INDBeasiswa.com – Kebanyaan dari kita akan beranggapan kalau magang di luar negeri itu tidak terlalu penting dan hanya menghabiskan biaya. Daripada jauh-jauh ke luar negeri, mendingan magang di dalam negeri saja, toh perusahaan asing dan bergengsi juga banyak dan tersebar di berbagai kota di Indonesia.

Anggapan seperti ini juga tidak salah dan bisa saja dilakukan oleh pelajar Indonesia. Namun keuntungan yang anda dapatkan pastinya akan berbeda dengan melakukan magang ke luar negeri. Seperti halnya pengalaman Florensia yang telah menyelesaikan magangnya di sebuah perusahaan FMCG (Fast Moving Consumer Goods), Smartfoods di Selandia Baru yang dilansir dari indonesiamengglobal.com. Lalu apa saja sih keuntungan magang di luar negeri? Berikut ulasannya.

4 Keuntungan Magang di Luar Negeri

1. Mendapatkan perlakuan seperti halnya pekerja tetap
Membuatkan kopi atau disuruh titip absen biasanya menjadi pekerjaan yang identik dengan anak magang, tetapi di luar negeri hal tersebut akan jarang didapatkan. Anda akan bekerja seperti halnya pekerja tetap dengan job description dan tanggung jawab yang berbobot. Selain itu anda akan berkesempatan untuk dipercaya mendapatkan proyek yang menarik sekaligus menantang.

Baca Juga:
Daftar Lowongan Magang

2. Meningkatkan kemandirian dan juga kemampuan interpersonal
Ketika jauh dari keluarga dan orang terdekat maka kemandirian akan lebih terasah. Anda harus mengurus diri sendiri dan mengatur keuangan pribadi. Selain itu kemampuan interpersonal dan rasa percaya diri juga akan meningkat dengan sangat pesat. Hal ini dikarenakan oleh budaya kerja yang sangat mendukung. Hubungan dan komunikasi antara atasan dan bawahan tidak tersekat oleh budaya senioritas. Atasan juga terbuka menerima usulan dari peserta magang.

3. Memperbesar kesempatan untuk bergabung dan bekerja di sebuah perusahaan asing di dalam negeri atau negara lain
Pengalaman magang di luar negeri akan membuat profile resume anda meningkat dibandingkan dengan pelamar lainnya dan tentu hal ini akan menjadi daya tarik tersendiri di mata para interviewer saat anda melamar kerja nanti.

4. Memberikan wawasan serta koneksi yang lebih luas
Selain melakukan kegiatan magang, anda juga akan berinteraksi dengan bermacam-macam karakteristik orang. Mereka inilah yang nantinya menjadi teman atau rekan bisnis. Wawasan anda juga akan lebih terbuka saat mengunjungi beranekaragam tempat sekaligus mempelajari budaya pada negara setempat.

Selain empat poin di atas, keuntungan lain yang bisa didapatkan saat melakukan magang di luar negeri juga bisa anda baca pada ulasan sebelumnya: Manfaat Melakukan Internship di Luar Negeri. Semoga bermanfaat.