INDBeasiswa.com – Kuliah di Denmark tentu akan menjadi pengalaman berharga dan tak mudah dilupakan, karena salah satu negara Nordik ini memiliki reputasi sebagai negara yang paling makmur dan sejahtera. Akan tetapi untuk urusan harga barang jangan ditanya kemahalannya. Kalau anda tidak pandai mengatur keuangan saat anda melanjutkan kuliah di Denmark, sudah bisa dipastikan kantong anda bakalan menangis tersedu-sedu. Kabar baiknya anda bisa melakukan langkah super penghematan seperti di bawah ini:

Study in Denmark: Ini Tips Super Hematnya!

study in denmark tips hemat kuliah
Tips Hemat Saat Kuliah di Denmark

1. Tempat tinggal jauh dari pusat kota
Kamar atau apartemen yang disewakan di Denmark 95% persen tidak ada perabot di dalamnya alias kosongan. Harga kamar rata-rata DKK 3.000 (Rp 6 juta) per bulan. Tentunya bukan termasuk harga yang murah. Supaya dapat harga yang lebih miring (30-60 persen) sebaiknya cari yang agak jauh (jarak 15-30 menit) dari pusat kota.

2. Hunting perabot bekas
Cara kedua yang satu ini juga cukup ampuh menekan pengeluaran. Barang yang dijual bisa miring abis atau bahkan gratis. Denger kata gratis langsung deh shock nggak percaya. Soal kualitas barangnya (mangkok, piring, kasur, tv, dll) masih layak pakai dan masih bagus. Terus kenapa dijual kalo gitu? Biasanya sang pemilik mau pindahan ke apartemen / kota lain atau bisa juga karna alasan renovasi. Orang Denmark sendiri juga suka berburu barang bekas kok. Kalo anda maunya perabot baru dan murah, IKEA bisa jadi solusi.

3. Hunting pakaian bekas
Seperti halnya pada poin nomor dua, pakaian bekas juga sangat digemari oleh penduduk lokal dan pelajar internasional. Mengingat betapa mahalnya harga pakaian yang dijual akibat pajak. Alasan pakaian tersebut dijual biasanya karena pemilik lama sudah bosan, kebanyakan baju atau mau pindahan. Bazar baju bekas sangat banyak lokasinya dan selalu ada tiap minggu. Kalau mau yang baru dan branded anda bisa mengunjungi situs www.zalando-lounge.com atau menunggu pada saat summer sale. Anda juga bisa menggunakan ASOS sebagai alternatif. Barang akan dikirim dari Inggris dan ongkos pengirimannya gratis.

4. Masak makanan sendiri
Kalau anda suka makan di luar dan tak suka masak sendiri di rumah, otomatis rekening bank anda bisa kurus kering tak bergizi. Bayangkan sekali dinning out bisa menghabiskan DKK 100 (Rp 200 ribu) atau ada juga buffet makan siang yang harganya dibawah DKK 100. Harga dibawahnya lagi masih ada DKK 35 di China Box. Nah kalau mau yang lebih murah mendingan masak sendiri. Selain itu kalau lagi kangen makan Indomie, bisa juga lho membeli di Asian Supermarket. Untuk makanan yang murah di Denmark bisa membeli dairy product dan roti setelah jam 10 malam. Harga roti bisa diskon 50 persen hampir setiap harinya.

5. Naik sepeda sebagai alat transportasi
Jangan kaget kalau transportasi bis kota di Denmark super mahal, biayanya mencapai DKK 24 (Rp 48 ribu). Jadi nggak heran kalau kebanyakan orang asli Denmark banyak menggunakan sepeda sebagai alat transportasi. Kalau nggak bisa naik sepeda anda bisa menggunakan kartu bis bulanan yang disediakan oleh pihak kampus.

6. Hiburan super hemat
Orang Denmark sendiri jarang sekali pergi ke bioskop untuk nonton film karena harga tiketnya mencapai DKK 90 (Rp 180 ribu) per tiket. Karna harganya yang mahal kebanyakan orang Denmark lebih suka menggunakan home cinema. Sebagai alternatif, anda bisa pergi ke taman atau perpustakaan kota yang sangat cantik dan luar biasa nyaman.

Itulah tips super hemat yang bisa anda lakukan untuk bertahan hidup selama menjalani studi di Denmark. Tips tersebut kurang lebih juga dapat anda terapkan pada negara studi lainnya. Pastikan juga anda telah mengetahui langkah-langkah untuk mengelola dana beasiswa. Semoga bermanfaat.