INDBeasiswa.com – Menurut hasil survey, jumlah pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan kuliah di Polandia sangat sedikit. Entah karna kurangnya sumber, akses atau memang kurang berminat. Padahal kalau teman-teman tahu sejak tahun 2015, Indonesia dan Polandia telah melakukan kerja sama dalam bidang pendidikan dan memberikan beasiswa bagi pelajar yang ingin menempuh jenjang Strata Dua (S2) atau Strata Tiga (S3).

Informasi Beasiswa Kuliah di Polandia Melalui Program Ignacy Lukasiewicz Scholarship

Informasi Beasiswa Kuliah di Polandia Melalui Program Ignacy Lukasiewicz Scholarship
Informasi Beasiswa Kuliah di Polandia Melalui Program Ignacy Lukasiewicz Scholarship

Sesuai namanya beasiswa ini diambil dari seorang penemu lampu kerosin dan juga penggerak industri minyak serta gas alam bernama Ignacy Lukasiewicz. Sehingga tidak mengherankan kalau tujuan penerima beasiswa ini ditujukan buat pelajar yang ingin memperdalam ilmu sains dan teknologi.

Untuk skema penerimaan mahasiswa S2 dan S3 cukup berbeda. Kalau yang S2 diharuskan belajar bahasa Polandia dulu selama satu tahun baru kemudian mengikuti perkuliahan Magister sedangkan bagi pelamar S3 tidak perlu belajar bahasa Polandia, mereka langsung bisa melakukan riset di universitas tujuan.

Anda juga bebas menentukan universitas publik mana yang ingin anda masuki. Semuanya tergantung pada kebutuhan dan kesesuaian bidang yang ingin anda geluti. Jadi lakukan pencarian sebanyak-banyaknya pada universitas tujuan yang telah ditentukan oleh pihak penyedia beasiswa.

Pembukaan beasiswa ini cuma sekali setiap tahunnya dan dilakukan selalu pada bulan Mei atau Juni. Kemudian pengumuman kandidat yang lolos dilakukan pada bulan Agustus. Untuk Tahun 2017 – 2018, pendaftaran Beasiswa Ignacy Lukasiewicz sedang dibuka hingga tanggal 23 Juni 2017 (untuk pelamar S2) dan 5 Juli 2017 (untuk pelamar S3). Informasi selengkapnya bisa dibuka di: Beasiswa Pemerintah Polandia untuk Kuliah S2 – S3.

Soal kultur dan budaya orang-orang Polandia terkenal ramah dan mau membantu kesulitan kita beradaptasi, terutama para dari dosen, profesor dan guru bahasa. Soal suasana kota dijamin bikin betah deh pokoknya. So, persiapkan dirimu mulai sekarang dan selamat berjuang bagi teman-teman yang ingin melanjutkan studi ke Polandia.