Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Beasiswa Chevening 2019 – 2020 resmi dibuka. Pendaftaran online untuk beasiswa Chevening sudah dapat dilakukan hingga tanggal 6 November 2018 mendatang. Chevening Scholarships merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Inggris bagi kandidat-kandidat internasional untuk meraih gelar S2 selama setahun di universitas-universitas Inggris.

Beasiswa Chevening Kuliah S2 Inggris Full Scholarship

Nama Beasiswa Chevening sendiri tentu sudah tidak asing lagi. Beasiswa ini rutin ditawarkan setiap tahunnya termasuk bagi pelajar Indonesia yang berminat melanjutkan kuliah di Inggris. Tidak hanya itu, beasiswa ini juga ditujukan bagi calon pemimpin masa depan, orang-orang berpengaruh, serta pengambil keputusan untuk mengembangkan diri secara profesional dan akademis, menambah jaringan internasional, mengenal budaya Ingggris, serta membangun hubungan yang positif dengan negara Inggris.

Berikut adalah beberapa universitas di Inggris yang bisa anda pilih dalam skema Beasiswa Chevening:
– Cardiff University
– University of Nottingham
– University of Aberdeen
– University of Cambridge
– University of Bristol
– University of Oxford
– Coventry University
– University of Warwick
dan sebagainya.

Berbagai program studi tersedia dalam beasiswa ini, contohnya seperti Biologi, Pendidikan, Lingkungan, MBA, Keuangan, Manajemen, Bisnis, Teknik, dan lain-lain. Pelamar dari Indonesia dapat memilih tiga program dari seluruh program studi yang tersedia, dengan catatan program tersebut bersifat full-time, dimulai pada musim gugur (biasanya September/Oktober), berdurasi 1 tahun, serta ditujukan untuk mengambil gelar Master. Untuk mendapatkan informasi program Master yang tersedia di universitas-universitas Inggris dapat dibuka pada link berikut: Course Finder.

CAKUPAN PEMBIAYAAN:
1. Tanggungan biaya perkuliahan
2. Tunjangan hidup bulanan
3. Biaya perjalanan PP Indonesia – Inggris
4. Tunjangan kedatangan
5. Tunjangan saat kepulangan
6. Biaya visa
7. Biaya perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris

PERSYARATAN:
1. Merupakan warganegara dari negara yang ditentukan (termasuk Indonesia).

2. Bersedia kembali ke negara asal minimal dua tahun setelah masa beasiswa berakhir.

3. Memiliki gelar Sarjana sebagai persyaratan masuk ke program Pascasarjana di universitas Inggris dengan predikat upper second class 2:1 honours (di Indonesia setara dengan IPK 3.33 – 3.67).

4. Memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun.

5. Mengajukan tiga jurusan kuliah berbeda yang memenuhi syarat di universitas Inggris dan telah mendapatkan tawaran masuk tanpa syarat (LoA unconditional) dari salah satu pilihan tersebut paling lambat tanggal 11 Juli 2019.

Baca Juga: Cara Mendapatkan LoA

6. Memenuhi persyaratan bahasa Inggris untuk Beasiswa Chevening hingga 11 Juli 2019:
   › IELTS minimum 6.5 (dengan skor minimal dari masing-masing komponen 5.5)
   › Pearson PTE Academic minimum 58 (dengan skor minimal dari masing-masing komponen 42)
   › TOEFL iBT minimum 79 (dengan skor minimal Listening: 17, Reading: 18, Speaking: 20, Writing: 17)
   › Cambridge English: Advanced (CAE) minimum 176 (dengan skor minimal dari masing-masing komponen: 162).

7. Pelamar yang sebelumnya telah menyelesaikan studi di Inggris dengan dibiayai oleh Pemerintah Inggris tidak dapat mengikuti beasiswa ini.

BERKAS DOKUMEN YANG DIBUTUHKAN:
1. Scan KTP atau Paspor yang masih berlaku
2. Scan ijazah dan transkrip universitas yang telah ditempuh
3. Tiga pilihan program Master yang berbeda di UK
4. Nama dan detail kontak dari 2 (dua) pemberi rekomendasi

Sebelum diajukan, berkas dokumen di atas discan terlebih dahulu menggunakan format PDF dengan ukuran tidak lebih dari 5 MB.

Baca Juga: Tips Bagi Pelajar Muslim yang akan Kuliah di Inggris

CARA MENDAFTAR:
Pendaftaran Beasiswa Chevening 2019 – 2020 dilakukan secara online melalui link berikut: http://www.chevening.org

Isi dan lengkapi data-data yang diminta, kemudian upload berkas dokumen yang diminta. Batas waktu pendaftaran beasiswa Chevening adalah tanggal 6 November 2018. Dua orang pemberi rekomendasi anda juga akan dihubungi oleh pihak penyelenggara untuk menyampaikan surat rekomendasi sebelum 25 Februari 2019. Pastikan juga anda telah mendapatkan tawaran masuk tanpa syarat (LoA unconditional) dari salah satu pilihan program studi dan universitas yang dituju, paling lambat tanggal 11 Juli 2019. Para peserta yang terpilih akan mengikuti seleksi wawancara pada tanggal 4 Maret s/d 1 Mei 2019. Pengumuman peserta yang lolos seleksi wawancara dilaksanakan pertengahan Juni 2019.

Informasi lebih detail mengenai Beasiswa Chevening 2019 – 2020 dapat mengunjungi laman resminya di www.chevening.org. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.