Pastikan anda menggunakan browser Chrome atau Mozilla Firefox untuk mendapatkan tampilan dan informasi yang maksimal dari website indbeasiswa.com

bagaimana cara mendaftar di ucas, cara pendaftaran ucas untuk program sarjana di inggris

INDBeasiswa.com – Bagi kamu yang sedang mencari-cari beasiswa ke luar negeri, terutama ke Inggris, mungkin sering membaca pendaftaran ke universitas harus melalui UCAS. Nah, sebetulnya apa sih UCAS itu?

UCAS (singkatan dari Universities and Colleges Admissions Service) adalah layanan untuk pendaftaran di hampir seluruh program sarjana penuh waktu pada universitas dan perguruan tinggi di Inggris.

Bahasa sederhananya, jika di di Indonesia ada yang namanya SPMB atau SNMPTN buat penerimaan mahasiswa baru di berbagai universitas, di Inggris namanya adalah UCAS.

Cara Mendaftar UCAS untuk Kuliah S1 di Inggris

UCAS pertama kali dibentuk pada tahun 1993 berdasarkan penggabungan dari UCCA (Universities Central Council on Admissions), PCAS (Polytechnics Central Admissions Service) dan SCUE (Standing Conference on University Entrance). Hampir seluruh universitas dan perguruan tinggi di Inggris adalah anggota dari UCAS, sehingga semua siswa yang ingin belajar di Inggris dapat dipastikan harus mengajukan permohonan melalui UCAS.

Untuk sebagian besar program S1 di UK, batas waktu pendaftaran pada umumnya adalah sebelum tanggal 15 Januari (batas waktu bisa bervariasi, tergantung pada ketentuan masing-masing program). Program S1 biasanya dimulai pada bulan September atau Oktober. Jadi misalnya kamu berencana untuk memulai kuliah pada bulan September atau Oktober 2018, berarti batas waktu pendaftarannya sebelum tanggal 15 Januari 2018 (setidaknya setahun sebelum perkuliahanmu dimulai). Untuk program studi di jurusan Kedokteran, Kedokteran Gigi dan Kedokteran Hewan, serta pendaftaran untuk Universitas Cambridge dan Oxford, pendaftaran harus dilengkapi pada bulan Oktober satu tahun sebelum masa studi dimulai.

Sebetulnya pelamar juga bisa mendaftar setelah tanggal 15 Januari. Namun persaingan akan lebih kompetitif, karena kuota yang tersedia bisa jadi sudah penuh sehingga kemungkinan untuk mendapatkan tempat juga lebih sedikit. Jadi, siapkan waktu jauh-jauh hari sebelumnya untuk mendaftar, dan apabila batas waktunya sudah lewat, hubungilah pihak universitas atau kampus di UK tujuan kalian.

Pastikan juga kalian telah memenuhi persyaratan yang diminta oleh program studi tujuan. Biasanya pada beberapa program studi akan meminta kemampuan bahasa Inggris pada tingkat tertentu, seperti syarat skor TOEFL atau IELTS. Selain itu, kalian juga akan membutuhkan visa untuk sekolah di Inggris. Informasi lebih detail mengenai hal ini dapat mengunjungi Higher Education: Entry Requirements.

Apabila terdapat informasi yang kurang jelas dan tidak tertera di brosur/laman resmi universitas dan UCAS, kalian dapat menghubungi pihak kampus/universitas tujuan. Mereka akan memberikan informasi lebih dalam untuk membantu proses pendaftaran.

Langkah-Langkah Pendaftaran di UCAS untuk Program Sarjana di Inggris:

Tahap 1: Melakukan Pendaftaran dengan UCAS
Pertama, buka laman resmi UCAS pada UCAS Apply, kemudian pilih bidang studi yang diinginkan. Pada laman tersebut, kalian akan diminta untuk mengisi data-data pribadi.

Tahap 2: Memilih Program Studi
Pastikan sebelum mendaftar, kalian telah menentukan jurusan yang ingin dimasuki. Ada ratusan jurusan yang terdapat di universitas di Inggris. Adapun batas maksimal program studi yang dapat dipilih hingga lima program studi (untuk Kedokteran Umum, Kedokteran Gigi, atau Ilmu Kedokteran Hewan hanya maksimal empat program studi). Untuk menemukan program studi yang akan dipilih, bisa mengunjungi laman resmi atau brosur pada masing-masing universitas tujuan di Inggris.

Sebagai catatan, pelamar hanya diperbolehkan mendaftar pada salah satu dari University of Oxford atau University of Cambridge. Pelamar tidak diperbolehkan memilih keduanya sekaligus.

Tahap 3: Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan
Pada bagian pendidikan di formulir aplikasi, isikan seluruh riwayat pendidikan kalian hingga jenjang pendidikan terakhir. Masukkan juga seluruh hasil kualifikasi yang telah diraih serta tes apa saja yang hasilnya sedang ditunggu.

Pada bagian riwayat pekerjaan, kalian juga dapat memasukkan sampai maksimal lima pekerjaan berbayar yang pernah dilakukan (full-time dan part-time).

Tahap 4: Pernyataan Pribadi
Pernyataan pribadi adalah kesempatan emas bagi kalian untuk menyampaikan alasan mengapa memilih program studi, mengapa kalian pantas diajar oleh mereka, serta penjelasan kemampuan dan minat yang sesuai dengan program studi yang dilamar.

Langkah-Langkah Menulis Pernyataan Pribadi:
a. Tulislah dalam bahasa Inggris;
b. Gunakan kalimat yang lengkap;
c. Kalian dapat menuliskan pernyataan pribadi maksimal hingga 4.000 karakter atau 47 baris teks (termasuk spasi);
d. Poin-poin yang sebaiknya ditulis:
– Jelaskan mengapa kamu tertarik dan mendaftar pada program studi yang dipilih. Hal ini merupakan poin penting dan harus ada di awal tulisan.
– Ungkapkan hal-hal apa saja yang telah kamu lakukan di luar waktu sekolah dan berkaitan dengan program studi yang akan dipilih (misal: buku yang kamu baca saat waktu luang, kompetisi di luar sekolah yang diikuti, dll).
– Ceritakan ambisimu di masa depan dan mengapa program studi yang dipilih tersebut dapat membantu meraih impianmu.
– Ceritakan aktivitas ekstrakurikuler dan pengalamanmu sebelumnya (misal: bidang apa saja yang pernah dipelajari, pengalaman kerja baik dibayar maupun sukarela). Sebagai contoh, jika kamu ingin belajar politik, dan mempunyai pengalaman menjalankan kelas kepresidenan, disinilah tempatmu menceritakan pengalaman tersebut.
– Secara singkat, sebutkan aktivitas, pengalaman, serta minat yang kalian miliki yang dapat membuat kalian terlihat menarik untuk diajar (Misal: pernah bermain musik dalam sebuah orkestra, pernah mempelajari cara melakukan pertolongan pertama, menjadi kapten dalam tim sepakbola, dsb);
e. Periksa ejaan, grammar, dan tanda baca yang kamu gunakan untuk memastikan tidak ada kesalahan. Kamu juga bisa meminta bantuan kepada guru/dosen pengajar atau seseorang yang ahli dalam bahasa Inggris untuk memeriksa kembali hasil tulisanmu tersebut;
f. Pastikan bahwa tulisan tersebut benar-benar hasil karya kalian, bukan meniru hasil karya orang lain. Plagiarisme adalah bentuk pelanggaran serius di UK, UCAS pun mempunyai software yang dapat mengidentifikasi kalimat yang ditiru.

Tahap 5: Pendaftaran
Ketika sudah merasa yakin dengan aplikasi pendaftaran kalian, beri tanda ‘complete’, kemudian simpan dan beri persetujuan pada pernyataan yang ada (syarat dan ketentuan dari UCAS).

Kemudian mintalah pada guru/dosen/pembimbing akademik/praktisi profesional yang mengenal kalian untuk menjadi pemberi referensi. Masukkan email dan nomor telepon mereka pada halaman referensi. Lihat informasi selengkapnya di UCAS: Referensi, pembayaran dan pengiriman.

Untuk pendaftaran melalui UCAS akan dikenakan biaya aplikasi secara online. Untuk satu program studi akan dikenakan sebesar £12, sedangkan untuk mendaftar lebih dari satu program studi akan dikenakan £23 (tahun masuk 2016). Jika kamu mendaftar melalui sekolah, kampus, atau agen, cari tahu apakah mereka membayarkan biaya ini untukmu.

Tahap 6: Mengikuti Perkembangan Aplikasi
Setelah mengajukan aplikasi, kalian dapat masuk ke profil UCAS yang bernama Track untuk melihat progres dari aplikasi yang telah diajukan.

Apabila diterima, kalian akan mendapatkan tawaran tempat (LoA), bisa tanpa syarat/unconditional (maksudnya adalah tempat kalian di institusi tersebut sudah dijamin), atau bersyarat/conditional (maksudnya adalah tempat yang ditawarkan untuk kalian dapat dijamin jika memenuhi persyaratan tertentu, contohnya adalah dengan meraih nilai tertentu pada ujian akhir). 

Kunjungi juga panduan UCAS untuk memeriksa perkembangan aplikasi kalian dan untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Tahap 7: Memberi jawaban pada penawaran yang diberikan
Tahapan ini cukup penting. Karena biasanya banyak pendaftar kurang srek sama pilihannya (entah karena dapat pilihan no. 2 atau salah pilih). Disini kamu bisa mempertimbangkan kembali apa jurusannya sudah benar-benar cocok atau mau diubah. Kalau cocok, bisa dilanjutkan ke langkah berikutnya dimana nantinya kamu akan menerima surat dari UCAS yang berisi apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Kalian diperbolehkan untuk membuat satu pilihan pasti dan satu pilihan cadangan dengan persyaratan masuk yang lebih rendah, untuk mengantisipasi jika tidak memenuhi syarat pada pilihan pertama. Apabila kalian ingin mendapatkan penawaran tanpa syarat, dan sudah memenuhi persyaratan akademis yang diminta, kalian hanya dapat membuat satu pilihan pasti, dan tidak dapat memiliki pilihan cadangan.

Tahap 8: Memulai Studi di Universitas yang Dituju
Sebelum memulai studi di universitas yang ada di UK. Pastikan kamu sudah mempersiapkan semuanya, mulai dari akomodasi, keuangan, perjalanan, buku panduan, dan sebagainya untuk mendukung studi kamu selama menjalani studi di Inggris.

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silakan kunjungi laman resmi UCAS pada www.ucas.ac.uk. Semoga bermanfaat!
Referensi:
www.educationuk.org
id.wikipedia.org/wiki/UCAS
konsultanpendidikan.com