Study in China with Chinese Government Scholarship, Kuliah di China oleh beasiswa pemerintah China

INDBeasiswa.com – Berminat melanjutkan kuliah di China? Ada beberapa jalur yang bisa anda gunakan, mulai dari membiayai sendiri, mengikuti program pertukaran, atau menggunakan beasiswa dari pemerintah China maupun Indonesia. Semua tergantung bagaimana anda mempersiapkan diri secara matang serta mengelola setiap kesempatan dengan sangat baik. Banyak peraih gelar Master dan Doktor di Indonesia yang mengatakan kalau belajar ke Negeri Tirai Bambu tersebut tidak menghabiskan banyak biaya seperti di negara lainnya. Selain biaya hidup yang terjangkau, yang paling penting mutu pendidikannya juga bagus.

Mengenal Beasiswa Pemerintah China CGS FULL – Parsial

kuliah di china beasiswa chinese government scholarships
Mengenal Beasiswa Pemerintah China (Chinese Government Scholarship) FULL – Parsial

Nah, kali ini INDBeasiswa ingin membahas secara singkat mengenai jalur Chinese Government Scholarship (CGS) yang ditawarkan setiap tahunnya oleh Pemerintah Negara China dan diberikan secara luas untuk pelajar internasional yang berminat. Beasiswa CGS dapat berupa beasiswa penuh maupun beasiswa parsial, tergantung bagaimana mendaftar beasiswa ini. Jika melalui Kedubes China di Jakarta, maka akan terdapat beasiswa full maupun parsial. Namun jika anda mendaftar secara langsung di universitas tujuan, maka jenis beasiswanya hanya ada 1, yaitu Full Scholarship. Artinya, seandainya anda mendaftar langsung di universitas tujuan dan kemudian diterima, pastilah beasiswa yang anda dapatkan merupakan beasiswa penuh.

Beasiswa Pemerintah China (CGS) memiliki beberapa macam beasiswa yang ditawarkan, seperti:
1. Chinese Government Scholarship – Bilateral Program
2. Chinese Government Scholarship – Great Wall Program
3. Chinese Government Scholarship – Chinese University Program
4. Chinese Government Scholarship – AUN Program
5. Chinese Government Scholarship – WMO Program
Penjelasan dari masing-masing beasiswa di atas serta cara pendaftaran Beasiswa CGS sudah pernah kami ulas sebelumnya pada artikel berikut: Beasiswa Kuliah S1, S2, S3 oleh CGS.


Tapi jangan salah mengira kalau jalur CGS ini sepi peminatnya atau kebanyakan pelajar yang menggunakan CGS hanya datang dari Asia saja. Jika anda berpikir demikian maka anda salah besar. Sebab pelamar beasiswa CGS juga sebagian besar berasal dari benua Eropa, Afrika, serta Australia. Jadi jangan heran jika diterima nantinya, anda akan bertemu 15-20 mahasiswa asing dalam satu kelas.

Untuk jalur beasiswa yang disediakan cukup terbatas. Khusus pelamar dari Indonesia disediakan 300 kuota setiap tahunnya dengan proses seleksi lumayan ketat. Bagi yang berminat untuk mengikuti beasiswa CGS sebaiknya mencari dahulu approval letter yang diberikan oleh profesor di universitas tujuan. Approval letter tersebut akan digunakan sebagai kelengkapan dalam aplikasi Chinese Government Scholarship.

Informasi lebih lengkap mengenai Beasiswa Pemerintah China CGS dapat mengunjungi laman resminya pada www.csc.edu.cn atau pada ulasan kami mengenai Beasiswa CGS. Semoga berhasil mendapatkan beasiswa yang anda inginkan dan jangan lupa kembali setelah lulus untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik.