INDBeasiswa.com – Satu lagi beasiswa dari Pemerintah Daerah setempat, selain Beasiswa Penajam Paser Utara (PPU) yang telah dibahas sebelumnya. Pemerintah Aceh juga menawarkan beasiswa kuliah S1 bagi lulusan SMA/Sederajat yang memiliki prestasi juara 1, 2, atau 3 pada event resmi tingkat nasional dan internasional. Program Beasiswa Pemerintah Aceh ini dapat digunakan untuk melanjutkan kuliah S1 pada Perguruan Tinggi Negeri atau Perguruan Tinggi Swasta dengan akreditasi minimal B.

Beasiswa Pemerintah Aceh Tahun 2017 untuk Lulusan SMA Sederajat

Beasiswa Pemerintah Aceh Kuliah S1 untuk Lulusan SMA Sederajat
Beasiswa Pemerintah Aceh Kuliah S1 untuk Lulusan SMA Sederajat

Adapun beasiswa S1 yang diberikan disesuaikan dengan Standar Beasiswa LPSDM Aceh dengan maksimum biaya SPP yang ditanggung sebesar Rp 6.000.000,- (enam juta rupiah) per semester.

Persyaratan dan Kriteria Pelamar Beasiswa:
1. Merupakan orang Aceh dan/atau penduduk Aceh yang berdomisili minimal dua (2) tahun di wilayah Aceh yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan/atau Kartu Keluarga (KK).

2. Memiliki kondisi tubuh yang sehat jasmani dan rohani yang dibuktikan dengan Surat Keterangan Sehat dari dokter pemerintah.

3. Melampirkan Surat Rekomendasi dari Dinas Pendidikan Aceh yang menyatakan bahwa pelamar adalah benar siswa berprestasi pada tingkat nasional dan/atau internasional.

4. Bersedia menandatangani surat pernyataan berikut (format terlampir):
a. Tidak sedang menerima beasiswa penuh (full scholarship) dari sumber lain;
b. Tidak terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila;
c. Tidak pernah/akan terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar kode etik Akademik;
d. Sanggup memenuhi ketentuan beasiswa yang ditetapkan oleh Pemerintah Aceh;
e. Tidak mengajukan perpindahan Perguruan Tinggi dan/atau program studi; dan
f. Menyampaikan data dan dokumen yang benar sesuai aslinya.

5. Sertifikat serta Piagam Penghargaan.

6. Mengisi dan melengkapi Surat Permohonan Beasiswa.

7. Surat Tanda Lulus Ujian Masuk Perguruan Tinggi.

8. Pasfoto berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar.

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar Beasiswa Berprestasi dari Pemda Aceh dapat menyerahkan seluruh berkas dokumen yang diminta di atas langsung ke Kantor LPSDM Aceh pada alamat berikut:
Kompleks Kantor Gubernur Aceh, Gedung Biro Keistimewaan dan Kesejahteraan Rakyat (Isra) Lantai III
Jln. T. Nyak Arief No. 219 Banda Aceh
Telp.: (0651) 7551696

Jadwal penyerahan dokumen adalah 28 Agustus 2017 s/d 15 September 2017. Selanjutnya akan dilaksanakan seleksi dokumen mulai tanggal 18 s/d 20 September 2017. Pengumuman kelulusan akan dilaksanakan pada 22 September 2017. Para kandidat terpilih nantinya wajib mengisi data diri secara online pada website LPSDM Aceh serta menandatangani kontrak (perjanjian).

Informasi lebih detail dapat menghubungi Kantor LPSDM Aceh pada alamat di atas atau mengunjungi Sumber Informasi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.