Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

INDBeasiswa.com – Seperti yang telah diulas sebelumnya, Beasiswa LPDP merupakan beasiswa penuh yang dibiayai oleh pemerintah Indonesia melalui pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan Nasional (DPPN). Jenisnya pun beragam, seperti Beasiswa Pendidikan Indonesia Program Reguler untuk Kuliah S2 dan S3, Beasiswa Afirmasi, Beasiswa Dokter Spesialis, Beasiswa Disertasi, dan Beasiswa Unggulan Dosen Indonesia. Program LPDP Scholarship menyediakan banyak pilihan perguruan tinggi tujuan studi baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Daftar Perguruan Tinggi Tujuan LPDP Scholarship

Pada tahun 2018, LPDP mengeluarkan beberapa perubahan kebijakan, salah satunya mengenai Daftar Perguruan Tinggi yang dapat dipilih. Berikut informasi selengkapnya:

A. PERGURUAN TINGGI LUAR NEGERI – LPDP SCHOLARSHIP
1. Program Reguler
Perguruan tinggi tujuan luar negeri diambil dari Top 20 Universitas dari daftar 3 pemeringkat internasional yaitu Quacquarelli Symonds (QS), Times Higher Education (THE), dan Academic Ranking of World University (ARWU) ditambah dengan Top 10 Program Studi.

2. Program Afirmasi
Perguruan tinggi tujuan untuk beasiswa afirmasi LPDP berasal dari Top 200 Universitas dari daftar 3 pemeringkat internasional yaitu Quacquarelli Symonds (QS), Times Higher Education (THE), dan Academic Ranking of World University (ARWU) ditambah dengan Top 50 Program Studi.

B. PERGURUAN TINGGI LUAR NEGERI – LPDP SCHOLARSHIP
1. Program Reguler
Daftar perguruan tinggi tujuan dalam negeri untuk jenjang Magister pada Program BPI Reguler merupakan perguruan tinggi terakreditasi A pada program studi yang terakreditasi A. Khusus perguruan tinggi dibawah pengelolaan Kemenristekdikti, perguruan tinggi masuk dalam peringkat 20 besar perguruan tinggi yang diterbitkan oleh Kemenristekdikti.

2. Program Afirmasi
Daftar perguruan tinggi tujuan dalam negeri untuk jenjang Magister pada program BPI Afirmasi adalah perguruan tinggi yang terakreditasi A pada program studi yang terakreditasi A dan B, serta perguruan tinggi yang terakreditasi B pada program studi yang terakreditasi A. Khusus perguruan tinggi dibawah pengelolaan Kemenristekdikti, perguruan tinggi masuk dalam klaster 1 (Mandiri) dan klaster 2 (Utama).

Sedangkan untuk daftar perguruan tinggi tujuan dalam negeri jenjang Doktoral pada program BPI Reguler dan Afirmasi adalah perguruan tinggi yang terakreditasi A pada program studi yang terakreditasi A.

Berdasarkan perubahan kebijakan tersebut, untuk Daftar Perguruan Tinggi tujuan Beasiswa LPDP 2018 dapat anda lihat pada link berikut:

1. Daftar perguruan tinggi luar negeri tujuan beasiswa LPDP 2018

2. Daftar perguruan tinggi dalam negeri tujuan beasiswa LPDP 2018

Anda dapat mencari informasi lebih detail mengenai perguruan tinggi yang dituju pada website resminya (lakukan searching di google dengan mengetikkan nama universitas yang dituju). Lakukan riset kecil mengenai universitas dan jurusan yang akan dipilih. Intinya, agar anda mengerti betul apakah bidang studi yang diinginkan terdapat pada universitas tersebut. Kemudian bandingkan juga dengan universitas lain yang memiliki jurusan yang sama. Untuk lebih lengkapnya anda dapat menghubungi kontak person (bagian kemahasiswaan/admission) melalui nomer telepon atau alamat e-mail pada masing-masing universitas. Jangan lupa, tanyakan sesuatu yang jawabannya belum tertulis.

Jika sudah mantap dengan pilihan universitas tujuan, cari tahu bagaimana cara mendapatkan LoA Unconditional yang juga menjadi salah satu persyaratan dari Pendaftaran Beasiswa LPDP. Baca juga tips berikut untuk membantu anda dalam mendapatkan LoA Unconditional: Cara Mendapatkan LoA (Letter of Acceptance). Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!