INDBeasiswa.com – Salah satu beasiswa kuliah di luar negeri yang bisa anda coba adalah tawaran dari Pemerintah Hungaria berikut ini. Skema The Stipendium Hungaricum Scholarship Programme telah diadakan sejak tahun 2013 oleh Pemerintah Hungaria bagi pelajar internasional, termasuk Indonesia. Beasiswa yang ditawarkan bisa digunakan untuk melanjutkan kuliah S1, S2, S3 atau program non-gelar di universitas yang terdapat di Hungaria. Hungaria merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik dan mendapatkan Nobel terbanyak di dunia. Tentunya kesempatan emas ini patut anda pertimbangkan.

Beasiswa Penuh S1 S2 S3

beasiswa pemerintah hungaria s1 s2 s3 non gelar study in hungary
Study in Hungary – Beasiswa Pemerintah Hungaria Program S1 S2 S3 dan Non Gelar

Beasiswa yang ditawarkan adalah sebagai berikut:
1. Bachelor Programmes (Program S1)
Masa studi 2 s/d 4 tahun dengan gelar BA atau BSc.

2. Master Programmes (Program S2)
Masa studi 1,5 s/d 2 tahun dengan gelar MA atau MSc

3. One-tier Master Programmes (Program pendidikan meliputi jenjang Bachelor dan Master. Biasanya ditawarkan untuk studi Kedokteran, Farmasi, Kedokteran Gigi, Arsitektur, Hukum, Bedah Hewan, Teknik Perhutanan, dll)
Masa studi 5 s/d 6 tahun dengan gelar MA atau MSc.

4. Doctoral Programmes (Program S3)
Masa studi 2+2 tahun dengan gelar Doctoral.

5. Non-degree (Program Non-gelar)
Untuk program bahasa Hungaria dilaksanakan selama 1 tahun sedangkan untuk program spesialisasi lainnya masa studi bervariasi.

Berbagai macam program studi tersedia dalam beasiswa ini. Ada yang tersedia dalam bahasa Inggris dan Hungaria. Untuk pelajar dari Indonesia, dapat memilih program studi yang telah ditentukan pada link berikut: Programme.

Para peserta dapat memilih tiga bidang studi berbeda berdasarkan preferensi. Apabila peserta memilih studi yang diajarkan dalam bahasa Hungaria, maka mereka akan mengikuti kursus persiapan bahasa Hungaria selama satu tahun sebelum masa studi.

Adapun beasiswa hungaria yang diberikan hampir meliputi seluruh kebutuhan yang diperlukan meliputi:
1. Biaya kuliah penuh hingga masa studi selesai.

2. Tunjangan hidup per bulan
Untuk Program Non-Degree, Bachelor, Master dan One-tier Master senilai HUF 40460 per bulan. Sedangkan untuk Program Doktoral diberikan tunjangan HUF 140000 untuk 4 semester fase pertama dan HUF 180000 untuk 4 semester fase kedua.

3. Akomodasi berupa asrama atau tunjangan tempat tinggal senilai HUF 40000.

4. Asuransi kesehatan hingga HUF 65000 per tahun bagi masing-masing kandidat.

Beasiswa ini tidak meliputi biaya perjalanan dari Indonesia ke Hungaria dan sebaliknya, diharapkan pelamar dapat membiayai secara mandiri atau mencari sumber pendanaan lain.

Perlu diketahui juga, program Stipendium Hungaricum ini merupakan bentuk kerjasama antara Ministry of Human Capacities of Hungary dengan Kementerian Pendidikan dari masing-masing negara. Oleh karena itu, bagi para peserta yang mendaftar akan diijinkan untuk mengikuti seleksi hanya jika dinominasikan oleh pihak berwenang dari negara asal. Kalau di Indonesia, peserta harus dinominasikan dahulu oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (RISTEK DIKTI).

Persyaratan:
1. Merupakan warganegara yang telah ditentukan (termasuk Indonesia).

2. Bukan merupakan warganegara atau tidak memegang kewarganegaraan ganda dengan Hungaria.

3. Sebelumnya tidak pernah mendapatkan Beasiswa Pemerintah Hungaria.

4. Telah dinominasikan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Indonesia.

5. Memenuhi persyaratan bahasa dari program studi dan universitas yang dituju. Lihat Daftar persyaratan universitas dan program studi tujuan.

Berkas dokumen yang dibutuhkan:
1. Formulir aplikasi online dengan mencantumkan pas foto terbaru.

2. Motivation Letter dengan panjang minimal 1 halaman dengan jenis huruf Times New Roman 12.

3. Bukti kemampuan bahasa Inggris/Hungaria/bahasa lainnya yang disyaratkan oleh masing-masing universitas dan program studi tujuan.

4. Ijazah dan Transkrip Nilai dari jenjang pendidikan sebelumnya beserta terjemahan.

5. Medical Certificate (Surat Keterangan Sehat) meliputi pemeriksaan AIDS, Hepatitis A, B, C dan lainnya.

6. Salinan paspor.

7. Statement for Application (Download).

8. Khusus bagi pelamar Doctoral melampirkan minimal 2 lembar Research Plan dan Dua Surat Rekomendasi.

Seluruh berkas dokumen di atas di scan dan dikirimkan dalam bentuk softcopy. Sertakan pula terjemahannya dalam bahasa Inggris atau Hungaria.

Pendaftaran:
Pendaftaran Beasiswa Hungaria dapat dilakukan secara online pada link berikut: Apply. Pendaftaran baru akan dibuka pada akhir Januari mendatang. Namun anda dapat mempersiapkan segala berkas dokumen dan persyaratan mulai sekarang.

Batas waktu pendaftaran sampai tanggal 5 Maret 2017. Perlu dicatat, hanya peserta yang dinominasikan oleh RISTEK DIKTI saja yang dipertimbangkan. RISTEK DIKTI dapat dihubungi pada kontak berikut:

Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi
Gedung D Pintu Satu Senayan
Jalan Jenderal Sudirman
Senayan
Jakarta Pusat 10270
UP: Ibu Fine Resyalia
Email: fresyalia@ristekdikti.go.id

atau Bapak Bagus Setiawan
Email: bsetiawan@ristekdikti.go.id

Para peserta yang lolos seleksi keseluruhan akan diinfokan pada akhir Juni 2017 dan memulai studi pada September 2017.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Pemerintah Hungaria dapat mengunjungi laman resminya pada www.stipendiumhungaricum.hu dan www.studyinhungary.hu atau melalui email: stipendiumhungaricum@tpf.hu. Selamat mencoba dan silakan dibagikan kepada yang membutuhkan.