universitas dan perguruan tinggi terbaik di asia, jurusan teknik, arsitektur, kedokteran, ekonomi, kimia, matematika, farmasi, IT, komputer terbaik di asia

INDBeasiswa.com –
Bingung mau kuliah di mana? Bingung mau menentukan perguruan tinggi yang akan dituju? Berikut ini INDBeasiswa akan mengulas tentang Daftar 10 Perguruan Tinggi Terbaik di Asia versi QS World University Ranking Tahun 2016. Dalam penilaian tersebut, beberapa hal yang menjadi kriteria penilaian meliputi reputasi akademik (30%), reputasi karyawan (20%), rasio mahasiswa dengan fakultas (15%), jumlah publikasi (20%), anggota fakultas level PhD (5%), fakultas internasional (2,5%), mahasiswa internasional (2,5%), dan pertukaran mahasiswa (5%).


1. National University of Singapore (NUS)

perguruan tinggi terbaik di asia national university of singapore
Image Credit

Lokasi: Singapore
Bagi warga Indonesia, pasti sudah tidak asing lagi dengan nama kampus yang satu ini. Apalagi sejak melejitnya buku karya Merry Riana. NUS meraih perangkat teratas di Asia berturut-turut untuk yang ketiga kalinya. NUS merupakan universitas tertua di Singapore dan memiliki sekitar 38.000 mahasiswa yang berasal dari berbagai negara. Beberapa studi yang ditawarkan oleh NUS juga masuk dalam peringkat teratas di dunia seperti Teknik Sipil, Teknik Kimia, Teknik Listrik, Kimia, Kebijakan Sosial, Ilmu Bahan, Statistik dan Riset Operasional, Teknik Mesin, Arsitektur, Farmasi, Geografi, Ilmu Komputer, dan Ilmu Lingkungan.
Website Resmi: www.nus.edu.sg

2. University of Hong Kong (HKU)

perguruan tinggi terbaik di asia university of hong kong
Image Credit

Lokasi: Hong Kong
Universitas ini merupakan universitas tertua ketiga di Hong Kong dengan usia lebih dari 100 tahun. Saat ini HKU memiliki 28.000 mahasiswa dimana 35% merupakan mahasiswa internasional. Bahasa pengantar yang digunakan di HKU adalah bahasa Inggris. Beberapa program studi yang diajarkan di HKU juga termasuk dalam ranking teratas di dunia, seperti Kedokteran Gigi, Pendidikan dan Pelatihan, Teknik Pertambangan, Teknik Sipil dan Struktural, Arsitektur, Linguistik, serta Kebijakan Sosial dan Administrasi.
Website Resmi: www.hku.hk


3. Nanyang Technological University, Singapore (NTU)

perguruan tinggi terbaik di asia nanyang technological university
Image Credit

Lokasi: Singapore
Berbeda dengan NUS, NTU baru berusia 25 tahun didirikan pada tahun 1991 namun telah berhasil meraih peringkat 3 teratas di Asia. NTU memiliki 24.300 mahasiswa undergraduate (S1) dan 9.000 mahasiswa pascasarjana dari 95 negara berbeda. Bidang studi yang termasuk dalam peringkat 10 besar dunia adalah Ilmu Bahan (Material Sciences) dan Teknik Listrik.
Website Resmi: www.ntu.edu.sg

4. Hong Kong University of Science and Technology (HKUST)

perguruan tinggi terbaik di asia hkust hong kong
Image Credit

Lokasi: Hong Kong
Sama halnya dengan NTU, HKUST juga didirikan pada tahun 1991 dan termasuk universitas ternama dengan usia termuda di Asia. Beberapa program studi unggulan di HKUST yang meraih peringkat teratas dunia adalah Ilmu Komputer, Bisnis dan Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Sipil dan Struktural, Statistik dan Riset Operasional, Teknik Listrik, Ekonomi, Kimia, Teknik Kimia, Ilmu Bahan, Teknik Mesin dan Matematika.
Website Resmi: www.ust.hk


5. Tsinghua University

perguruan tinggi terbaik di asia tsinghua university
Image Credit

Lokasi: China
Universitas ini didirikan pada tahun 1911 dan berlokasi di Beijing, China. Tsinghua University juga merupakan anggota Liga C9, liga yang beranggotakan universitas-universitas ternama di China. Saat ini, Tsinghua memiliki 46.200 mahasiswa dengan program studi yang termasuk dalam peringkat dunia seperti Arsitektur, Teknik Sipil, dan Ilmu Bahan.
Website Resmi: www.tsinghua.edu.cn/publish/newthuen


6. KAIST – Korea Advanced Institute of Science & Technology

perguruan tinggi terbaik di asia kaist south korea
Image Credit

Lokasi: Korea Selatan
KAIST merupakan universitas riset sains dan teknik terbaik di Korea Selatan. KAIST didirikan pada tahun 1971 dan terletak di Daejeon, sebuah kota yang dikenal akan inovasi penelitian dan sains sekaligus termasuk dalam kota terbaik bagi pelajar internasional (versi QS Best Student Cities 2016). Jumlah mahasiswa di KAIST berkisar antara 10.000 mahasiswa. Program studi yang diajarkan juga termasuk dalam peringkat dunia teratas seperti Ilmu Bahan, Teknik Kimia, Teknik Listrik, Kimia, Teknik Mesin, Teknik Sipil dan Struktural, serta Ilmu Komputer.
Website Resmi: www.kaist.edu

7. City University of Hong Kong

perguruan tinggi terbaik di asia city university of hong kong
Image Credit

Lokasi: Hong Kong
Universitas dengan usia termuda di Asia lainnya adalah City University of Hong Kong yang baru meraih status universitas pada tahun 1994 lalu. Universitas ini memiliki lebih dari 20.000 mahasiswa, diantaranya 5.300 merupakan mahasiswa internasional. Program studi yang termasuk dalam peringkat atas dunia adalah Linguistik, Ilmu Komunikasi dan Media, Matematika, Teknik Sipil dan Struktural, Bisnis dan Manajemen, Akuntansi dan Keuangan, Ilmu Komputer dan Sistem Informasi.
Website Resmi: www.cityu.edu.hk


8. The Chinese University of Hong Kong (CUHK)

universitas terbaik di asia chinese university of hong kong
Image Credit

Lokasi: Hong Kong
Didirikan pada tahun 1963, CUHK merupakan universitas tertua kedua di Hong Kong. CUHK memiliki 20.000 mahasiswa dan memiliki program studi yang termasuk dalam peringkat atas dunia seperti Teknik Listrik, Kebijakan Sosial dan Administrasi, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Ilmu Keperawatan dan Linguistik.
Website Resmi: www.cuhk.edu.hk


9. Peking University

perguruan tinggi terbaik di asia peking university
Image Credit

Lokasi: China
Peking University merupakan salah satu universitas riset ternama di China sekaligus anggota dari Liga C9 seperti halnya Tsinghua University. Didirikan pada tahun 1898, universitas ini menawarkan pendidikan berkualitas tinggi sehingga berbagai program studinya termasuk dalam peringkat atas dunia, seperti Bahasa Modern, Linguistik, Kimia, Kedokteran Gigi, Teknik Pertambangan, serta Kebijakan Sosial dan Administrasi. Universitas ini juga terkenal dengan arsitektur bangunannya yang mengagumkan dengan menerapkan pola tradisional China.
Website Resmi: english.pku.edu.cn

10. Seoul National University

universitas terbaik di asia seoul national university
Image Credit

Lokasi: Korea Selatan
Salah satu universitas ternama dan bergengsi di Korea Selatan, Seoul National University meraih peringkat 36 teratas di seluruh dunia (World University Ranking). Didirikan pada tahun 1946 di Seoul, universitas ini merupakan universitas nasional pertama di Korea Selatan dan saat ini memiliki 28.000 mahasiswa yang tersebar di 3 kampusnya. Program studi yang ditawarkan juga termasuk dalam peringkat teratas dunia seperti Bahasa Modern (Modern Language), Kebijakan Sosial dan Administrasi, Ilmu Bahan, Teknik Kimia, Kimia, Teknik Mesin, dan Farmasi.
Website Resmi: www.useoul.ed