INDBeasiswa.com – Melihat perkembangan jaman yang semakin maju tidak dapat dipungkiri bahwa negeri Tiongkok telah mendominasi beberapa sektor perekonomian dan juga sistem perdagangan. Hal ini bisa dilihat dari besarnya jumlah ekspor barang dan penggunaan teknologi digital bentukan Tiongkok di berbagai negara yang ada di dunia. Tercatat sampai saat ini negeri tirai bambu telah menjadi negara ekspor kedua terbesar setelah Amerika Serikat. Jadi tidak salah bukan kalau anda menempatkan Tiongkok sebagai salah satu tujuan untuk menempuh pendidikan ke level yang lebih tinggi. Berikut beberapa keunggulan negeri tirai bambu bila dibandingkan dengan negara lainnya yang kami lansir dari laman Kompas.com

Kuliah di China? Ini Keuntungannya!

1. Pengguna bahasa Mandarin jauh lebih banyak bila dibandingkan dengan bahasa Inggris.
Fakta ini dibeberkan dalam Ethonologue, 16th Edition yang mengatakan pemakai bahasa Mandarin di seluruh dunia mencapai 1,5 milyar orang sedangkan pemakai bahasa Inggris hanya mencapai 328 juta orang. Jauh sekali bukan! Kalau anda bisa menggunakan bahasa Mandarin tentu jangkauan komunikasi anda akan semakin luas.

2. Kekuatan dan pengaruh ekonomi Tiongkok yang besar
Melihat peredaran barang dengan label “Made in China” yang terus bertambah, tentu akan menumbuhkan rasa ketergantungan yang amat besar dalam diri konsumen. Apalagi kini harga barang yang ditawarkan sangat terjangkau dan murah harganya. Sebagian orang menggangap hal ini sebagai peluang usaha yang menggiurkan. Jangan heran kalau anda menemukan seseorang yang menggeluti bidang dropshipping.

3. Biaya pendidikan yang ditawarkan oleh Tiongkok termasuk murah
Untuk masuk ke sekolah yang berkualitas di Tiongkok biaya yang dibutuhkan tidak terlalu mahal. Kemudahan ini disebabkan karna subsidi yang diberikan oleh pemerintah Tiongkok kepada rakyatnya dan juga pelajar asing. Suatu hal yang sangat menggiurkan bukan.

4. Biaya hidup di Tiongkok juga murah
Kalau dibandingkan dengan sejumlah kota besar yang ada di Indonesia, biaya hidup di Tiongkok jauh lebih murah dan masih bisa dijangkau. Baik untuk makanan, transportasi, akomodasi dan fasilitas lainnya.

5. Kesempatan memiliki jaringan relasi yang lebih luas
Kesempatan kuliah ke luar negeri tidak bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan anda, tapi juga relasi, koneksi dan wawasan yang lebih luas. Siapa tahu dari sekian banyak teman atau orang yang anda kenal bisa menjadi batu loncatan untuk masa depan anda nantinya, entah dalam hal karir, bisnis atau yang lainnya.