Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Tawaran beasiswa di Australia ada berbagai macam. Mulai dari beasiswa pemerintah Australia (Australia Awards) maupun beasiswa dari universitas/perguruan tinggi di Australia. Salah satu universitas yang menawarkan beasiswa untuk melanjutkan studi Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2 dan S3) adalah Macquarie University. Program beasiswa yang dapat diikuti oleh pelajar dari Indonesia untuk melanjutkan studi di kampus tersebut ada dua jenis: Vice-Chancellor’s International Scholarship – ASEAN dan Macquarie University ASEAN Scholarship. Anda dapat memilih salah satu dari dua beasiswa tersebut.

Beasiswa di Australia Program S1, S2, dan S3 oleh Macquarie University

A. Vice-Chancellor’s International Scholarship – ASEAN

Program ini diberikan kepada pelajar internasional yang berasal dari ASEAN (Indonesia, Singapore, Brunei Darussalam, Thailand,  Myanmar, Kamboja, Laos, Malaysia, Filipina dan Vietnam) untuk melanjutkan studi Sarjana dan Pascasarjana. Adapun beasiswa yang diberikan berupa beasiswa parsial senilai AUD $5.000.

Program studi prioritas yang ditawarkan:
– Teknik
– Lingkungan
– Humaniora
– Media
– Linguistik
– Pendidikan

Persyaratan:
1. Merupakan warga negara dari negara-negara di kawasan ASEAN (Brunei Darussalam, Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand, Vietnam).

2. Memenuhi persyaratan akademik universitas dan kemampuan bahasa Inggris (diterima sepenuhnya di kampus North Ryde, Macquarie University).

3. IPK minimal 3.00 dari skala 4.00 untuk pelamar program Pascasarjana dan ATAR (Australian Tertiary Admissions Rank) minimal setara dengan 90 dari 100 untuk pelamar program Sarjana.

4. Mendaftar pada program studi yang berdurasi lebih dari satu semester dan bersifat full-time (penuh waktu).

5. Beasiswa hanya berlaku untuk studi pada tahun 2018 saja (tidak dapat ditunda).

6. Beasiswa TIDAK berlaku apabila:
a. Diterima pada level program yang setara.
b. Menerima beasiswa lainnya di Macquarie University.
c. Telah terdaftar pada Macquarie University International College

7. Memiliki kemampuan yang baik dalam bahasa Inggris (IELTS minimal 6,5)

Tata Cara Pendaftaran:
1. Pelamar harus melengkapi Online Course Application Form. Pada aplikasi online tersebut, anda dapat mengisikan program studi yang dipilih serta mengupload hasil scan dari berkas dokumen yang dibutuhkan. Setelah aplikasi online anda diproses, anda akan mendapatkan Macquarie University Student Number yang digunakan untuk mengisi Form Aplikasi Beasiswa.

2. Selanjutnya pelamar dapat melengkapi Online Scholarship Application Form dan mencantumkan “VCIS-ASEAN” pada kolom Scholarship Name. Pastikan anda memilih beasiswa sesuai dengan level studi, undergraduate (UG) atau postgraduate (PG).

Apabila anda telah menyelesaikan formulir aplikasi beasiswa, email konfirmasi akan dikirimkan pada anda. Penting juga diketahui aplikasi yang tidak lengkap tidak akan dipertimbangkan oleh pihak universitas. Info lebih detail dapat menghubungi: scholarships@mq.edu.au.

B. Macquarie University ASEAN Scholarship

Selain Vice-Chancellor’s International Scholarship – ASEAN, Macquarie University juga menawarkan program beasiswa Macquarie University ASEAN Scholarship bagi pelajar ASEAN. Besarnya dana beasiswa yang diberikan sejumlah AUD $5000 per tahun untuk membiayai biaya perkuliahan selama masa studi (atau AUD $2500 tiap semester).

Persyaratan:
1. Merupakan warga negara yang tergabung dalam negara di kawasan ASEAN (Brunei Darussalam, Cambodia, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Philippines, Singapore, Thailand, Vietnam).

2. Mendaftar pada program Undergraduate atau Postgraduate melalui sistem aplikasi online atau agen yang terhubung dengan Macquarie University.

3. Bersedia memulai studi di Macquarie University pada tahun 2018 (tidak dapat ditunda).

4. Mendaftar pada program studi penuh waktu (full-time).

Tata Cara Pendaftaran:
Untuk mendaftar beasiswa di Australia Program Macquarie University ASEAN Scholarship, anda tidak perlu mengajukan apikasi beasiswa secara langsung. Para pelamar yang mendaftar sebagai mahasiswa pada Macquarie University dan memenuhi kriteria beasiswa akan secara otomatis diberitahukan melalui LoA yang dikirim via email.

Informasi detail mengenai tata cara pendaftaran sebagai mahasiswa di Macquarie University dapat dibuka pada link berikut: How to Apply. Selain itu anda juga dapat menghubungi email: mi.asia@mq.edu.au untuk mendapatkan informasi lebih detail mengenai program Macquarie University ASEAN Scholarship.

Beasiswa Australia

Batas waktu pendaftaran untuk kedua beasiswa di Australia di atas terbagi menjadi dua sesi. Sesi pertama berakhir pada tanggal 31 Januari 2018 dan sesi kedua berakhir pada 30 Juni 2018. Pastikan anda mendaftarkan diri sebelum tanggal di atas.

Informasi lebih detail mengenai beasiswa di Australia dari Macquarie University dapat menghubungi email: scholarships@mq.edu.au atau mengunjungi laman resminya: www.mq.edu.au. Semoga bermanfaat.