tips cara menghemat pengeluaran sewaktu kuliah di luar negeri


INDBeasiswa.com – Bagi kawan-kawan INDBeasiswa yang saat ini sedang mempersiapkan diri untuk melanjutkan kuliah di luar negeri dan ingin tahu bagaimana caranya menghemat pengeluaran. Berikut ini merupakan tips dari Anastasia, seorang istri yang menemani suaminya ketika melanjutkan pendidikan di salah satu universitas di Florida, USA pada tahun 2012 lalu.

Cara Menghemat Pengeluaran Sewaktu Kuliah di Luar Negeri

tips menghemat pengeluaran saat kuliah di luar negeri
Cara Menghemat Pengeluaran Sewaktu Kuliah di Luar Negeri (Image Credit: www.study-in.de)

1. Masak makanan sendiri
Hal pertama yang harus anda lakukan untuk menghemat pengeluaran adalah masak makanan sendiri. Dengan memasak makanan sendiri selain lebih hemat, anda juga dapat memilih bahan-bahan makanan yang sesuai selera. Selain itu, anda juga bisa memastikan bahwa makanan yang anda makan halal. Berbelanja makanan (jajan) di luar hanya akan membuat pengeluaran membengkak setiap bulan.

2. Membeli barang yang didiskon
Untuk mencari barang atau bahan makanan yang di diskon anda bisa mencarinya sewaktu pergantian musim, black friday atau barang-barang yang mendekati masa kadaluarsa. Para pemilik toko biasanya memberikan potongan harga yang cukup besar hingga mencapai 80 persen.

3. Bekerja sebagai pegawai toko
Anastasia juga menuturkan bahwa dengan bekerja di toko bisa mendapatkan banyak barang gratis yang diberikan oleh pemilik toko. Tips ini ia ketahui dari temannya yang kala itu tengah bekerja di suatu toko di Florida. Tapi tips nomor tiga ini tidak bisa ia lakukan mengingat dirinya hanya menemani suami yang sedang menyelesaikan studi dan tidak bisa mendapat work permit.

4. Cari bahan makanan yang paling murah
Salah satu bahan makanan yang paling murah adalah sayuran. Anastasia mengatakan bahwa dirinya sering sekali memasak olahan sayur terutama oseng untuk menghemat pengeluaran bersama sang suami. Selain itu, memakan sayuran juga lebih sehat di badan.

5. Bergabung dengan komunitas pelajar Indonesia di negara setempat
Dengan bergabung bersama komunitas pelajar asal Indonesia di negara setempat (PPI), maka informasi seputar perkuliahan dan tempat belanja akan lebih mudah didapatkan. Anastasia juga mengatakan bahwa ia mendapatkan informasi tempat menjual bahan makan Indonesia setelah mendapatkan info dari PPI setempat.

6. Sekali-kali belanja di luar boleh kok
Anastasia juga mengatakan bahwa dirinya juga pernah makan makanan di luar walau tidak sering. Karena kalau menolak terus ajakan makan di luar oleh teman nantinya bakal dikira antisosial. Kalau makan di resto jangan lupa untuk memberikan tip pada pelayan di resto tersebut.