Kontributor: IDNPortal.com Melanjutkan kuliah di luar negeri saat ini bukan menjadi hal yang sulit lagi. Berbagai informasi pendaftaran, beasiswa, dan tips terkait sudah sering dibagikan di internet. Salah satu negara tujuan studi terbanyak oleh putra-putri bangsa adalah Inggris. Inggris memang terkenal dengan kampus-kampusnya yang ternama, tempat wisata yang menawan, serta klub sepakbola yang terkenal.

Study in UK: Survival Tips Berkuliah di Newcastle

study in uk tips kuliah di inggris newcastle
Study in UK: Survival Tips Berkuliah di Newcastle

Bicara soal klub sepak bola, nama kota Newcastle tentu tidak asing lagi karena memiliki klub sepak bola terkenal yaitu Newcastle United atau sering dijuluki The Magpies. Sayangnya saat kompetisi 2016/2017 terpaksa berjuang di Npower Championship (kasta kedua Liga Inggris) untuk kembali naik dan bersaing kembali di Liga Premier Inggris. Yah malah ngelantur ke sepakbola, maaf teman-teman INDBeasiswa semua, soalnya penulis emang penggemar berat bola sepak nih… Hehehe.

Ngomong-ngomong soal Newcastle, nama lengkap kota ini adalah Newcastle upon Tyne dimana letak geografisnya berdekatan dengan Skotlandia. Newcastle memiliki penduduk terbanyak kedelapan di Inggris. Kota ini juga memiliki dua universitas yaitu Newcastle University dan Northumbria University. Newcastle University ini termasuk salah satu universitas internasional ternama di Inggris. Tentunya melanjutkan studi disini akan mendapatkan berbagai manfaat dan keuntungan. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di Newcastle, berikut ada beberapa tips survival yang berguna nantinya.

1. Bawa bumbu asli Indonesia 
Tinggal nun jauh di negara orang terkadang membuat banyak pelajar internasional kangen berat (homesick) sama masakan rumah. Maklumlah cita rasa makanan kita kaya akan bumbu rempah-rempah dan bercita rasa tinggi. Supaya nggak makin nelongso (prihatin) ada baiknya kamu membawa sedikit bumbu dari negara sendiri, mau bumbu pecel, soto, gulai atau apalah yang penting sudah dalam bentuk kemasan. Kalau nggak mau repot kamu juga bisa kok berbelanja sendiri di HiYou yang letaknya dekat sama Eldon Square. Kalau beli nasi silahkan ke Tesco sedangkan daging, buah dan sayur-sayuran bisa dibeli di Grainger Market yang terletak di pusat kota. Untuk kebutuhan sehari-hari bisa ke Tesco, Waitrose, Saintbury’s dan supermarket lainnya, tinggal sesuaikan saja dengan isi dompet.

2. Belajar bahasa Inggris lokal
Newcastle punya aksen bahasa Inggris sendiri dan terkenal dengan sebutan “Geordie” yang sangat sulit dimengerti. Tapi untungnya nih masyarakat disana sudah pada mengerti kalau ada banyak pelajar internasional yang lagi menempuh pendidikan di Newcastle. Jadi mereka (kebanyakan) akan dengan senang hati membantu kita yang sedang kesulitan.

3. Buka rekening bank lokal
Supaya transaksi keuanganmu menjadi lebih mudah, segera buka rekening bank lokal setelah urusan registrasi kampus (smart card atau BRP) kamu selesai. Beberapa referensi bank yang bisa kamu gunakan adalah TSB, Barclays, Santander dan Lloyds. Semua ada untung lebihnya jadi silahkan pertimbangkan sendiri nantinya. Kalo bank yang paling banyak digunakan sama pelajar Indonesia adalah Lloyds dan TSB.

4. Daftarkan diri ke GP dan NHS
Mendafatarkan diri ke General Practioner (GP) atau dokter umum sama National Health Service (NHS) akan memudahkan kita untuk berobat jika nantinya tiba-tiba jatuh sakit. Sistem juga tidak terlalu repot, kamu hanya perlu menelepon dan mendaftarkan diri. Biaya pemeriksaan gratis sedangkan obatnya dapat dibeli sendiri di Apotik, Klinik, Superdrug atau Boots.

5. Beli juga beberapa alat rumah tangga
Supaya tidak terlalu boros sebaiknya kamu memasak makanan sendiri di rumah. Sebelum itu pastikan dengan pihak landlord/ dorm/ pemberi sewa apa saja yang akan kamu dapatkan. Untuk barang-barang rumah tangga bisa dibeli di Wiko atau Poundland. Kalau di Poundland barang-barangnya kebanyakan serba 1 Pound dan cukup berkualitas lho.

6. Bergabunglah bersama PPI
Yang terakhir bergabunglah bersama PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) yang ada di Newcastle dan ikuti kegiatan mereka, khususnya yang meet and greet yang biasanya dilaksanakan setiap awal tahun ajaran. Kalau kamu masih mencari-cari informasi, silahkan berkunjung di website PPI Newcatle, gabung di grup Facebook dan Instagramnya atau ikuti acara pre-departure yang diselenggarakan oleh PPI Newcastle setiap awal bulan Agustus di Pasific Place, Jakarta. Untuk harga tiketnya gratis alias tidak memungut biaya.

Sekian tips bertahan hidup di Newcastle. Semoga bisa menjadi manfaat bagi kalian yang sedang mempersiapkan diri untuk kuliah di Inggris dengan beasiswa atau dengan biaya orang tua. Semoga berhasil dan kembalilah membangun Indonesia.