INDBeasiswa.com – Selain Beasiswa Pemkot Surabaya, ada juga beasiswa yang disediakan oleh Pemerintah Daerah lainnya. Kali ini datang dari Kabupaten Berau. Bapak Bupati Muharram menyampaikan bahwa saat ini tengah ditawarkan Program Beasiswa Berau Gemilang bagi putra/i yang menempuh pendidikan baik di daerah maupun di luar daerah. Beasiswa yang diberikan pun terbuka mulai dari jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, hingga Perguruan Tinggi.

Beasiswa Berau Gemilang untuk Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Berau

Beasiswa Berau Gemilang untuk Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Berau
Beasiswa Berau Gemilang untuk Pelajar dan Mahasiswa Kabupaten Berau (Image Source)

Program Beasiswa Berau Gemilang terbagi menjadi dua kategori berikut:
1. Miskin atau Tidak Mampu; dan
2. Berprestasi dibidang akademik.

Persyaratan Beasiswa Berau untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah:
a. Bagi keluarga miskin atau tidak mampu:
1. Merupakan siswa tingkat Sekolah Dasar/MI/Sederajat, tingkat SMP/MTS/Sederajat serta tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat.

2. Melampirkan fotocopy rapor sampai dengan semester terakhir yang telah dilegalisir oleh kepala sekolah.

3. Surat Keterangan Miskin atau Tidak Mampu dari Kepala Kampung/Lurah setempat.

4. Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang penetapan nama-nama siswa penerima beasiswa bagi keluarga miskin atau tidak mampu sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan oleh Kepala Perangkat Daerah yang membidangi urusan pendidikan.

b. Bagi siswa yang berprestasi dibidang akademik:
1. Merupakan siswa tingkat Sekolah Dasar/MI/Sederajat, tingkat SMP/MTS/Sederajat serta tingkat SMA/SMK/MA/Sederajat.

2. Melampirkan fotocopy rapor sampai dengan semester terakhir yang telah dilegalisir kepala sekolah.

3. Melampirkan sertifikat pemenang lomba kompetensi siswa berprestasi.

4. Surat Keputusan Kepala Sekolah tentang penetapan nama-nama siswa penerima beasiswa bagi siswa berprestasi dibidang akademik sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan oleh Kepala Perangkat Daerah yang membidangi urusan pendidikan.

Persyaratan Umum Beasiswa Berau untuk Jenjang Pendidikan Tinggi:
1. Merupakan Warga Negara Indonesia yang berdomisili atau asal keluarga di Kabupaten Berau ditandai dengan e-KTP dan/atau Kartu Keluarga atau Keterangan resmi lainnya.

2. Diutamakan dari keluarga kurang mampu atau miskin (Surat Keterangan Tidak Mampu dari Lurah/Kepala Kampung setempat atau kuitansi pembayaran rekening listrik/telepon/air) dan/atau mempunyai prestasi akademik.

3. Terdaftar dan aktif sebagai pelajar atau mahasiswa yang ditandai dengan Kartu Pelajar / Kartu Mahasiswa disertai Keterangan dari Kepala Sekolah atau Keterangan Aktif Kuliah dari Perguruan Tinggi. Bagi mahasiswa baru harus dilengkapi dengan Surat Keterangan diterima sebagai Mahasiswa Perguruan Tinggi.

4. Merupakan mahasiswa yang terdaftar pada perguruan tinggi yang mendapatkan ijin resmi penyelenggaraan program studi dari Kementerian Pendidikan Tinggi dan SDM, atau Kementerian lainnya.

5. Menunjukkan nilai rapor akademik (jenjang pendidikan dasar dan menengah) atau transkrip akademik (jenjang pendidikan tinggi) atau ijazah dan transkrip akademik jenjang pendidikan sebelumnya bagi calon mahasiswa baru.

6. Melampirkan fotocopy buku rekening aktif dengan nama pemilik rekening yang sama dengan nama penerima beasiswa sesuai kartu identitas diri.

7. Menandatangani Surat Perjanjian bermaterai cukup bahwa akan bersedia mengabdi di Kabupaten Berau setelah menyelesaikan studi pendidikan tinggi.

8. Saat ini tidak sedang mendapatkan beasiswa dari sumber lain baik dari pemerintah pusat maupun daerah, pemerintah Negara lain maupun swasta dalam dan luar negeri, ditandai dengan surat pernyataan bermaterai cukup.

9. Bukan berstatus sebagai PNS/CPNS, karyawan BUMN/BUMD/Perusahaan Swasta Asing/Perusahaan Swasta Besar lainnya.

10. Mengisi formulir beasiswa yang disediakan secara manual dan/atau online.

11. Melengkapi berkas-berkas yang dipersyaratkan sesuai ketentuan khusus.

Persyaratan Khusus:
a. Beasiswa Miskin atau Tidak Mampu:
1. Merupakan mahasiswa asal Kabupaten Berau pada jenjang pendidikan Diploma dan Strata 1 pada Perguruan Tinggi di Kab. Berau atau sedang menjalani studi di luar daerah.

2. Mahasiswa dari keluarga miskin atau keluarga tidak mampu dengan melampirkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dari Lurah/Kepala Kampung.

3. Mempunyai IP minimal 2,50 pada skala 4,00.

Beasiswa 2017 – 2018

b. Beasiswa Berprestasi dibidang Akademik
1. Merupakan mahasiswa asal Kabupaten Berau pada jenjang pendidikan Diploma dan Strata 1 pada Perguruan Tinggi di Kab. Berau atau sedang menjalani studi di luar daerah.

2. Mempunyai IP minimal 3,25 pada skala 4,00.

3. Diutamakan bagi mahasiswa dari keluarga tidak mampu atau keluarga miskin.

Tata Cara Pendaftaran:

Untuk pendaftaran beasiswa jenjang perguruan tinggi dilaksanakan secara manual dan/atau secara online pada link berikut: beasiswa.beraukab.go.id. Pendaftaran online akan ditutup pada tanggal 20 Juli 2017 dan batas akhir penyelesaian berkas di Sekretariat Panitia sampai dengan 31 Juli 2017.

Sedangkan untuk pendaftaran beasiswa jenjang pendidikan dasar dan menengah dapat dilakukan melalui permohonan perorangan atau usulan dari sekolah yang bersangkutan.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Berau bisa dibuka pada link berikut: Pedoman Beasiswa Berau. Daftarkan diri anda segera dan silakan bagikan pada rekan-rekan yang membutuhkan. Selamat mencoba.