mendalami karir pada bidang CSR.

4. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang kuat, karena materi akan diajarkan dalam bahasa Inggris.

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Resume dengan panjang tidak lebih dari 2 halaman, berisi informasi berikut:
a. Informasi pribadi: nama lengkap, alamat, kebangsaan, pendidikan, bahasa yang dikuasai
b. Riwayat pekerjaan dan pendidikan saat ini dan sebelumnya.

2. Pengajuan tertulis berisi motivasi anda mendaftar Fellowship ini, panjang 300 – 600 kata. Poin-poin yang harus diperhatikan dalam pengajuan:
a. Apa latar belakang profesional, pengalaman dan keahlian anda yang berhubungan dengan program corporate social responsibility (CSR)?
b. Mengapa anda mendaftar fellowship ini, dan apa rencana anda dengan ilmu dan pengalaman baru yang akan didapatkan setelah pembelajaran selama satu tahun?
c. Jelaskan dengan singkat pengertian anda tentang praktik bisnis yang bertanggung jawab, atau tanggung jawab sosial perusahaan (CSR), dapat berkontribusi pada pengembangan berkelanjutan ASEAN.
d. Tuliskan juga apabila anda bermaksud mendaftar beasiswa parsial (mencakup seluruh biaya yang dibutuhkan kecuali biaya tiket pesawat).

3. Kontak dua orang pemberi rekomendasi.
Satu dari atasan anda saat ini, dan yang lain bisa dari atasan anda sebelumnya/pembimbing akademik/pimpinan komunitas (misal: dari kegiatan sosial, sukarelawan, atau organisasi keagamaan. Tuliskan nama lengkap, gelar beserta kontak pemberi rekomendasi yang dapat dihubungi.

Dokumen Optional:
4. Surat dukungan dari dua orang pemberi rekomendasi pada point 3.

5. Sertifikat, penghargaan, atau transkrip lainnya.

Catatan:
1. Upload seluruh dokumen dalam dokumen MS Word (.doc, .docx).
2. Submit seluruh berkas dokumen dalam bahasa Inggris.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar ASEAN CSR Fellowship 2018, kirimkan seluruh dokumen ditujukan kepada: Melissa Chong, Programme Manager for the ASEAN CSR Fellowship melalui email: melissa@asean-csr-network.org.

Batas waktu pendaftaran sampai dengan 1 Desember 2017. Proses wawancara akan dilakukan via skype. Para kandidat yang terpilih akan diinformasikan pada 31 Januari 2018. Selanjutnya para kandidat datang ke Singapura pada tanggal 5 s/d 9 Maret 2018 untuk memulai Modul 1 Fellowship.

Informasi lebih detail dapat menghubungi kontak person dan email di atas atau mengunjungi laman resminya: www.asean-csr-network.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.